Kenali Gejala Kanker Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Kanker ginjal

merupakan jenis kanker yang tumbuh dan menyerang ginjal manusia. Ginjal sendiri merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang memiliki beberapa fungsi, seperti pengendali tekanan darah, pembentukan sel darah merah, dan sebagai penyaring kotoran darah yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine manusia. Jadi, ginjal memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. sehingga bisa dibayangkan bukan, bagaimana dampak buruknya bagi kesehatan tubuh jika sel kanker tersebut tumbuh dan membentuk benjolan di ginjal manusia.

Buat Info - Kenali Gejala Kanker Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Gejala Kanker Ginjal

Biasanya pada tahap awal, pasien kaker ginjal tidak akan merasakan gejala-gejala apa pun, baik yang nampak atau pun dirasakan. Bahkan mereka terkesan tidak terlihat seperti orang yang sedang sakit. Namun setelah benjolan kanker mulai tumbuh dan membesar di ginjal, maka pasien akan merasakan beberapa gejala seperti di bawah ini:
1. Mengalami nyeri di punggung
2. Terdapat darah pada urin
3. Nampak benjolan pada punggung di dekat ginjal
4. Mengalami penurunan berat badan
5. Berkeringat di malam hari, dan
6. Demam

Faktor Penyebab Kanker Ginjal

Diketahui bahwa, laki-laki memiliki resiko lebih tinggi mengidap kanker ginjal dibandingkan perempuan. Seperti penyakit lainnya, dimana kanker ginjal sendiri terjadi bukan karena tanpa sebab. Terdapat beberapa faktor yang disinyalir sebagai pemicu munculnya kanker pada ginjal manusia. Dimana faktor-faktor tersebut diantaranya adalah:

1. Merokok
Semua orang tentu menyadari bahwa rokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia. Selain dapat memicu kanker paru-paru, aktifitas merokok juga dapat memicu terjadinya kanker ginjal pada manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Duke University Medical Center kepada 845 pasien, diketahui bahwa sekian persen dari pasien tersebut merupakan perokok aktif. Meskipun aktifitas merokok tidak secara langsung merusak ginjal manusia, namun hal tersebut turut meningkatkan tekanan darah si perokok.

Dari hasil penelitian lainnya, yang dilakukan oleh lembaga Cancer Research UK. Diketahui bahwa aktifitas merokok menjadi salah satu penyumbang angka prosentase terjadinya resiko kanker ginjal ini. Dimana diketahui bahwa 24 persen penderita kanker ginjal disebabkan oleh aktifitas merokok.

2. Hipertensi / tekanan darah tinggi
Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa fungsi ginjal merupakan penyaring kotoran darah yang tidak diperlukan oleh tubuh manusia. Jadi jika tekanan pada pembuluh darah tinggi, maka asupan oksigan pada ginjal akan berkurang. Dengan demikian ginjal akan mengalami kerusakan sehingga secara fungsi akan mengalami penurunan dan semakin memperparah tekanan darah pasien. Endingnya, pasien akan mengalami kanker ginjal.

3. Obesitas
Memang sampai saat ini belum diketahui jelasnya mengenai korelasi obesitas dengan kanker ginjal. Namun diketahui bahwa indikasi awal adalah pengaruh resistensi insulin. Secara fungsi, insulin berfungsi sebagai penghancur lemak berlebih dalam tubuh. Sedangkan ginjal bertugas membantu proses kerja insulin dalam tubuh manusia. Jika seseorang memiliki kelebihan berat badan, maka berdampak pada resistensi insulin. Sehingga kadar insulin dalam tubuh meningkat dan menyebabkan sel-sel dalam tubuh membelas lebih cepat.
  
4. Faktor genetik atau keturunan
Untuk faktor yang satu ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Karena bukan hanya resiko kanker ginjal saja yang mungkin bisa dialami, tapi penyakit-penyakit lainnya yang pernah dialami oleh orang tua atau anggota keluarga sebelumnya, juga berpotensi terjadi pada keturunannya.

Keluarga yang memiliki riwayat mengidap kanker ginjal, resiko keturunannya mengidap penyakit yang sama sangatlah besar. Namun tidak semua keluarga berpotensi mewarisi penyakit tersebut, meskipun dalam satu keluarga terdapat gen tunggal yang dapat mewariskan kanker ginjal

Dari beberapa faktor di atas, tentu sama-sama memiliki pengaruh yang besar terhadap resiko munculnya kanker ginjal. Namun yang lebih dominan dan sering ditemui adalah karena gaya hidup (merokok), dan obesitas. Jadi akan sangat penting rasanya bagi kita semua untuk merubah gaya hidup kita ke pola hidup sehat. Agar resiko terkena kanker ginjal lebih diminimalisir.

Demikianlah informasi mengenai gejala kanker ginjal dan beberapa faktor penyebabnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Agar untuk kedepannya kita lebih semangat lagi dalam menjalani pola hidup sehat, sehingga resiko terkena kanker ginjal bisa kita hindari.

0 komentar