Dampak Buruk Ketertarikan Interpersonal Melalui Media Social

Buat Info - Dampak Buruk Ketertarikan Interpersonal Melalui Media Social

Media social

atau biasa kita kenal dengan medsos/sosmed merupakan media interaksi dalam konteks virtual yang saat ini banyak diminati oleh kebanyakan orang di seluruh belahan dunia. Tidak hanya di Indonesia, di Negara-negara lain pun media social sudah menjadi pilihan utama dalam melakukan interaksi dengan orang lain tanpa harus dibatasi oleh waktu dan tempat. Selain itu, dengan media social juga kita dapat menjalin dan menghapus pertemanan dengan sangat mudah tanpa harus bertatap muka. Kemudahan dalam mengakses internet dan banyaknya applikasi social seperti facebook, Instagram, twitter, linkedin, dan applikasi social lainnya yang ada saat ini, mendorong seseorang untuk lebih memilih media social sebagai media interaksi dengan orang lain.


Seperti kebanyakan yang terjadi pada pola interaksi secara langsung. Interaksi di media social pun juga dapat memunculkan ketertarikan interpersonal antara satu dengan yang lainnya. Dengan kemudahan interaksi yang dilakukan setiap hari, dapat mempengaruhi munculnya aspek emosi seperti rasa senang dan nyaman, sehingga akan melahirkan ketertarikan interpersonal diantara pengguna media social itu sendiri. Sebagaimana yang sudah banyak terjadi, dimana tidak sedikit pasangan suami istri yang memulai hubungannya berawal dari interaksi yang dilakukan di media social seperti facebook dan media lainnya.

Dampak Buruk Ketertarikan Interpersonal

Namun perlu kita ketahui bahwa dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh media social, khususnya dalam berinteraksi yang memunculkan ketertarikan interpersonal. Terdapat dampak buruk bagi diri kita, seperti:

1. Cyber chatting
Keperuntukkan media social tidak dibatasi umur, gender, dan status perkawinan. Siapa saja bisa menggunakan media social seperti facebook dan lainnya. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terjadinya perselingkuhan itu sangat besar sekali. Karena sebagaimana yang tertulis di atas bahwa kemudahan berinteraksi setiap harinya dapat memunculkan aspek emosional sehinnga menimbulkan ketertarikan satu dengan yang lainnya.


2. Cyber crime
Kemudahan seperti tidak perlunya bertatap muka, bisa menjadi pemicu terjadinya tindakan negative yang dilakukan oleh sebagian orang. Mengingat mudahnya membuat akun sosial palsu di dunia maya yang notabene akan menyulitkan kita untuk mengetahui identitas orang lain yang sebenarnya. Sudah banyak kasus yang muncul akibat dari cyber crime ini, contoh misal seperti terjadinya pelecehan verbal dengan melontarkan kata-kata yang tidak pantas saat chatting, kasus bullying, penipuan, dan bahkan sampai pada tindakan penculikan yang mungkin dilakukan oleh online relation kita. Dan kebanyakan yang menjadi korban dari cyber crime itu sendiri adalah perempuan.

Keterbatasan Ketertarikan Interpersonal di Media Sosial

Dari pemaparan dampak buruk ketertarikan interpersonal melalui media social seperti di atas. Tentunya tidak terlepas dari yang namanya keterbatasan pada saat melakukan interpersonal di dunia maya. Dimana keterbatasan tersebut diantaranya seperti:

1. Akun sosial palsu
Tidak sedikit akun-akun palsu yang bertebaran di dunia maya. Dimana identitas sebenarnya tidak dimunculkan di akun sosial seperti facebook atau yang lainnya. Hal tersebut diupayakan untuk melancarkan apa yang menjadi tujuan netter itu sendiri.


2. Lemahnya komitmen
Ketertarikan interpersonal melalui medi social cenderung tidak memiliki komitmen yang kuat. Karena kesepakatan yang dibuat tidak bersifat mengikat. Mengingat janji yang disampaikan hanya dalam bentuk verbal saja dan tidak bertatap muka langsung. Sehingga di lain waktu bisa menghilang tanpa bekas dan berganti pasangan yang lain di dunia maya.


Media social memang memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Namun di balik kemudahan tersebut, kita harus lebih selektif lagi dalam mencari pasangan di dunia maya. Jangan sampai ketertarikan interpersonal yang kita alami di media social memicu munculnya dampak buruk yang dapat merugikan kita sendiri.


Demikianlah informasi mengenai dampak buruk ketertarikan interpersonal di media social [baca juga: Bijak Menggunakan Media Sosial] yang Buat Info dampak sampaikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi para perempuan yang ingin menjalin hubungan dengan orang lain melalui media social seperti facebook atau media lainnya.

Tidak ada komentar untuk "Dampak Buruk Ketertarikan Interpersonal Melalui Media Social"

Berlangganan via Email