Penderita Penyakit Ini Tidak Disarankan Untuk Naik Gunung

Buatinfo.com - Naik gunung merupakan salah satu olah raga yang banyak digandrungi oleh sebagian orang. Tidak terkecuali, dari yang muda dan masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) sampai ke yang sudah berstatus mahasiswa pun, aktivitas naik gunung ini menjadi salah satu pilihan untuk menguji adrenalin. Karena sifatnya yang menantang namun menyenangkan, olah raga yang satu ini sudah menjadi hobby yang tidak bisa ditinggalkan.

Buat Info - Penderita Penyakit Ini Tidak Disarankan Untuk Naik Gunung


Naik gunung bukan hanya sekedar olah raga yang menyenangkan saja, melainkan juga dapat mengungkap sifat asli orang lain. Oleh karena itu, maka tak heran jika ada statement yang menyatakan bahwa “jika anda ingin mengenal sifat asli seseorang, maka ajaklah dia untuk naik gunung”. Diketahui bahwa, seseorang yang sedang menjalani aktivitas naik gunung, secara alamiah akan mengeluarkan sifat aslinya seperti misal orang tersebut egois, emosional, penyabar, atau pun penolong.

Namun sama halnya dengan olah raga lainnya. Naik gunung juga memiliki resiko yang cukup besar dan mengancam jiwa. Dimana diantara resiko-resiko tersebut diantaranya adalah seperti longsor, pohon tumbang, terpeleset atau terjatuh dari tebing, dan hypothermia. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi mereka yang ingin melakukan olah raga naik gunung sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan kesehatan dirinya. Karena ada beberapa penderita penyakit tertentu yang tidak disarankan untuk melakukan aktivitas olah raga yang satu ini. Dan penyakit tertentu yang dimaksud disini diantaranya adalah sebagi berikut :

1. Penyakit Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit yang menyerang saraf mata yang terhubung ke otak dan menyebabkan penglihatan terganggu. Saraf mata mengalami kerusakan akibat dari tekanan berlebih pada bola mata, sehingga penderita penyakit ini akan mengalami gangguan penglihatan secara perlahan. Pada dasarnya penyakit ini tidak begitu berakibat fatal bagi kesehatan si penderita. Namun, gangguan penglihatan pada saat naik gunung harus diwaspadai bagi penderita penyakit yang satu ini. Karena resiko terpeleset atau terjatuh mungkin bisa terjadi pada saat melakukan pendakian.

2. Penyakit Jantung

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa aktivitas naik gunung merupakan kegiatan yang menggunakan fisik dengan intensitas yang cukup berat. Jadi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang satu ini. Karena jika dipaksakan dihawatirkan resiko yang membahayakan terjadi pada saat melakukan pendakian.

3. Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan terjadinya peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Penyakit yang satu ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk juga dengan aktivitas naik gunung. Sebagaimana yang diketahui bahwa kadar udara di ketinggian sangatlah tipis, sehingga kemampuan paru-paru penderita asma tidak bisa bekerja secara maksimal dalam menyerap oksigen. Jika hal ini terjadi, maka resiko yang mengancam jiwa bisa saja terjadi pada saat melakukan aktivitas naik gunung.

4. Penyakit Ginjal

Fungsi ginjal adalah sebagai filter kotoran dan kelebihan cairan pada darah. Jika ginjal dalam kondisi tidak normal, maka kotoran akan menumpuk dan menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Fungsi gingal yang mengalami penurunan akan berakibat pada menurunnya nafsu makan dan tubuh terlihat lemah dan lesu. Selain itu, penderita penyakit ginjal kebutuhan asupan airnya lebih lebih sedikit dari pada mereka yang memiliki ginjal yang normal. Jadi bagi penderita penyakit ini sangat tidak disarankan untuk melakukan olah raga naik gunung, mengingat aktivitas naik gunung membutuhkan asupan air yang lebih banyak untuk terhindar dari dehidrasi.


Olah raga notabene baik untuk menjaga kesehatan kita. Namun demikian, sebaiknya kita perlu selektif lagi dalam memilih olah raga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Jangan sampai tujuan untuk menjadi sehat malah berujung pada resiko-resiko yang tidak kita inginkan. Jadi, sebelum memilih olah raga yang ingin ditekuni, terlebih dahulu kenali kemampuan tubuh kita dan resiko-resiko apa saja yang mungkin muncul dari olah raga tersebut. Demikianlah informasi mengenai penderita penyakit glaucoma, jantung, asma, dan penyakit ginjal tidak disarankan untuk naik gunung. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar