Waspada 8 Makanan Pemicu Kanker

Buat Info - Waspada 8 Makanan Pemicu Kanker

Kanker 

merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Baik kanker payudara, otak, serviks, dan kanker lainnya yang berujung pada kematian. Namun demikian, ketakutan tersebut tidak dibarengi dengan usaha untuk menghidari pemicu kanker itu sendiri, dimana salah satunya adalah makanan. Tidak sedikit dari kita yang terkesan easy going dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Sehingga tanpa kita sadari zat-zat pemicu kanker tertimbun dalam tubuh kita, yang mana pada waktunya akan muncul penyakit yang sangat kita takuti tersebut.


Di Indoensia sendiri, Di Indonesia sendiri, angka kejadian penyakit kanker berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, yang diikuti dengan kanker hati sebesar 12,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Sedangkan angka kejadian untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk yang diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.


8 Makanan Pemicu Kanker


Sembarang memilih makanan bisa memicu munculnya beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker. Banyak makanan yang terlihat enak untuk kita konsumsi namun sebenarnya berbahaya untuk kesehatan. Tidak sedikit dari masyarakat yang menderita kanker akibat dari mengkonsumsi makanan yang salah. Lantas, bagaimana cara untuk menghindari pemicu penyakit yang mematikan tersebut?. Jawabannya sangat mudah, yaitu kita harus mengetahui terlebih dahulu pemicunya, seperti salah satunya adalah 8 makanan pemicu munculnya penyakit kanker yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

1. Daging Olahan
Umumnya daging olahan biasanya menggunakan bahan pengawet dalam proses produksi agar olahan daging tersebut tetap nampak segar dan tahan lama. Namun perlu kita ketahui bahwa penggunaan bahan pengawet pada olahan daging tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh yang dapat membahayakan kesehatan kita. Sehingga jika olahan daging ini dikonsumsi secara berlebihan, maka akan memicu munculnya sel kanker dalam tubuh manusia. Jadi, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi daging olahan secara berlebihan.


2. Minyak Goreng
Kebiasaan masyarakat dalam menggunakan minyak goreng di rumah tidak sekali pakai. Artinya, minyak goreng bekas masih digunakan dengan alasan eman jika dibuang. Padahal minyak goreng yang digunakan berulang kali akan mengendap di dalam perut dalam waktu yang cukup lama. Sehingga akan berubah struktur yang dapat memicu munculnya penyakit kanker dalam tubuh manusia.


3. Soda
Minuman bersoda sudah menjadi pilihan utama dalam melegakan dahaga bagi sebagian orang. Rasanya yang manis dengan sensasi sodanya menjadi faktor utama untuk mengkonsumsi minuman ini. Namun perlu kita ketahui bahwa minuman bersoda cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, dan bahan kandungan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.


4. Daging Merah
Selama ini yang kita ketahui bahwa daging merah sangat bagus untuk kita konsumsi. Namun apakah kita tahu jika WHO telah mengumumkan bahwa daging merah sebagai bahan karsinogenik alias penyebab kanker karena sifatnya yang mengendap dan merusak. Mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dapat memicu radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.


5. Pemanis Buatan
Alih-alih untuk menghindari resiko diabetes, banyak makanan dan minuman yang mengganti gula alami dengan pemanis buatan. Namun disisi lain, pemanis buatan ini disinyalir dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh manusia. Jadi akan lebih baik, jika tidak mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan.


6. Buah dan Sayuran Berpestisida
Produk makanan konvensional seperti buah dan sayuran biasanya menggunakan bahan kimia seperti pestisida dalam perawatannya. Yang mana bahan kimia tersebut tentunya dapat membahayakan kesehatan kita jika terus menerus masuk ke dalam tubuh. Dan dalam jangka panjang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.


7. Tepung yang Dimurnikan
Tepung yang merupakan olahan makanan yang dengan mudah kita dapatkan di pasaran. Namun, apakah kita tahu bahwa warna putih pada tepung dikarenakan proses kimia. Dalam studi yang dimuat dalam jurnal cancer epidemiology, disebutkan bahwa mengkonsumsi karbohidrat yang dimurnikan secara rutin akan berdampak pada munculnya resiko kanker payudara pada wanita.


8. Ikan Salmon Ternak
Siapa yang tidak kenal ikan salmon. Ikan yang dikenal dengan kandungan gizinya yang bagus buat kesehatan manusia. Namun apakah kita tahu bahwa ikan salmon yang diternak akan tercemar zat kimia seperti karsinogenik yang beresiko bagi kesehatan manusia. Ikan salmon yang tercemar bahan kimia tersebut dapat memicu sel kanker dari pada ikan salmo yang hidup di alam liar.

Dari pemaparan di atas tentang 8 makanan pemicu kanker, bisa kita tarik kesimpulan bahwa makan dan minuman yang terindikasi mengandung bahan kimia tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi untuk menghidari resiko penyakit kanker, alangkah baiknya untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia. Dan upaya menjalani pola hidup sehat, sebaiknya pilih makanan yang mengadung serat tinggi dan kaya akan antioksidan. Tidak lupa juga untuk meluangkan waktu untuk berolahraga agar kondisi tubuh tetap fit sepanjang hari.

Sumber data:

0 komentar