Tips Membangun Keluarga Harmonis dan Bahagia

Buat Info - Tips Membangun Keluarga Harmonis dan Bahagia

Keluarga merupakan rumah

atau tempat tinggal pertama kita dalam menjalani hidup di dunia ini, selain rumah singgah yang biasa kita tempati untuk melepas Lelah baik siang atau pun malam hari. Dan bagi setiap orang, tentunya menginginkan memiliki rumah yang indah dan bagus. Terbebas dari kerusakan kecil atau pun yang besar. Lantas bagaimana cara untuk menjaga rumah pertama kita yaitu keluarga, agar tetap terlihat indah dan bagus. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips membangun membangun keluarga harmonis dan bahagia. 


Tidak jarang kita mendengar istilah “baiti jannati”, rumahku adalah surgaku. Dan hal tersebut bukan hanya merupakan istilah yang tidak mungkin kita rasakan dalam rumah tangga kita. Jika kita pandai dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Tidak menutup kemungkinan istilah “baiti jannati” tersebut dapat kita rasakan di tengah-tengah rumah tangga yang kita jalani. Keharmonisan dalam keluarga sudah menjadi harapan mutlak bagi setiap orang yang sudah berumah tangga, khususnya bagi mereka yang baru saja menjalani rumah tangga. Segala hal akan mereka lakukan dalam memenuhi harapan untuk memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Namun, setiap usaha akan terbuang sia-sia jika kita tidak mengetahui kunci dalam membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. 


Kebutuhan keluarga harmonis dan bahagia 


Dalam membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Terlebih dahulu kita harus mengeatahui 3 kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pasangan kita. 3 kebutuhan tersebut diantara adalah kebutuhan mata, kebutuhan perut, dan kebutuhan biologis. Kenapa 3 kebutuhan tersebut harus terpenuhi?. Ini yang akan kita jabarkan pada tulisan kali ini. 


1. Kebutuhan mata 

Sebelum kita merasakan sebuah ketertarikan terhadap sesuatu, tentunya akan diawali oleh pandangan kita terhadap sesuatu itu sendiri. Seperti istilah “dari mata turun ke hati”, maka apapun yang dirasakan oleh hati adalah bersumber dari mata. Jika kita mampu memberikan view yang indah kepada pasangan kita, baik itu dengan cara menjaga penampilan kita, kebersihan rumah, sikap yang jujur, dan wajah dengan senyuman hangat setiap harinya. Maka bukan tidak mungkin lagi kebutuhan mata pasangan kita akan terpenuhi. 


Secara psikologis, orang yang sudah merasakan bentuk kepuasan. Maka dia tidak akan mencari bentuk kepuasan yang sama di tempat yang lain. Artinya, jika kebutuhan mata pasangan kita sudah terpenuhi, maka akan sulit baginya untuk mengalihkan pandangan pada bentuk yang lain. 


2. Kebutuhan perut 

Kebutuhan dasar manusia adalah makan dan minum. Jadi, jika kita dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti makan dan minum, tentunya pasangan kita akan lebih betah lagi untuk tinggal berlama-lama di rumah tanpa harus capek-capek mencari pemuas kebutuhan perutnya di luar. Seorang istri yang pandai memasak, merupakan salah satu syarat bagi seorang laki-laki untuk dijadikan sebagai pasangan hidup. Dan begitu juga sebaliknya, seorang laki-laki yang pandai dalam mencari nafkah, akan menjadi prioritas bagi seorang perempuan untuk dijadikan pasangannya. 

Ketersediaan makanan ditambahan pula kelezatan masakan seorang istri. Mampu memalingkan hasrat suami untuk makan di luar. Suami istri yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah, tentunya akan lebih mempu dalam membangun komunikasi yang hangat antara satu dengan yang liannya. Jika sudah demikian, maka bukan tidak mungkin lagi sebuah keharmonisan keluarga akan menghiasi perjalanan rumah tangga mereka. 


3. Kebutuhan biologis 

Untuk kebutuhan yang satu ini, prosentase kegagalannya lebih tinggi waktu dijalani dari pada kedua kebutuhan di atas. Dan tidak jarang hal tersebut dikarenakan ketidak sadaran kita dalam melakukan kesalahan. Faktor kelelahan setelah beraktivitas menjadi salah satu alasan klise yang kita berikan pada waktu pasangan kita ingin memuaskan kebutuhan biologisnya. Padahal dengan ketidak terpuaskannya suatu kebutuhan, akan memotivasi seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat memicu retaknya sebuah rumah tangga. Seperti misal, suami/istri akan tergoda untuk melakukan perselingkuhan demi terpenuhnya kebutuhan biologis mereka. 


Jadi, pada dasarnya dalam membangun keluarga harmonis dan bahagia tidaklah rumit dan susah. Cukup dengan hanya memenuhi 3 kebutuhan di atas, maka rumah tangga yang kita jalani akan terasa seperti di surga. Ketenangan, kebahagiaan, dan rasa kasih dan sayang akan menjadi penghias rumah tangga yang kita jalani. Demikianlah informasi mengenai tips membangun keluarga harmonis dan bahagia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khusus bagi mereka yang sedang membangun rumah tangga. Dan sebagai tambahan informasi tentang konsep keluarga sakinah dalam islam bisa klik DISINI

0 komentar