Cara Sehat dengan Berpikir Positif

Buat Info - Cara Sehat dengan Berpikir Positif

Hidup sehat

merupakan salah satu syarat utama dalam menjalani hidup bahagia. Karena dengan hidup sehat kita bisa menjalani segala aktifitas sehari-hari, baik yang bersifat fisik atau pun yang non fisik. Hidup sehat tentunya sudah menjadi pilihan bagi setiap orang, namun tidak sedikit dari mereka yang kurang maksimal dalam menjalani pola hidup sehat. Ketidak maksimalan tersebut bukan karena disebabkan oleh kemalasan atau kebosanan dalam menjalaninya. Melainkan karena ketidak pahaman akan pola hidup sehat itu sendiri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara sehat dengan berpikir positif. 

Dari sebagian orang yang menjalani pola hidup sehat, tidak sedikit dari mereka yang hanya menerapkan pola makan sehat, berolahraga, sampai dengan mengkonsumsi vitamin tertentu untuk menjaga stamina tubuhnya saja. Padahal dari itu semua, ada yang lebih penting untuk diterapkan dalam menjalani hidup sehat, yaitu dengan selalu berpikir positif setiap harinya. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa dengan selalu berpikir positif, maka keseimbangan tubuh akan tetap terjaga. Secara psikologis, orang yang selalu berpikir positif akan berada pada posisi psikologis yang baik. Sehingga dengan begitu, tingkat stress yang akan dihadapi dapat terhindari (penelitian Goodart tahun 1985). Dari penelitian yang lain diketahui bahwa dalam DNA makhluk hidup tidak hanya berisi kode genetic saja, melainkan juga terdapat “tombol on/off” gen-gen makhluk hidup, yang mana hal tersebut dipengaruhi oleh pikiran. Itu artinya pikiran kita lah yang memegang kuasa penuh dalam mematikan dan menghidupkan gen-gen kita. Jadi, kita sehat atau tidaknya tergantung pikiran kita (Kazuo Murakami, Ph.D).

Dari beberapa penelitian di atas, jelas bahwa sangat mudah untuk sehat dengan hanya berpikir positif setiap harinya. Berpikir positif, langsung atau tidak langsung tentu akan berpengaruh pada kesehatan fisik kita. Karena segala sesuatunya termasuk tindakan kita dipengaruhi oleh bagaimana cara kita berpikir. Mengingat power manusia ada pada pikirannya. Terdapat beberapa manfaat dalam berpikir positif bagi kesehatan fisik kita, diantaranya:

1. Menghindari resiko serangan jantung

Dalam kadaan stres pada saat menghadapi masalah, tentunya detak jantung kita akan berdetak tidak seperti biasanya. Detak jantung akan lebih kencang pada saat kita menghadapi masalah. Namun dengan selalu berpikir positif, tentunya kita dapat mengurangi tingkat stres dan detak jantung pun akan tetap stabil seperti biasanya.

2. Memperkuat adrenalin

Dengan selalu berpikir positif akan memompa adrenalin kita menjadi lebih kuat. Dengan begitu syaraf-syaraf pada tubuh kita akan dirubah menjadi spirit dalam menghadapi masalah dan mengobati rasa sakit. Selain itu, menguatnya adrenalin kita akan membantu proses penyembuhan penyakit asma, karena adrenalin yang ada pada tubuh kita akan memperlancar pernapasan. Selain itu juga dapat meredakan reaksi anafilaktik atau alergi berat yang berdampak pada kematian.

3. Selalu menjaga kesehatan fisik

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Itu artinya dengan selalu berpikir positif, akan menguatkan imun tubuh kita. Sehingga tubuh akan selalu dalam kondisi sehat. Karena kesehatan fisik manusia berawal dari cara berpikirnya.

Jadi cukup mudah bukan untuk mendapatkan sehat dengan tanpa biaya mahal. Hanya dengan selalu menjaga diri agar tetap berpikir positif saja, kita sudah bisa mendapatkan kesehatan yang seutuhnya. Karena kita adalah apa yang kita pikirkan, jika berpikir positif maka yang dihasilkannya pun juga akan positif. Demikianlah informasi mengenai cara sehat dengan berpikir positif. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan dorongan bagi kita semua untuk selalu berpikir positif dalam kondisi apapun.

0 komentar