Cara Cepat Mengobati Sinusitis Tanpa Obat-obatan

Buat Info - Cara Cepat Mengobati Sinusitis Tanpa Obat-obatan

Jika anda searching di google mengenai penyakit sinusitis. Mungkin anda akan menemukan beberapa artikel yang membahas tentang bagaimana cara mencegah serta penyembuhannya. Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan penyembuhan sinusitis secara cepat dengan tanpa menggunakan obat-obatan. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sinusitis dan pemicu penyakit itu sendiri. 

Sinusitis dikenal dengan peradangan rongga sinus. Yang mana peradangan tersebut menyebabkan terjadinya pembekakan pada rongga sinus itu sendiri. Sehingga menghambat keluarnya lendir dari hidung dan menyebabkan penumpukkan lendir pada katong sinus. Dan penumpukkan inilah yang menjadi tempat bersarangnya bakteri. Sinusitis sendiri dibagi menjadi empat jenis, yang mana diantaranya adalah Sinusitis akut, Sub akut, Kronis, dan Sinusitis kambuhan. Adapun gejala umum yang sering timbul seperti: 

- Sakit pada saraf mata 
- Sakit kepala 
- Hidung tersumbat 
- Demam, dan 
- Nafas yang kurang enak atau bau 

Bagi penderita sinusitis, biasanya akan merasakan gangguan dalam beraktifitas. Karena saat penyakit ini kambuh, penderita akan kehilangan konsentrasi akibat dari gejala yang tersebut di atas. Lantas bagaimana cara penanganan untuk mengurangi serta menyembuhkan sinusitis itu sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara cepat menyembuhkan sinusitis tanpa obat-obatan. Cukup menggunakan bahan herbal seperti: 

1. Bawang putih 

Selain untuk melengkapi kebutuhan dapur. Bawang putih ternyata memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan, khususnya untuk mengobati sinusitis, dan itupun sudah banyak dibuktikan oleh sebagian orang yang notabene memiliki penyakit sinusitis. Di dalam bawang terdapat senyawa anti bakteri yang diyakini mampu untuk mengurangi peradangan pada rongga sinus. Sehingga akan mempermudah keluarnya lendir pada hidung. Adapun cara penggunaannya, cukup dengan bawang putih dicampur lobak dan madu kemudian dijuz untuk dikonsumsi. 

2. Penguapan 

Metode penguapan dalam menyembuhkan sinusitis ini sudah dilakukan sejak dari dulu, jadi bisa dikatakan metode ini merupakan metode kuno. Namun demikian, cara ini masih dipercaya sampai dengan saat ini untuk menyembuhkan gejala sinusitis. Biasanya campuran herbal yang digunakan untuk penguapan adalah garam dan bawang putih. Cara menggunakannya adalah masukkan beberapa bahan herbal seperti garam, minyak essens dan bawang putih pada air mendidih, kemudian siapkan satu handuk untuk menutupi seluruh kepala. Hal ini diupayakan agar uap yang dihirup bisa maksimal. Namun perlu diperhatikan bahwa usahakan jarak antara kepala dengan bak berisi air hangat, kurang lebih 30cm. Hal ini untuk menghindari rasa panas yang berlebih pada kulit wajah. 

3. Mandi air hangat 

Selain penguapan yang tersebut di atas. Mandi dengan air hangat dalam waktu yang cukup lama juga memiliki khasiat yang sama dengan penguapan. Karena mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat suhu badan terasa hangat dan mengeluarkan uap yang cukup untuk mencairkan lendir-lendir yang menempel pada rongga sinus. 

4. Minum air hangat 

Notabene orang yang menderita flue akan mengalami dehidrasi tubuh. Begitu pula dengan penderita sinusitis. Oleh karena itu, akan penting bagi penderita untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan banyak mengkonsumsi air hangat. Karena dengan mengkonsumsi air hangat, lendir-lendir yang mengental akan cepat mencair dan akan keluar dengan sendirinya. 

Demikianlah informasi mengenai cara cepat menyembuhkan sinusitis tanpa obat-obatan. Cara herbal sangat dianjurkan untuk mengurangi bahkan menyembuhkan sinusitis yang diderita. Namun, ada baiknya selain menggunakan cara-cara di atas. Konsultasikan juga ke Dokter untuk mengetahui jenis atau type sinusitis yang kita derita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, dan tetaplah untuk selalu menjaga kesehatan kita semua.

0 komentar