Cara Sehat Agar Perut Tidak Buncit di Usia Senja

Bentuk perut kerap kali menjadi permasalahan bagi semua orang, justru setelah mencapai usia senja. Bukan hanya bagi wanita saja, melainkan juga bagi pria. Namun demikian, tidak sedikit pula beberapa orang yang beranggapan bahwa perut buncit bagi seorang laki-laki merupakan daya tarik sendiri untuk membuat perempuan nyaman. Pasalnya, kebanyakan lelaki yang perutnya buncit, indikasinya lelaki tersebut merupakan lelaki yang sudah mapan secara finansial. Hanya saja perut buncit bernilai minus jika dilihat dari kacamata kesehatan. Karena dibalik tumpukan lemak pada perut tersebut dapat memicu munculnya beberapa penyakit yang membahayakan.



But Info - Cara Sehat Agar Perut Tidak Buncit di Usia Senja


Untuk kesempatan kali ini, buatinfo.com akan berbagi tips cara sehat agar perut tidak buncit di usia senja. Dan tips ini hanya untuk mereka-mereka yang tidak mendambakan perut buncit di usia senjanya. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah perut buncit adalah sebagai berikut:

1. Sering-seringlah berjalan kaki

Mungkin sebagian besar dari kita sudah sama-sama tahu bahwa berjalan kaki sesering mungkin merupakan cara termudah dan tentunya low cost yang bisa kita lakukan untuk membakar kalori tanpa harus hawatir dengan resiko cedera persendian. Dengan sering melakukan aktivitas berjalan kaki, kalori yang berlebih pada tubuh kita akan terbakar dan kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan air yang manfaatnya tidak semurah harganya. Menkomsumsi air putih minimal 8 gelas sehari memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Dimana salah satu manfaatnya adalah menjaga kelembaban tubuh agar kadar lemak dalam tubuh tetap terjaga.

3. Biasakan bangun pagi

Kebanyakan dari mereka yang memiliki masalah dengan perut buncit biasanya selalu mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Sehingga selalu bermasalah dengan indeks massa tubuh (IBM). Beda hal jika mereka terbiasa bangun pagi, karena paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu menurunkan angka indeks massa tubuh. Dengan begitu perut buncit di masa senja bisa dihindari.

4. Lakukan olahraga angkat beban

Jika berjalan kaki merupakan olahraga ringan yang mampu membakar kalori dalam tubuh. Olahraga angkat beban pun juga demikian. Namun bedanya, bagi mereka yang rutin menjalankan olahraga angkat beban bukan hanya kalorinya yang terbakar melainkan juga mampu meningkatkan massa otot sehingga tubuh terlihat lebih segar dan atletis.

5. Biasakan untuk makan teratur

Seiring dengan bertambahnya usia, tentu metabolisme tubuh akan mengalami kelambatan. Sehingga kadar lemak dalam tubuh tidak lagi dapat terkontrol. Dan untuk menghadapi kondisi tersebut sebaiknya biasakan diri kita untuk makan makanan dalam porsi yang lebih kecil namun teratur.

6. Konsumsi teh hijau

Teh hijau dipercaya mampu mengurangi berat badan yang berlebih. Biasanya teh hijau ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang menjalani program diet. Namun apakah kita tahu bahwa kandungan katekin pada teh hijau dapat melawan peradangan serta menurunkan resiko berbagai jenis kanker dan masalah pencernaan. Jadi teh hijau ini sangat ampuh untuk menjaga agar perut tidak buncit di usia senja.

7. Konsumsi dark chocolate

Kenapa harus mengkonsumsi dark chocolate?. Kandungan flavanol dan antioksidan yang ada pada dark chocolate dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah dan lemak berlebih pada tubuh kita. So, mulai dari sekarang sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi dark chocolate untuk menjaga perut dari tumpukan lemak di masa senja.

8. Konsumsi buah berwarna merah

Kandungan pigmen antioksidan seperti resveratrol pada buah berwarna seperti anggur, apel merah dan ceri dipercaya dapat mengurangi berat berat badan dan lemak berlebih pada daerah perut. Jadi bagi kita yang sendang atau ingin menjalani program diet, mengkonsumsi buah-buahan yang berwarna merah ini sangatlah dianjurkan.

Stigma masyarakat yang menyebut bahwa perut buncit merupakan indikasi kesuksesan seorang pria, sebaiknya tidak diterapkan pada diri kita. Karena sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa dibalik perut buncit terdapat beberapa ancaman penyakit berbahaya yang terus mengintai kita di usia senja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari resiko perut buncit di usia senja. Sebaiknya lakukanlah beberapa cara sehat di atas. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar