Cara Mengetahui Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Buatinfo.com - Kemandulan sering kali menjadi kehawatiran tersendiri bagi semua orang yang sudah berstatus menikah. Dimana kehawatiran tersebut muncul bukan tanpa sebab tentunya. Pasalnya, bagi mereka yang sudah berstatus menikah, memiliki keturunan bukan hanya sebuah keharusan dalam perspektif agama, bukan juga hanya sebuah bentuk kebahagian dalam membina keluarga. Melainkan juga merupakan sebuah tuntutan sosial yang akan mereka hadapi dalam lingkungan sekitarnya.

Buat Info - Cara Mengetahui Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita


Pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun belum juga dikarunia momongan atau anak. Tentunya akan sering menerima pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sedikit menyindir dari lingkungan kecilnya, yaitu keluarga khusunya orang tua atau mertua. Bukan itu saja, mereka juga akan menjadi buah bibir di lingkungan sosial hanya karena kondisi kemandulan yang dialami, entah oleh si pria atau pun si wanita. Asumsi-asumsi negatif justru akan lebih banyak mengarah kepada mereka yang notabene tidak kunjung hamil meski sudah menikah dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan oleh beberapa pasangan untuk sesegera mungkin mendapatkan keturunan dengan melakukan program kehamilan, baik oleh si pria atau pun si wanita. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan sebab-sebab yang menjadi masalah dari kemandulan itu sendiri. Padahal untuk mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi. Terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut.

Tes Untuk Mengetahui Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Pada dasarnya, kemandulan bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Yang mana sebab-sebab tersebut bisa diketahui dengan cara melakukan beberapa serangkaian tes yang akan kita bahas kali ini. Adapun serangkaian tes yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Tes kemandulan pada wanita

1. Tes Hormon Darah

Kenapa tes hormon darah ini perlu dilakukan untuk mengetahui sebab terjadinya kemandulan?. Hal tersebut dilakukan karena kelebihan hormon androgen pada wanita diketahui menjadi salah satu penyebab umum terjadinya masalah kemandulan. Dan telah banyak beberapa kasus kemandulan dalam rumah tangga yang disebabkan oleh kelebihan hormon androgen pada si wanita atau istri. Jadi tidak heran jika tes hormon darah ini menjadi salah satu pemeriksaan yang direkomendasikan untuk mengetahui penyebab dari kemandulan.

2. Tes USG Panggul

Tes USG panggaul merupakan langkah awal untuk mengetahui kondisi rahim dan indung telur pada wanita. Dengan dilakukannya tes ini, memungkin sekali bagi dokter untuk melihat kondisi rahim dan indung telur. Sehingga dokter dapat memberikan diagnosis terkait penyebab kemandulan yang diderita dan sosuli apa saja yang harus dilakukan dalam proses melakukan program kehamilan.

3. Tes Potensi Tuba

Tes terakhir yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab kemandulan pada wanita adalah tes potensi tuba. Tes ini dilakukan dalam upaya mengetahui apakah telah terjadi penyumbatan pada tuba fallopi atau tidak. Karena jika setelah dilakukan pengecekkan diketahui adanya penyumbatan pada tuba fallopi, maka bisa dipastikan kehawatiran akan kemandulan bisa terjadi.

Tes Kemandulan Pada Pria

Bukan hanya serangkaian tes pada wanita saja yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab kemandulan. Bagi pria pun juga perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya masalah yang ditakuti oleh sebagian banyak pasangan ini. Adapun tes untuk mengetahui kemandulan pada pri adalah sebagai berikut:

1. Tes Sperma

Tes ini merupakan langkah awal dalam melakukan pemeriksaan pertama masalah kemandulan pada pria. Tes sperma dilakukan dalam upaya untuk menganalisa sperma pria bermasalah atau tidak. Karena diketahui bahwa kondisi (kuat atau lemah) sperma juga menjadi salah satu penyebab terjadinya  kemandulan.

2. Tes Biopsi Testis

Tes selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab kemandulan pada pria adalah dengan dilakukannya tes biopsi testis. Tes ini dilakukan pada kasus tertentu yang tujuannya untuk melihat apakah ada masalah pada proses produksi sperma. Karena jika diketahui terdapat masalah pada proses produksi sperma, maka bisa dipastikan bahwa sperma yang dihasilkan akan bermasalah (lemah).

3. Tes Genentik

Tes genetik dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat kelainan genetik dalam masalah kemandulan tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa faktor genetik juga berpengaruh terhadap masalah kemandulan.

Tentunya dalam pelaksanaan pemeriksaan masalah kemandulan bukan hanya melalui pemeriksaan tes fisik saja, seperti yang tersebut di atas. Malainkan juga perlu dilakukan tes psikologi, karena tidak menutup kemungkinan masalah kemandulan juga disebabkan oleh faktor psikologis Yang bersangkutan. Sehingga sangat dimungkinkan sekali untuk dilakukan beberapa tahapan psikotes untuk mengetahui apakah kemandulan tersebut disebabkan oleh faktor psikologis atau pun fisik.

Demikianlah informasi mengenai cara mengetahui penyebab kemandulan pada pria dan wanita. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Agar bisa sedini mungkin mengetahui apa yang menjadi penyebab kemandulan itu sendiri.

2 komentar