6 Ancaman Penyakit Saat Musim Hujan

Buat Info - 6 Ancaman Penyakit Saat Musim Hujan

Tingginya curah hujan di musim penghujan pada tahun ini, berpotensi sekali akan terjadinya banjir yang cukup tinggi di semua daerah di Indonesia.  Selain berpotensi banjir, musim hujan juga kerap kali menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, mengingat wabah penyakit pada saat musim hujan rentan sekali menyerang semua warga. Tidak terkecuali, baik di perkotaan atau pun di pedesaan sama-sama memiliki potensi banjir dan wabah penyakit yang dapat mengancam kesehatan.

6 Penyakit Akibat Musim Hujan

Pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan membagikan informasi terkait 6 ancaman penyakit yang bisa muncul pada saat musim hujan. Dengan begitu pembaca dapat dengan mudah melakukan tindakan antisipatif agar tidak terserang berbagai macam penyakit pada saat musim hujan. Adapun 6 ancaman penyakit yang dimaksud adalah sebagai berikut:


1. Diare
Pada saat musim hujan, resiko banjir di setiap daerah pasti ada. Sehingga tidak sedikit daerah-daerah yang terkena bencana banjir mengalami krisis air bersih. Air yang kotor atau tercemar oleh genangan air hujan tentunya sudah tidak laiak untuk dikonsumsi, jika dipaksakan maka resiko terkena penyakit diare sangatlah tinggi. Selain krisis air bersih, banjir juga berdampak pada kurangnya menjaga kebersihan individu, sehingga memicu pula munculnya penyakit diare.

2. Demam Berdarah
Bukan tidak mungkin lagi, pada saat musim hujan tiba akan banyak genengan air sisa hujan di lingkungan sekitar kita. Genangan inilah yang dapat memicu pengembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty penyebab demam berdarah. Jadi jika anda tidak ingin terserang penyakit demam berdarah pada saat musim hujan. Maka sebaiknya hindari atau buang genangan air yang ada di lingkungan anda.

3. Penyakit Kulit
Penyakit yang satu ini penyebabnya hampir sama dengan diare, yaitu kurangnya menjaga kebersihan badan. Minimnya air bersih tentu akan mempersulit seseorang untuk mandi dan membersihkan badan mereka. Sehingga dengan begitu, penyakit kulit akan mudah sekali menyerang siapa saja jika kebersihan badan tidak terjaga dengan baik.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Pada saat musim hujan, mungkin tidak sedikit kita menemukan orang-orang yang mengalami gangguan saluran pernapasan atau yang biasa dikenal dengan ISPA. Penyakit ISPA ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, dan berbagai macam mikroba yang terbawa oleh banjir pada saat musim hujan. Jadi penyakit ISPA ini akan sering kita temukan pada saat musim hujan tiba.

5. Demam Tifoid
Saat musim hujan, khususnya untuk daerah-daerah yang mengalami bencana banjir tentu akan mengalami kesulitan, bukan hanya untuk mendapatkan air bersih. Pun lingkungan dan makanan bersih akan sulit ditemui di daerah-daerah yang terserang bencana tersebut. Dan biasanya, demam tifoid sendiri disebabkan oleh faktor kebersihan makanan, dan jika sudah terjangkit si penderita akan mengalami penurunan daya tahan tubuhnya.

6. Leptospirosis
Leptospirosis merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh virus leptospirayang ditularkan oleh kencing hewan seperti tikus. Lingkungan yang kotor tentu menjadi zona yang nyaman bagi hewan-hewan seperti tikus. Jika lingkungan kita sudah menajdi sarang tikus, maka kotoran dan air kecingnya akan berserakan dimana-mana. Tentu yang demikian beresiko sekali terhadap kesehatan kita.

Dari ke 6 ancaman penyakit akibat musim hujan seperti yang tersebut di atas. Point pentingnya adalah tentang kebersihan lingkungan dan tubuh kita. Jika kita rajin menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, maka tidak menutup kemungkinan kita bisa terhindar dari bahya 6 ancaman penyakit di atas. Jadi mulai sekarang, rajin-rajinlah dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang genangan air, membuang tumpukan sampah, dan menjaga kebersihan tubuh.

Demikianlah informasi yang dapat buatinfo.com sampaikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua agar kita dapat melakukan tindakan preventif sedini mungkin. Sehingga kita semua tetap dalam kondisi sehat pada saat musim hujan tiba.

0 komentar