Tips Psikologi Cara Manilai Kepribadian Orang Lain dengan Mudah

Buati Info - Tips Psikologi Cara Menilai Kepribadian Orang Lain dengan Mudah

Buatinfo.Com - Bertemu dan berkomunikasi dengan orang yang baru kita kenal, tentu membuat kebiasaan berfikir kita terus berupaya untuk menebak-nebak perihal kepribadiannya. Apakah orang itu baik atau sebaliknya?. Namun dibalik kebiasaan tersebut, perlu kita sadari bahwa menilai kepribadian orang lain tidak bisa dilihat hanya dari sisi luarnya saja karena berpotensi menimbulkan penilaian yang salah. So, don’t judge the book by its cover karena yang nampak luar belum tentu sama dengan yang di dalam.


Dalam upaya menilai kepribadian orang lain, tentunya tidak bisa didasari oleh penilaian subyektif kita sendiri, karena hal tersebut hanya akan menimbulkan penilaian-penilaian yang kemungkinan besar salah dan tidak merepresentasikan sosok asli orang yang kita nilai. Oleh karena itu, penting rasanya bagi kita untuk mengetahui tips psikologi cara menilai kepribadian orang lain seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.


Terdapat 4 cara mudah dalam menilai kepribadian orang lain yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan bersosial kita sehari-hari. Dimana keempat cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Perhatikan bahasa tubuhnya

Cara menilai kepribadian orang lain yang pertama adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh lawan komunikasi kita. Secara tidak sadar, seseorang cenderung melakukan aktifitas-aktifitas (gerak tubuh) yang tidak perlu, dimana hal tersebut merupakan upaya untuk menutupi ketidak nyamanan yang dirasakan.

Contoh: Tidak berani kontak mata menggambarkan ketakutan, ketidakpercayaan diri, atau mungkin ketidakjujuran. Memainkan jari tangan pada saat berkomunikasi, menandakan ketidak nyamanannya dalam berkomunikasi, baik tentang topiknya atau pun situasinya.


2. Cari tahu rekam jejaknya (track record)

Masa lalu dapat menggambarkan tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang di masa depan. Cari tahu apakah orang yang ingin kita nilai sering terlambat, apakah ia pernah selingkuh sebelumnya?. Karena tidak semudah itu sifat seseorang dapat berubah, dan tidak menutup kemungkinan pengalaman-pengalaman sebelumnya akan diulang kembali. Jadi cara lain dalam upaya menilai kepribadian seseorang adalah dengan melihat tract recordnya.


3. Perhatikan bagaimana cara berinteraksi dengan orang asing

Perhatikan bagaimana cara orang yang akan kita nilai dalam berinteraksi dengan orang lain seperti pelayan restoran, supir taksi, atau tetangga yang notabene memiliki status sosial di bawah Yang bersakutan. Jika Yang bersangkutan memperlakukan orang-orang tersebut dengan buruk, maka itu menunjukkan sisi kegoisan dalam dirinya. Cara yang ketiga ini sejalan dengan statement Pauline Philips, salah satu penulis terkenal dengan nama pena Abigail Van Buren, yaitu "Cara terbaik untuk menilai orang lain adalah melihat bagaimana ia memperlakukan orang yang tidak bisa menguntungkan dia dan bagaimana ia memperlakukan orang yang tidak bisa melawan balik."


4. Perhatikan pola perilakunya

Menyambung dari poin nomor 3. Dalam upaya menilai orang lain dalam kehidupan bersosial, kita perlu memperhatikan seberapa konsisten orang yang akan kita nilai bersikap baik atau buruk terhadap orang lain. Jika hanya sekali, itu tidak menggambarkan kepribadiannya. Artinya, perilaku yang sifatnya tidak konsisten merupakan perilaku buatan untuk menutupi keasliannya.


Demikianlah informasi mengenai tips psikologi cara menilai kepribadian orang lain dengan mudah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, agar tidak salah dalam menilai seseorang yang baru kita kenal. Mengingat manusia merupakan makhluk yang super kompleks, sehingga cenderung sulit untuk dinilai dari sisi luarnya saja.

0 komentar