Cara Merubah Perilaku dengan Teori Skinner

Buat Info - Cara Merubah Perilaku dengan Teori Skinner

Perilaku

merupakan bentuk respon tindakan organisme dari hasil proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu tokoh psikologi, Skinner bahwa perilaku merupakan bentuk respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar (Notoatmodjo, 2003), yang kemudian teori itu disebut dengan SOR (Simulus Organisme Respon). Dan untuk kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas bagaimana memodifikasi atau merubah perilaku dengan teori Skinner tersebut. 


Namun sebelum kita jauh masuk pada pembahasan bagaimana merubah perilaku manusia. Ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa dan dari mana perilaku itu muncul. Seperti yang tertulis di atas bahwa perilaku merupakan bentuk respon terhadap stimulus yang ada dilingkungan sekitar. Namun tidak menutup kemungkinan pengaruh genetik juga berperan dalam pembentukan perilaku itu sendiri. Dalam setiap tindakan manusia, tentunya berdasarkan dari hasil pengamatan yang kemudian di proses melalui kognitif mereka dan dikeluarkan dalam bentuk perilaku. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Skinner menghasil dua hukum yang mana diantaranya adalah: 

1. Law of operant conditioning, yaitu kekuatan tingkah laku akan terlihat meningkat jika diimbangi dengan stimulus penguatnya. 

2. Law of operant extinction, yaitu perilaku yang sudah melalui operant conditioning bisa melemah dan cenderung musnah jika tidak diimbangi dengan stimulu penguat. 


Jadi jelas bahwa segala bentuk perilaku manusia juga banyak dipengaruhi oleh stimulus yang ada pada lingkungan sekitarnya, selain karena faktor genetik atau bawaan. Oleh karena itu, asumsi untuk merubah perilaku manusia tentunya juga bisa dilakukan dengan melalui pemberian stimulus sesuai dengan perubahan perilaku yang kita harapkan. 

Modifikasi Perilaku 


Lantas bagaimana caranya merubah atau memodifikasi perilaku manusia dengan pemberian stimulus menurut pandangan atau teori Skinner?. Terdapat beberapa cara dalam merubah perilaku manusia menurut Skinner, yaitu diantaranya adalah: 

1. Token economy (tekhnik kartu) 

Tekhnik modifikasi yang satu ini menggunakan media kartu. Yang mana kartu ini akan diberikan kepada clien jika perilaku yang dimunculkan sesuai dengan yang diharapkan. Namun kartu tersebut bisa diambil jika clien melakukan kesalahan atau perilaku yang dimunculkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sampai pada pencapaian jumlah kartu yang ditentukan, kartu-kartu tersebut dapat ditukar dengan reinforcement atau stimulus penguat untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan. Tekhnik yang satu ini biasanya diberikan kepada anak yang mengalami hambatan dalam belajar, autistic, dan delikuensi. 

2. Reward and Punishment 

Memodifikasi perilaku dengan menggunakan tekhnik reward and punishment harus menggunakan pengamatan yang lebih detail mengenai stimulus yang akan diberikan, serta melibatkan figur tertentu yang dekat dengan clien agar tindakan modifikasi perilaku ini berjalan efektif. Reward sendiri akan diberikan kepada clien pada saat mereka melakukan tindakan yang bener sesuai dengan perilaku yang diinginkan. Namun sebaliknya, jika perilaku yang dimunculkan merupakan tindakan kesalahan, maka clien akan diberikan punishment sesuai dengan yang sudah ditentukan sebelumnya. Tekhnik yang satu ini biasa dilakukan kepada anak-anak atau orang dewasa yang ingin dirubah perilakunya. 

3. Flooding atau Pembanjiran 

Cara yang ketiga ini merupakan cara memodifikasi perilaku yang menitik beratkan pada reaksi emosi seseorang. Dimana clien akan ditempatkan pada posisi yang menurutnya tidak aman sehingga menimbulkan kecemasan, sampai clien menyadari bahwa kecemasan atau ketakutannya tidak beralasan dan tidak akan pernah terjadi malapeta yang menimpanya. Biasa tekhnik ini diperuntukkan untuk clien yang mengalami fobia. 


Demikianlah informasi mengenai cara merubah perilaku dengan teori Skinner. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua khususnya bagi para orang tua yang ingin merubah perilaku anaknya agar sesuai dengan yang diinginkan. Sebagaimana yang pernah diucapkan oleh presiden pertama Indonesia Bung Karno, yang mengatakan “beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia”. Statement tersebut menguatkan teori Skinner bahwa perilaku manusia dapat dirubah sesuai dengan yang diinginkan.

0 komentar