Waspada 5 penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Cuaca Panas

Buatinfo.com - Cuaca ekstrim akhir-akhir ini mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Mulai dari hujan lebat, hujan es, puting beliung, sampai dengan cuaca panas yang saat ini terjadi di beberapa titik di pulau Jawa. Yang mana tingkat kepanasannya bisa mencapai 36 sampai dengan 37 derajat celcius. Pasalnya cuaca panas tersebut disebabkan oleh bergesernya posisi matahari dari posisi sebelumnya yang lurus dengan pulau jawa, bergeser sedikit ke arah selatan.

Buat Info - Waspada 5 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Cuaca Panas


Selain karena disebabkan oleh perubahan posisi matahari. Cuaca panas di beberapa daerah di Jawa Timur juga disebabkan oleh arus masa udara dari timur yang terbilang cukup kuat, sehingga memperkecil munculnya awan hujan di beberapa kota yang ada di wilayah Jawa Timur. Jadi tidak heran jika beberapa kota di jawa timur sampai dengan saat ini masih belum diguyur hujan dan bertahan dengan cuacanya yang panas.

Penyakit Yang Muncul Akibat Cuaca Panas

Sama halnya dengan cuaca lainnya. Cuaca panas pun tentunya juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Yang mana terdapat beberapa penyakit yang mungkin bisa muncul akibat dari cuaca panas. Dan pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan membahas 5 penyakit yang biasanya muncul akibat dari cuaca panas. 5 penyakit tersebut diantara adalah :

1. Hyperthermia

Penyakit ini merupakan reaksi suhu tubuh yang meningkat secara drastis akibat dari sistem yang mengatur suhu tubuh tidak dapat menahan cuaca panas lingkungan sekitar. Jadi suhu tubuh akan meningkat jika berada pada lingkungan dengan cuaca yang sangat panas dan memicu munculnya demam tinggi.

2. Infeksi saluran pernapasan

Penyakit ini biasanya banyak menyerang seseorang yang mengalami demam tinggi yang disertai dengan batuk pilek. Infeksi saluran pernapasan ini dibagi menjadi dua, ada infeksi saluran pernapasan atas yang diserang adalah bagian hidung, sinus, dan tenggorokan, dan satu lagi infeksi saluran pernapasan bawah yang diserang adalah saluran udara dan paru-paru. Adapun gejala yang timbul dari penyakit ini biasanya seperti otot-otot tubuh terasa sakit semua.

3. Gangguan pencernaan

Mungkin sedikit aneh bagi kita, kok bisa ya cuaca panas bikin pencernaan terganggu?. Dari penjelasan para ahli kesehatan menyebutkan bahwa pada saat cuaca panas, tubuh kita akan melakukan proses perlindungan diri secara otomatis dengan cara menurunkan suhu tubuh. Dan pada saat proses ini lah pencernaan kita akan berada pada posisi yang lemah. Sehingga gampang sekali terserang gangguan pencernaan seperti GERD / asam lambung, muntah, kram perut, dan diare.


4. Kram otot

Kram pada otot disebabkan karena terjadinya pengerutan pada otot yang bisa muncul secara tak terduga. Namun biasanya, kram otot ini mudah sekali muncul pada saat kita melakukan aktivitas olah raga di lingkungan yang notabene memiliki suhu yag panas. Untuk menghindari penyakit yang satu ini, sebaiknya lakukan olah raga di lingkungan yang suhunya tidak panas. Dan terlebih dahulu lakukan pemanasan sebelum olah raga.

5. Heat stroke

Penyakit yang satu ini sering sekali dirasakan oleh semua orang pada saat cuaca dalam kondisi panas. Karena cuaca yang panas dapat meningkatkan suhu tubuh secara drastis. Suhu tubuh yang mengalami peningkat hingga mencapai 40 drajat Celsius sangat mudah sekali memicu munculnya penyakit heat stroke yang gejalanya seperti tubuh terasa panas namun tidak berkeringat, mual, dan penglihatan menjadi kabur.

Demikianlah informasi mengenai 5 jenis penyakit yang bisa muncul akibat cuaca panas. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan dalam upaya melakukan tindakan antisipastif terhadap 5 jenis penyakit seperti yang tersebut di atas. Sebaiknya untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat pada saat cuaca dalam kondisi yang cukup panas dan tetap menjaga suhu tubuh kita agar tetap stabil.

2 komentar