Cara Mudah Menghilangkan Cemas yang Berlebih

Buatinfo.com - Setiap orang tentunya akan mengalami yang namanya perasaan cemas. Hanya saja, tingkat kecemasannya berbeda-beda sesuai dengan kesiapan mental masing-masing individu. Kecemasan sendiri bersifat normal dan bisa terjadi kepada setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat Kecemasan sendiri merupakan reaksi terhadap situasi yang dianggap memiliki penekanan yang kuat terhadap kehidupan seseorang. Meski bersifat normal dan wajar, cemas harus segera diatasi agar tidak berujung pada perasaan cemas yang berlebih.

Buat Info - Cara Mudah Menghilangkan Cemas yang Berlebih


Perasaan cemas yang berlebih tentunya akan berdampak signifikan, bukan hanya bagi mental seseorang, tapi juga bagi kesehatan individu itu sendiri. Bagi sebagian orang, mengalami cemas berlebih secara terus menerus akan mengalami peningkatan asam lambung. Sehingga penderita akan mengalami gejala-gejala asam lambung seperti mual, nyeri pada dada, sakit tenggorokan, dan mulut terasa pahit. Jadi akan sangat penting rasanya untuk mengatasi cemas berlebih ini dengan cepat. Namun sebelum kita masuk pada pembahasan tentang cara mengatasi cemas berlebih, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perasaan cemas atau kecemasan.

Definisi Cemas

Menurut beberapa tokoh seperti Kaplan, Sadock, dan Greb (dalam Fitri Fauziah & Julianti Widuri, 2007:73), kecemasan merupakan respon terhadap situasi terntentu yang dianggap sebagai ancaman, dan terjadi seiring dengan perkembangan, perubahan, pengalaman baru yang belum pernah dialami atau dilakukan. Sedangkan menurut Lumongga Lubis (2009:14), tanggapan terhadap sebuah ancaman yang bersifat nyata atau khayalan. Jadi kecemasan dialami ketika individu berfikir tentang sesuatu tidak menyenangkan yang akan terjadi de kemudian hari.

Nevid Jeffrey S, Rathus Spencer A, & Greene Beverly (2005:163), mendefinisikan kecemasan sebagai suatu keadaan emosional dengan ciri keterangsangan fisiologis seperti ketegangan yang tidak menyenangkan, dan kekhawatiran akan sesuatu yang buruk akan terjadi.

Cara Mengatasi Cemas Berlebih

Dari beberapa difinisi di atas dapat disimpulkan bahwa kecemasan merupakan perasaan takut atau khawatir yang disebabkan oleh penilaian subjektif individu terhadap situasi yang belum pernah dialami, sehingga dianggap sebagai bentuk ancaman yang dapat menyebabkan sesuatu yang buruk terjadi. Lantas bagaimana cara menghilangkan perasaan cemas yang berlebih?. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips bagaimana caranya menghilangkan cemas yang berlebih, yang mungkin bisa kita alami di kemudian hari. Adapun cara-cara yang diamksud adalah sebagai berikut:

1. Kembali ke lingkungan sekitar
Secara psikologis, seseorang akan merasa aman dan nyaman jika berada pada lingkungan sekitar yang dikenalnya. Jadi cara pertama yang perlu dilakukan pada saat mengalami kecemasan yang berlebih adalah dengan tetap menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar (keluarga, teman, dan saudara), dan mulailah untuk menceritakan apa yang dirasakan kepada lingkungan sekitar.

2. Lakukan hal yang disukai
Melakukan aktifitas yang kita sukai juga merupakan salah satu cara agar kecemasan berlebih yang kita rasakan bisa berkurang. Dimana aktifitas-aktifitas yang dimaksud seperti hang out ke tempat yang menyenangkan seperti pegunungan atau pantai, nonton film favorit, dan menyanyikan lagu yang disukai.

3. Lakukan hal yang baru
Lakukanlah hal-hal baru yang membuat hati anda tenang dan senang. Karena tanpa anda sadari, dengan melakukan hal baru yang menyenangkan, tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang memicu munculnya perasaan senang dan bahagia.

4. Keluar rumah dan pastikan tubuh terkena matahari
Diketahui bahwa vitamin D memiliki pengaruh terhadap segala bentuk kecemasan, depresi, dan gangguan afektif musiman (SAD). Jadi dengan demikian akan sangat penting rasanya bagi anda untuk keluar rumah agar tubuh terkena sinar matahari sehingga asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh bisa diperoleh.

5. Rajinlah berolahraga
Dari hasil penelitian diketahui bahwa olahraga yang teratur dapat menurunkan resiko depresi akibat kecemasan yang berlebih. Jadi selain dari 4 point di atas, olahraga juga berperan penting dalam menghilangkan cemas yang berlebih. Olah raga bisa apa saja, sesuai dengan yang anda sukai. Bisa sepak bola, volley, basket, dll. Namun yang mungkin banyak pengaruhnya terhadap upaya menghilangkan perasaan cemas adalah yoga. Karena selain menghilangkan perasaan cemas, yoga juga dapat melatih ketenangan jiwa seseorang sehingga selalu merasa tenang dalam menghadapi situasi apapun.

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa kecemasan merupakan hal yang wajar dan normal terjadi kepada siapa saja. Namun begitu, perasaan cemas yang berlebih tentu bukan sesuatu yang remeh temeh, sehingga tidak perlu segera diatasi. Karena kecemasan yang berlebih apabila sudah menjadi gangguan, tentu akan berdampak pada penghambatan fungsi seseorang dalam melakukan aktifitas dalam kehidupannya. Jadi, perlu kiranya kita melakukan beberapa cara dalam mengatasi cemas yang berlebih. Agar aktifitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar, serta kesehatan mental dan fisik juga tetap terjaga. Demikianlah informasi tentang cara mudah menghilangkan cemas yang berlebih yang buatinfo.com bisa bagikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

5 komentar

  1. Saya sering nih ngalamin kekgini. Makasih udah di share. Bermanfaat gan

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir di blog buatinfo.com :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Tak kenal maka tak sayang, agaknya pepatah ini berlaku juga untuk mengatasi kecemasan. Maksudnya...kenali kecemasan yang melanda, apa sih yang menjadi akar permasalahan kecemasan yang sedang dialami?

    Bukankah mengenali sumber masalah adalah langkah awal untuk menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul sekali.... notabene kecemasan itu muncul akibat dari penilaian subjektif individu terhadap situasi tertentu. so, intinya berfikir positif akan lebih efektif dalam mencegah kecemasan yang berlebih. thanks sudah mampir ke situs buatinfo.com :)

      Delete