4 Langkah Sederhana Mengatasi Insomnia

Buat Info - 4 Langkah Sederhana Mengatasi Insomnia

Buatinfo.com - Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat menyerang siapa saja. Dimana gangguan ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, khususnya di malam hari. Notabene orang yang mengalami gangguan insomnia akan tidur di atas jam 12 malam, sehingga selalu merasa tidak cukup istirahat setiap harinya. Banyak faktor yang menjadi penyebab gangguan ini muncul, dimana diantaranya adalah gaya hidup (terbiasa kurang tidur / tidur larut malam, dan kurang olah raga), Psikologis (kecemasan berlebih, dan depresi), dan terakhir faktor medis (penyakit kronis, dan konsumsi obat-obatan tertentu).


Gangguan insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan si penderita. Karena ketidak cukupan waktu istirahat akan menurunkan metabolisme tubuh. Jika sudah demikian, tentu seseorang yang mengalami insomnia rentan sekali terserang beberapa penyakit. Lantas bagaimana assessment yang tepat dalam mengatasi gangguan tidur ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan coba berbagi mengenai 4 langkah mudah mengatasi insomnia, yang mungkin bisa langsung dipraktekkan di rumah. Dari ke 4 langkah tersebut diataranya adalah:


1. Paksa mata untuk tetap terjaga 

Pada saat sulit untuk tidur, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan memaksa mata agar tetap terjaga namun tidak sambil main ponsel. Pastikan lampu kamar tetap dalam posisi nyala dan usahakan untuk terus menatap langit-langit kamar. Dengan begitu, mata kita akan cepat lelah dan dengan sendirinya rasa kantuk akan muncul. Langkah ini hampir sama dengan assessment untuk gangguan fobia. Yang mana untuk mengatasi fobia atau ketakutan berlebih adalah dengan menghadapkan si penderita dengan rasa ketakutannya. Hal ini diupayakan untuk memberikan kesadaran bagi si penderita bahwa ketakutan yang dirasakannya tidak cukup rasional.


2. Konsumsi susu hangat

Langkah yang kedua dalam mengatasi gangguan insomnia adalah dengan mengkonsusi susu hangat. Kandungan asam amino triptofan pada susu akan membantu produksi hormon serotonin dan melatonin yang berfungsi merangsang mood positif dan rasa nyaman sehingga terbebas dari depresi. Untuk mengkonsumsi susu hangat disarankan dilakukan tiga jam sebelum tidur, dengan begitu kita akan terbantu untuk tidur lebih nyenyak.


3. Menggunakan kaos kaki di malam hari

Langkah ketiga mengatasi insomnia yaitu dengan menggunakan kaos kaki waktu mau tidur. Menggunakan kaos kaki akan membantu suhu tubuh agar tetap hangat. Karena dengan menjaga kehangatan tubuh khususnya kaki, akan memberikan sensasi rileks sehingga bisa beristirahat dengan nyaman. Udara yang dingin akan menstimulasi otak agar mata tetap terbuka, sehingga kita akan merasakan kesulitan untuk istirahat dengan nyaman di malam hari.


4. Meniup gelembung

Untuk langkah yang terakhir ini merupakan langkah yang paling sederhana dan mungkin belum pernah terfikirkan oleh kita sebelumnya. Dimana langkah yang ke empat ini adalah dengan meniup gelembung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan meniup gelembung dapat membuat otak kita menjadi rileks dan menenangkan suasana hati. Jadi jika kita mengalami susah tidur ada baiknya untuk memperaktekkan langkah yang satu ini sampai merasa tenang dan rasa kantuk mulai muncul. Dengan begitu gangguan tidur bisa kita atasi dengan hal yang sederhana.


Demikianlah informasi mengenai 4 langkah sederhana mengatasi insomnia. Dari keempat faktor pemicu gangguan imsonia, yang lebih dominan adalah gaya hidup dan faktor psikologis. Aktifitas yang begitu padat sampai larut malam, serta tekanan emosional dari aktifitas yang dilakukan setiap harinya. Tentu, menjadi penyumbang terbanyak munculnya gangguan ini. Agar terhindar dari gangguan insomnia, langkah mudahnya adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup buat tubuh dan otak. Dan untuk mengatasi gangguan insomnia, cukup lakukan 4 langkah sederhana di atas. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang mengalami gangguan tidur atau insomnia.

2 komentar

  1. Caraku ngatasin susah tidur biasanya mikirin sesuatu, kaya mengkhayal gitu gan. Lama2 tidur sendiri wkwkw

    ReplyDelete
  2. Sepertinya pengalaman agan ini juga perlu saya masukkan sebagai cara sederhana untuk mengatasi insomnia... hehehehe. terima kasih sudah mampir gan :D

    ReplyDelete