Ketahui 4 Penyebab Tubuh Mudah Capek

Buat Info - Ketahui 4 Penyebab Tubuh Mudah Capek

Buatinfo.com - Dalam melakukan aktifitas sehari-hari, kita tentunya membutuhkan modal stamina yang prima. Agar apa yang menjadi pekerjaan kita bisa terselesaikan dengan baik dan memuaskan. Namun sebaliknya, jika dalam beraktifitas sehari-hari tubuh kita tidak memiliki stamina yang prima, bukan tidak mungkin lagi semua rutinitas menjadi terganggu. Yang mana hal tersebut akan berdampak pada semakin bertumpuknya pekerjaan tanpa ada penyelesaian.


Dalam kondisi tubuh capek, pekerjaan ringan akan terasa berat untuk dikerjakan. Sehingga semangat untuk menyelesaikan pekerjaan akan mudah hilang. Yang demikian ini tentunya harus segera mungkin kita atasi dengan cara mengetahui penyebab kenapa tubuh mudah capek. Indikasinya, tubuh yang mudah capek disebabkan oleh beberapa faktor seperti Kesehatan, Psikologis, dan Gaya Hidup. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan lebih membahas 4 penyebab tubuh mudah capek dari faktor Psikologis dan Gaya Hidup, seperti di bawah ini:


1. Terlalu sering menahan amarah

Kebiasaan menahan amarah yang cukup sering justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pada saat amarah tidak bisa disalurkan, otot bahu dan leher akan menjadi tegang. Yang demikian tentu akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan mudah capek. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan menahan amarah agar stamina tubuh tidak berkurang. Dan rutinitas sehari-hari bisa terselesaikan dengan mudah.


2. Terlalu banyak konsumsi kaffein

Bagi penikmat kopi notabene sudah mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi kopi bisa mengurangi rasa kantuk dan membuat mata jadi melek. Namun apakah kita tahu bahwa dengan memaksakan mata untuk tetap melek justru juga akan memaksa tubuh untuk terus beraktifitas. Yang mana hal tersebut tentunya akan menganggu stamina tubuh untuk tetap segar bugar dalam menjalani rutinitas sehari-hari.


3. Tarikan nafas pendek

Tubuh manusia membutuhkan asupan oksigen setiap harinya. Dengan asupan oksigen yang mencukupi, stamina tubuh akan tetap terjaga. Namun sebaliknya, jika tubuh mengalami kekurangan asupan oksigen, tubuh akan lebih mudah terasa capek dan mengantuk. Jadi untuk menghindari itu semua, sebaiknya lakukan tarikan nafas pada hitungan 1-4, dan 5-8 mengeluarkan nafas. Karena dengan begitu, asupan oksigen pada tubuh akan tercukupi.


4. Lupa sarapan

Untuk yang satu ini, mungkin beberapa orang banyak mengalami dan mungkin juga sudah jadi salah satu gaya hidup. Alasannya pun juga beragam mulai dari bangun kesiangan, buru-buru kejar setoran, dan banyak alasan lainnya. Padahal dengan rutin sarapan, kebutuhan asupan gizi dalam tubuh akan tercukupi. Tubuh yang mengalami kekurangan asupan gizi rentan sekali untuk mudah capek karena energi akan cepat terkuras saat beraktifitas di pagi hari. Setidaknya dengan sarapan akan memberikan energi sampai jam makan siang tiba. Dengan rutin sarapan, energi tubuh akan tetap terjaga sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat.


Demikianlah informasi mengenai 4 penyebab tubuh mudah capek dari faktor psikologis dan gaya hidup. Jika kita merasa lebih mudah capek, jangan buru-buru untuk mengkonsumsi obat. Karena belum tentu penyebabnya dari faktor medis, melainkan bisa karena faktor psikologis dan gaya hidup yang kita terapkan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, agar sedapat mungkin bisa menjaga stamina tubuh untuk sebuah penyelesaian rutinitas setiap harinya.

2 komentar

  1. wah ternyata marah bisa bikin capai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.... salah satu penelitian menyebutkan bahwa individu dengan intensitas kemarahan yang tinggi, berisiko dua kali lebih besar terkena penyakit arteri koroner dan tiga kali risiko serangan jantung, dibandingkan orang-orang yang mampu mengendalikan diri. Selain itu, mereka juga berpotensi mengalami kerusakan hati, ginjal, serta kolesterol tinggi. Kalau sudah demikian, faktor kelelahan tubuh bisa mengarah ke medis.
      ;)

      Delete