5 Kesalahan Pada Saat Menerima Gaji

Buat Info - 5 Kesalahan Pada Saat Menerima Gaji

Tanggal gajian

merupakan tanggal yang dinanti-nanti oleh setiap orang khususnya bagi mereka yang berstatus pekerja atau karyawan. Tanggal gajian tekhnisnya bermacam-macam, ada yang ditanggal 25, 30/31, dan ada pula yang di tanggal 01 atau lebih dikenal dengan tanggal muda. Disetiap tanggal gajian, banyak perubahan yang nampak pada diri seseorang. Baik dari perubahan face yang terlihat lebih segar dari biasanya, dan juga sikap yang lebih bersahabat. Namun dari beberapa perubahan tersebut, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh mereka disaat tangga penggajian . Yang mana hal tersebut akan kita bahas di tulisan kali ini. 


Biasanya, pada saat menerima gaji. Kebayakan dari mereka tidak mampu memendung ego untuk hangout dan belanja, apalagi di zaman sekarang ini semua serba online. Dan kebanyakan yang demikian adalah mereka yang masih berusia muda. Diusia yang masih muda, seharusnya sudah mampu memanage keuangan. Agar nanti setelah berkeluarga tidak mengalami kesulitan, khususnya masalah keuangan. Namun tidak demikian bagi sebagian pegawai muda yang ada pada saat ini, dimana mereka terlalu santai dengan masa depan. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang salah langkah pada saat menerima gaji, diantaranya adalah: 


1. Lebih tertarik menghabiskan waktu di luar 

Pada saat menerima gaji, kecenderungan untuk mengahabiskan banyak waktu di luar sangat tinggi. Karena dengan keadaan dana yang cukup dan alasan refreshing otak, sebagian dari mereka dengan bebas memilih tempat hangout yang disukai, meskipun harga yang harus keluarkan cukup menguras isi dompet. Tentu hal yang demikian akan sangat merugikan mereka dikemudian hari. Karena sejatinya kesenangan tidak hanya bisa diperoleh di tempat-tempat yang indah dan bagus, melainkan di sekitar kita pun juga bisa menghadirkan kesenangan jika kita pandai mengolah sikon. 


2. Lebih tertarik makan di luar 

Keinginan untuk makan di luar tentunya lebih tinggi dari pada saat dalam kondisi keuangan sekarat. Dengan dana yang cukup, tentunya akan lebih mudah memilih makanan yang disukai meski dengan harga mahal untuk memuaskan selera saja. Padahal, dengan mengolah masakan sendiri akan lebih nikmat saat dimakan. Karena secara psikologis, orang tidak akan meragukan hasil karyanya sendiri. Jadi, masakan yang dimasak sendiri tentu akan terasa lebih enak dari lainnya. So, jaga uangmu dengan cukup memasak makanan sendiri. 


3. Belanja barang yang tak perlu 

Kesalahan langkah lainnya yang mereka lakukan adalah dengan membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang sejatinya tidak mereka perlukan. Semisal, belanja baju dan barang-barang baru lainnya. Padahal, jika dicheck di lemari mereka, tumpukan baju-baju tentunya sudah memenuhi isi lemari yang mereka miliki. Jika sudah demikian, mau tidak mau mereka akan memilih untuk menambah unit lemari lagi untuk menampung baju-baju yang mereka beli. Dan pastinya hal tersebut akan menambah pengeluaran. 


4. Tertarik membeli gadget baru 

Tawaran gadget baru yang lebih canggih dari produsen smartphone, akan menjadi godaan terberat pada saat menerima gaji. Namun sebelum memutuskan untuk mengganti gadget, ada baiknya jika dipastikan terlebih dahulu apakah gadget yang kita miliki sudah benar-benar rusak dan tidak dapat difungsikan lagi. Jika masih bisa dipakai dan difungsikan, lantas buat apa harus ganti gadget baru?. 


5. Lupa menyisihkan uang untuk ditabung 

Jika 4 point di atas sudah menjadi kebiasaan pada saat menerima gaji. Tentu pikiran untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung hanya sabatas angan-angan. Dan itu pun biasanya angan-angan tersebut akan muncul di pertengahan bulan pada saat dana yang dimiliki sudah mulai menitipis. Jadi alangkah baiknya jika pada saat menerima gaji, langkah utama yang perlu dilakukan adalah menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, masih ada dana simpanan. 


Jadi, inilah 5 kesalahan pada saat menerima gaji. Justru yang paling krusial adalah point 5 yaitu lupa menyisihkan sebagian gaji. Padahal, dalam hitung-hitungan kebutuhan, seharusnya kita memikirkan yang Namanya kebutuhan dadakan yang notabene bisa terjadi kapan saja. So, jika kita punya tabungan untuk keperluan dadakan yang dimaksud. Maka tidak menutup kemungkinan langkah seribu mencari hutangan menjadi jalan satu-satunya. Keep your maney to having your life….

0 komentar