Cara Memulihkan Kulit Belang Karena Sinar Matahari

Buat Info - Cara Memulihkan Kulit Belang Karena Sinar Matahari

Memiliki kulit putih dan mulus

tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang khususnya kaum hawa. Namun hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang berada dan tinggal di Indoensia. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis atau musim panas yang cukup Panjang. Hal tersebut tentunya belawanan dengan harapan kaum hawa yang ingin memiliki kulit putih dan mulus tanpa belang karena sinar matahari.


Paparan sinar matahari langsung dapat merubah pigmen kulit yang notabene merupakan lapisan pertama pelindung tubuh kita. Warna kulit yang semula berwarna kuning langsat, bisa berubah menjadi belang dan gosong akibat paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri memiliki tiga jenis radiasi, yang mana dua diantaranya dapat menembus atmosfer bumi hingga sampai pada lapisan kulit, dan dapat menyebabkan mutasi DNA pada tubuh kita. Dua radiasi tersebut adalah UVA dan UVB. Kulit yang sering terpapar kedua radiasi tersebut akan menstimulus tubuh untuk memproduksi pigmen melanin sebagai pelindung dan perbaikan sel yang rusak akibat paparan radiasi UVA. Pigmen yang sudah terproduksi itulah yang akan merubah warna kulit kita menjadi gosong dan belang.

Cara memulihkan kulit belang

Banyaknya aktifitas di luar dan iklim tropis di Indonesia akan menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh kita semakin banyak. Sehingga memicu tubuh untuk memproduksi melanin lebih banyak pula. Jika sudah demikian, dambaan memiliki kulit putih dan mulus tanpa belang akan terasa sulit karena semakin banyak melanin yang diproduksi, maka akan semakin belang dan gosong kulit kita. Lantas bagaimana cara memulihkan kulit belang karena paparan sinar matahari?. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips cara memulihkan kulit belang karena sinar matahari, seperti di bawah ini:


1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Kandungan nutrisi, zat besi, dan vitamin yang ada pada sayur dan buah seperti vitamin A, C, dan E dapat membantu memulihkan warna kulit dari pigmentasi dengan lebih cepat. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Jadi dengan sering mengkonsumsi buah dan sayur dapat memulihkan kulit belang akibat paparan sinar matahari.


2. Konsumsi aspirin atau ibuprofen dalam kurun waktu 24jam

Selama ini yang kita ketahui bahwa aspirin atau ibuprofen merupakan obat penghilang nyeri seperti sakit kepala, gigi, otot,dll. Namun apakah kita tahu bahwa aspirin atau ibuprofen termasuk golongan obat nonsteroidal anti inflamasi yang dapat mengurangi pigmentasi dari dalam, serta mencegah kerusakan kulit permanen. Namun demikian, mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter.


3. Aplikasi masker dengan bahan alami

Penggunaan bahan alami untuk setiap pengobatan sangat dianjurkan, karena tidak mengandung efek samping yang berbahaya buat kulit kita. Untuk pemilihan masker wajah, sebaiknya pilih bahan yang bersifat pendingin dan pencerah kulit seperti mentimun, papaya, lemon, dan yoghurt yang dikenal memiliki kandungan penyejuk dan pencerah alami kulit wajah.


4. Menggunakan lulur pencerah

Selain pemilihan alami untuk aplikasi masker wajah. Penggunaan bahan alami untuk lulur juga sangat dianjurkan karena bahan alami ini memiliki kandungan yang bersifat pencerah alami. Bahan alami tersebut seperti pepaya, tomat, dan kentang yang sudah melalui proses penumbukkan terlebih dahulu. Kemudian oleskan sebagai lulur ke tangan, leher, dan kaki yang belang karena sinar matahari selama 20 – 30 menit.


5. Lakukan scrubbing pasca pemulihan

Melakukan scrubbing pasca pemulihan sangatlah tepat untuk dilakukan karena eksfoliasi sangat penting untuk regenerasi kulit. Apalagi bahan yang digunakan juga merupakan bahan alami seperti oatmeal atau kopi. Bahan alami seperti oatmeal atau kopi memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengangkat sel kulit mati akibat sinar matahari.


Tinggal dan beraktivitas di daerah dengan iklim tropis harus pintar-pintar dalam mencari cara menjaga serta memulihkan kulit pasca terkena paparan sinar matahari. Dengan tetap menjaga keindahan kulit kita setiap saat. Tentu akan menambah kepercayaan diri untuk tetap tampil sempurna di tenga-tengah keramain publik. Demikianlah informasi mengenai cara memulihkan kulit belang karena sinar matahari. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita untuk tetap menjaga keindahan kulit setiap harinya.

2 komentar