Manfaat di Balik Mitos Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan

Buatinfo.Com - Mungkin tidak jarang kita mendapatkan informasi terkait mitos yang tersebar di kalangan masyarakat tentang bahaya mandi malam bagi kesehatan. Terdapat bahaya kesehatan yang mengancam seperti penyakit rematik dan beberapa penyakit lainnya jika kita melakukan aktivitas mandi di waktu malam hari.

Buat Info - Manfaat di Balik Mitos Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan

Mitos Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan

Lantas bagaimana jika kita berada pada kondisi yang mengharuskan kita untuk mandi di waktu malam, apakah betul mandi di waktu malam akan memicu beberapa penyakit seperti rematik, dll?. Pada kesempatan kali ini, buatinfo.com mencoba mengajak kita bersama untuk membahas mitos atau fakta bahwa mandi malam berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun sebelumnya ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui beberapa mitos bahaya mandi di malam hari bagi kesehatan seperti di bawah ini :

1. Memicu penyakit rematik
pada dasarnya, penyakit rematik erat kaitannya dengan kondisi daya tahan tubuh seseorang. Rematik sendiri merupakan peradangan pada persendian, yang mana penderita penyakit ini akan merasakan sakit, begkak dan kemerahan pada persendian tubuh mereka. Faktanya, sampai dengan saat ini para ahli kesehatan belum memiliki dasar yang jelas terkait pemicu penyakit rematik itu sendiri. Namun diindikasi bahwa penyakit ini berkorelasi dengan kelainan genetik manusia yang memasuki fase produktif.


Dan agar bisa mengetahui rasa nyeri pada persendian disebabkan oleh penyakit rematik, maka kita perlu terlebih dahulu mengetahui beberapa gejala dari penyakit rematik itu sendiri. Dimana gejala penyakit rematik adalah sebagai berikut:

- Rasa nyeri pada persendian
- Lebam dan kemerahan pada sendi yang mengalami sakit
- Rasa hangat pada daerah persendian yang sakit
- Pada saat bangun pagi, sendiri terasa kaku
- Terdapat penurun fungsi persendian

Pasalnya, penyakit rematik tidak termasuk jenis penyakit yang membahayakan. Namun demikian, disarankan kepada penderita yang mengalami gejala rematik untuk sesegera mungkin menghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Jika kita mengalami gejala rematik seperti yang tersebut di atas, namun kondisi mengharuskan kita untuk mandi malam, maka pastikan air yang kita gunakan untuk mandi adalah air hangat. Karena jika jika mandi malam dengan menggunakan air biasa/dingin, maka tidak menutup kemungkinan penyakit rematik yang kita derita akan semakin lebih parah.

2. Dapat memicu penuaan dini
Pasalnya kebiasaan mandi di waktu malam dapat meningkatnya metabolisme tubuh, yang mana hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kita tidak kuat menerima air dingin dan memicu terjadinya penuaan dini. Oleh kare itu tubuh kita memerlukan suplai oksigen dan kalori yang tinggi metabolisme tubuh kembali stabil.

3. Memicu penyakit paru-paru basah
Mitos lain yang tersebar di masyarakat adalah mandi malam dapat memicu resiko penyakit paru-paru basah, yang fakta medisnya tidak seperti itu. Penyebab utama dari penyakit paru-paru basah adalah adanya infeksi bakteri dan virus yang berasal dari udara masuk ke dalam tubuh kita. Umumnya gejala penyakit paru-paru basah seperti sulit bernafas, batuk berdahak, dan suhu tubuh terasa dingin. Bagi sebagian penderita paru-paru basah umumnya akan mengalami pusing, diare, lesu, mual dan muntah.

4. Asam Urat
Pada dasarnya penyakit asam urat terjadi karena ada banyak zat purin yang ada di dalam tubuh sehingga hal ini bisa meningkatkan asam urat. Karena zat purin yang masuk terlalu banyak maka ginjal tidak bisa membuang atau menampung zat tersebut. Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asam urat adalah terasa ngilu atau nyerinya bagian persendian, selain itu juga menjadi bengkak dan terlihat kemerahan.
Bagi penderita penyakit asam urat yang sudah memasuki stadium yang parah biasanya ketika menggerakkan anggota badan akan terasa sakit. Bagian yang terasa sakit biasanya pada bagian sendi kaki, jari tangan, siku, tumit dan pergelangan tangan.
Bila anda mengalami gejala asam urat maka disarankan untuk menghindari mengonsumsi kopi.
Cara mencegah penyakit asam urat adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti jeroan, kacang-kacangan, makanan kemasan kaleng dan makanan laut (sea food).

5. Mandi malam bisa menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh
Kebiasaan mandi di malam hari bisa mengganggu metabolisme tubuh karena di malam hari tubuh butuh istirahat dan suhu tubuh mulai menurun. Jadi bila di saat tubuh butuh istirahat sedangkan anda masih memaksakan diri untuk mandi maka air akan masuk ke pori-pori tubuh dan hal ini bisa menyebabkan terganggunya hormon tubuh.

6. Mandi malam bisa menyebabkan masuk angin mengenal penyakit masuk angin
Di malam hari tubuh butuh istirahat dimana jika anda masih memaksakan diri untuk mandi maka anda akan beresiko untuk mengalami meriang dan terkena masuk angin.

7. Mandi malam bisa menyebabkan demam
Di malam hari suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan pori-pori tubuh mulai meningkat sehingga jika tubuh kita yang panas disiram dengan air dingin di malam hari maka hasilnya akan membuat tubuh menjadi panas dingin sehingga anda beresiko mengalami demam.

8. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot
Sebagian orang yang mandi di malam hari biasanya akan merasakan nyeri otot, hal ini bisa terjadi karena air yang dingin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.

Manfaat Dibalik Mitos Mandi Malam

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa mitos mengenai mandi malam bisa menyebabkan rematik tidaklah benar. Disebutkan pula bahwa mandi malam tidak bisa memicu penuaan dini karena penuaan dini bisa terjadi karena penyebab yang lain misalnya seperti kondisi stres di tempat kerja, karena faktor keturunan, karena masalah kesehatan dan sebagainya.
Di balik mitos mengenai bahaya mandi malam sebenarnya juga terdapat manfaat dari mandi di malam hari, sehingga jangan terlalu dini beranggapan bahwa mandi di malam hari hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan. Dimana beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah :

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Mandi di malam hari bisa memulihkan kondisi emosi dan fisik yang kelelahan akibat rutinitas sepanjang hari. Dengan rutinitas kerja yang sibuk dan berat maka akan membuat tubuh merasa lelah dan bahkan bisa memicu stres. Sedangkan mandi di malam hari bisa membantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.


2. Mencegah insomnia atau masalah susah tidur
Selain itu mandi di malam hari juga bisa mencegah masalah susah tidur. Setelah melakukan berbagai rutinitas yang menguras fisik seharian biasanya tubuh akan terasa lengket akibat keringat sehingga anda akan menjadi sulit untuk tidur di malam hari karena badan terasa gatal dan tidak nyaman. Setelah mandi di malam hari rasa lengket pada tubuh akan hilang sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur anda.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi
Mandi di malam hari disarankan bagi penderita darah tinggi karena bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan efek ketenangan. Dibalik mitos yang beredar di masyarakat mengenai bahaya mandi di malam hari maka sebaiknya anda bisa menyikapinya dengan bijaksana.

0 komentar