Ketahui 5 Fungsi Utama Keluarga

Buat Info - Ketahui 5 Fungsi Utama Keluarga

buatinfo.com - Keluarga merupakan bangku Pendidikan pertama untuk anak-anak. Dimana segala sesuatunya pertama kali mereka dapatkan dari lingkungan kecil mereka, yaitu keluarga. Dari mulai mengenal benda, berbicara, sampai dengan berperilaku semua mereka dapatkan dari keluarga. Jadi tidak heran jika keluarga disebut sebagai salah satu pilar Pendidikan. Selaras dengan hal tersebut, Bapak Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud), menyebutkan bahwa pendidikan harus dimulai dari keluarga. Dimana orang tua sebagai pendidik utama harus berperan aktif dalam mendidik anak.


Keberhasilan atau kegagalan keluarga dalam memberikan Pendidikan kepada anak-anak akan menjadi potret bagaimana kondisi keluarga itu sendiri. Jika tumbuh kembang anak jauh dari kesan negatif, tentu penilaian positif yang akan diberikan kepada keluarga tersebut. Begitu juga sebaliknya. Membangun keluarga harmonis yang jauh dari kesan negatif memanglah tidak mudah. Namun perlu kita ketahui bahwa keluarga yang baik tentunya memiliki fungsi utama yang diimplementasikan dalam kesehariannya. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan coba berbagi informasi tentang 5 fungsi utama keluarga. Yang mana informasi ini diupayakan mampu memberikan pemahaman dan cara dalam membangun keluarga harmonis yang jauh dari kesan negatif.


5 Fungsi Utama Keluarga


1. Fungsi keAgamaan

Dalam upaya mempersiapkan anak-anak dalam mengahadapi dinamika kehidupan. Tentunya perlu sekali adanya pendidikan agama dalam keluarga. Mengingat sejarah telah membuktikan bahwa anak-anak yang tangguh dan berhasil dalam menjalani dinamika kehidupan adalah mereka yang berasal dari keluarga yang dari sejak dini memberikan pelajaran agama kepada anak-anaknya. Pelajaran yang dimaksud disini adalah memberikan panutan yang baik dalam ibadah dan berperilaku kepada orang lain.


2. Fungsi Sosial dan Budaya

Dalam kehidupan sosial anak-anak, mereka akan berperilaku dan bersikap sesuai dengan apa yang sudah mereka amati dalam keluarga. Jika dari hasil pengamatan mereka menemukan perilaku yang negatif, maka bukan tidak mungkin perilaku tersebut juga akan diimplementasikan dalam lingkungan sosial mereka. Jadi akan sangat penting bagi orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga, memberikan contoh yang baik dalam bertutur dan bertindak kepada anak-anaknya.


3. Fungsi Cinta Kasih

Anak-anak merupakan peniru yang baik. Bandura dengan teori modelingnya menyebutkan bahwa segala perilaku yang muncul merupakan hasil dari proses pemodelan atau peniruan yang dilakukan oleh anak-anak terhadap . Jadi jika orang tua memberikan pengalaman cinta kasih kepada anak setiap harinya, maka anak akan meniru dan mengaplikasikannya di lingkungan sosial mereka. Sehingga anak cenderung lebih terhindar dari perilaku anarkis seperti tawarun pelajar yang banyak terjadi saat ini.


4. Fungsi Perlindungan

Dalam tumbuh kembang anak, tentunya ada fase dimana anak berproses mencari jati dirinya. Sehingga tidak jarang mereka lebih tertarik menghabiskan banyak waktu di luar dari pada di rumah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anak-anak kita, tentu perlu adanya upaya menumbuhkan rasa aman, nyaman, dan hangat dalam keluarga. Agar anak-anak lebih nyaman dan memilih menghabiskan waktunya dengan keluarga.


5. Fungsi Sosialisas dan Pendidikan

Fungsi yang satu ini hampir sama dengan point nomer 2 yaitu fungsi sosial budaya. Dimana orang tua diupayakan mampu memberikan pemahaman kepada anak dalam bertutur kata agar anak mampu bersosialisasi dengan santun dan berpendidikan dalam lingkup sosialnya.


Demikianlah informasi mengenai 5 fungsi utama keluarga. Dengan mengetahui tentang fungsi utama keluarga sedini mungkin. Diharapkan semua orang tua memahami perannya sebagai pendidik utama dalam keluarga. Sehingga setiap keluarga mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang mapan dan memiliki karakter yang bagus.

2 komentar