5 Cara Mudah dan Sederhana Untuk Mengatasi Stres dengan Cepat

Buatinfo.com - Dari sudut pandang kedokteran, stres dianggap sebagai reaksi tubuh terhadap sesuatu hal yang dinilai sebagai ancaman, tekanan, dan perubahan situasi lingkungan. Sedangkan dari sudut pandang Psikologi, stres merupakan gangguan mental yang dialami oleh seseorang dikarenakan adanya tekanan yang diterima, baik dari luar ataupun dari dalam dirinya. Yang mana hal tersebut dapat mempengaruhi emosi, mindset, dan kodisi fisik seseorang.

Buat Info - 5 Cara Mudah dan Sederhana Untuk Mengatasi Stres dengan Cepat


Seseorang yang mengalami stres tentu akan mengalami hambatan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, sehingga berakibat pada menurunnya produktivitas orang tersebut. Selain itu, stres juga dapat menimbulkan sakit fisik seperti gangguan pencernaan, nyeri otot, pusing, dan gangguan menstruasi pada wanita.

Penyebab Stres


Seperti yang tersebut di atas bahwa stres dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal (lingkungan) dan faktor internal (Individu). Dimana kedua faktor tersebut mencakup aspek-aspek sebagai berikut:

1. Faktor Internal (Individu)

Diketahui bahwa faktor internal ini lebih mendominasi munculnya stres pada diri seseorang. Dan kecenderungannya, orang yang mengalami stres karena faktor internal akan berlangsung cukup lama karena korelasinya dengan mindset dan pengalaman-pengalaman pribadi yang bersifat negatif. Seperti misal:

- Percintaan (ditinggal pasangan)
- Menderita penyakit fisik yang cukup lama
- Rasa takut yang berlebih
- Benci dan dendam yang berlebih
- Khawatir dan cemas akan sesuatu

2. Faktor Eksternal (Lingkungan)

Faktor eksternal diketahui sebagai penyebab kedua munculnya stres pada seseorang. Biasanya faktor ini kaitannya dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Baik lingkungan terkecil (keluarga), atau pun lingkungan terbesar (sosial dan tempat kerja). Misalnya seperti:

- Perceraian dalam keluarga
- Ekonomi keluarga
- Gaya hidup masyarakat
- Bencana alam
- Kehilangan pekerjaan (PHK)
- Konflik dengan atasan
- Tugas pekerjaan di atas batas kemampuan


Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Stres 


Pada dasarnya, stres bukanlah sesuatu yang dapat membahayakan kesehatan fisik seseorang. Namun jika tidak segera ditangani atau dikelola dengan baik, maka stress akan berujung pada masalah sakit fisik dan dapat pula memicu munculnya depresi hingga kematian. Oleh karena itu penting rasanya bagi kita untuk mengetahui cara mudah dan sederhana untuk mengatasi stres dengan cepat, seperti di bawah ini:

1. Jangan sering menunda-nunda pekerjaan

Tidak sedikit sebagian dari kita mungkin sering menunda-nunda pekerjaan atau hal lainnya. Sehingga berujung pada menumpuknya tugas-tugas yang harus segera diselesaikan. Jika kita tidak bisa memanage waktu dengan benar, maka bukan tidak mungkin lagi kita akan mengalami stress. Jadi, jika kita ingin terhindar dari masalah stres, sebaiknya jangan menunda-nunda pekerjaan.

2. Jangan mengurusi / terlibat dengan urusan orang lain

Kebiasaan seseorang yang paling susah untuk dihilangkan adalah tertarik mengurusi atau senang terlibat dengan urusan orang lain. Padahal, kebiasaan yang demikian ini justru dapat memicu terjadinya stres. Disadari atau tidak, dengan kita turut terlibat atau mengurusi urusan orang lain. Itu artinya kita menambah beban fikiran kita sendiri. So, agar hidup kita tenang tanpa stres, mulai sekarang jangan pernah mengurusi atau terlibat dengan urusan orang lain.

3. Kerjakan satu persatu

Cara yang nomer 3 hampir sama dengan point nomer satu, yaitu harus bisa manage waktu. Memanage waktu dengan mengerjakan apa yang menjadi tugas kita secara satu persatu, akan mampu meminimalisir resiko stres yang mungkin bisa terjadi. Buatlah mapping tugas-tugas, mana yang harus segera dikerjakan dan mana tugas yang tidak bersifat urgent, sehingga dikerjakan di akhir waktu.

4. Matikan HP

Sifat candu pada HP membuat seseorang lupa akan waktu istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak. Jadi, cara lain untuk terhindar dari stres adalah dengan mematikan HP pada saat waktu istirahat agar tubuh dan otak bisa lebih relax. Jika tubuh dan otak kita relax, maka kita akan lebih sering berfikir positif dalam menyikapi segala sesuatunya.


5. Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat yang baik, bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, melainkan juga untuk kesehatan mental manusia. Diketahui bahwa sebagian besar kandungan tubuh manusia terdiri dari unsur air. Dan prosentase kandungan air pada otak justru lebih banyak dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Jadi jika asupan air pada tubuh berkurang, maka bukan tidak mungkin lagi fungsi otak akan mengalami hambatan sehingga mudah sekali untuk mengalami stres.

Demikianlah informasi mengenai cara mudah dan sederhana dalam upaya mengatasi stres dengan cepat. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Agar kita bisa menekan resiko stres yang mungkin bisa kita alami akibat kompleksitas kehidupan yang kita jalani.

0 komentar