Penyebab Asam Urat Tinggi dari Sudut Pandang Psikologi dan Solusi Penyembuhan Secara Alami

Asam urat adalah

penyakit osteoarthritis atau yang biasa dikenal dengan pengapuran sendi. Pada dasarnya, asama urat merupakan hasil produksi tubuh yang berfungsi untuk mengurai zat purin yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi. Normalnya, asam urat akan larut dalam darah dan akan dikeluarkan melalui urine. Namun untuk kasus tertentu, seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi cenderung mengalami kesulitan untuk membuang kadar asam urat yang berlebih. Sehingga asam urat tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi bentuk kristal di setiap persendian tubuh yang mengakibatkan rasa sakit dan bengkak.
Buat Info - Penyebab Asam Urat Tinggi dari Sudut Pandang Psikologi dan Solusi Penyembuhan Secara Alami


Gejala Asam Urat

Gejala yang nampak dari penyakit asam urat ini adalah adanya pembekakan yang disertai dengan kemerahan pada sekitaran persendian. Umumnya penyakit ini menyerang persendian jempol kaki dan beberapa anggota tubuh lainnya seperti pergelangan tangan, kaki, lutut, dan siku. Selain gejala di atas, gejala lain yang timbul dari penyakit asam urat adalah munculnya rasa nyeri atau sakit secara tiba-tiba pada persendian tubuh kita. Dan biasanya, rasa sakit tersbut akan lebih terasa pada saat malam dan pagi hari pada waktu bangun tidur.


Biasanya, penyakit asam urat lebih banyak menyerang orang dewasa, khususnya perempuan yang sudah menginjak fase menopause. Namun tidak untuk sekarang, dimana penyakit ini juga sudah banyak menyerang kaum muda, baik laki-laki atau pun perempuan dengan kisaran usia 25 sampai 30 tahun. Sebenarnya asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, kita masih bisa bernafas lega. Namun jika kadar asam urat pada tubuh melonjak naik, hal tersebut dapat memicu penyakit asam urat. Lantas apa sebenarnya yang menjadi pemicu penyakit ini muncul?. Pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan berbagi informasi terkait pemicu asam urat, namun lebih pada aspek psikologi yaitu emosi sebagai pemicu penyakit asam urat.

Penyebab Asam Urat

Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya asam urat itu sendiri, seperti misal faktor genetik, usia, obesitas, kelainan bentuk tulang, trauma cedera, melakukan pekerjaan berat, dan faktor psikologis yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Alasan kenapa penulis ingin lebih fokus pada faktor penyebab yang satu ini, karena sejatinya power manusia itu ada pada fikirannya. Sehingga sembuh dan tidaknya tergantung dari bagaimana kita berfikir (tentunya, diluar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Tuhan Yanng Maha Esa).

Mungkin sebagian dari kita, khususnya yang baca artikel ini. Bertanya-tanya apakah mungkin aspek Psikologi (emosi) memiliki pengaruh terhadap timbulnya penyakit asam urat?. Jawabannya tentu ada, karena erat kaitannya antara ketidak seimbangan hormon dengan emosi. Ketidak stabilan emosi tentunya akan mengganggu sekali terhadap ketidak seimbangan hormon dalam tubuh. Sehingga bisa memicu muncul atau kambuhnya penyakit asam urat yang diderita.


Pasalnya, ketidak seimbangan hormon memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, khususnya pada perempuan. Makanya tidak heran jika sebagian besar dari penderita asam urat ini banyak dari kalangan perempuan. Salah satu dampak dari ketidak seimbangan hormon adalah berat badan akan terus naik dan sulit untuk turun. Jika sudah demikian, obesitas tidak lagi bisa dihindari sehingga dapat memicu munculnya penyakit asam urat. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Lauren Loeffler yang merupakan ahli nefrologi, mencatat dari 6.036 anak sepertiganya memiliki kelebihan badan atau obesitas yang menyebabkan kadar asam uratnya sangat tinggi.

Solusi Penyembuhan Asam Urat Secara Alami

Oleh karena itu, penting rasanya bagi kita untuk terus menjaga kesehatan dengan cara menjaga emosi kita agar tetap stabil. Dengan demikian, hormon dalam tubuh pun juga akan ikut stabil dan resiko terserang penyakit asam urat bisa kita hindari. Dan dalam upaya menjaga emosi agar tetap stabil, salah satunya adalah dengan berolahraga. Karena dengan berolahraga otak akan terstimulasi agar lebih rileks, dan saraf yang tadinya tegang bisa menjadi lebih tenang. Selain menjaga emosi agar tetap stabil, penting juga bagi kita untuk lebih memperhatikan gaya hidup agar terhindar dari faktor penyebab penyakit asam urat lainnya.

Demikianlah informasi penyebab asam urat tinggi dari sudut pandang psikologi dan solusi penyembuhan secara alami. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan apa yang menjadi isi dari artikel ini dapat membantu kita dalam memberikan pemahaman terkait bagaimana tindakan preventif dan penyembuhan secara alami dari penyakit asam urat.

2 komentar