Ketahui 5 Cara Tepat Agar Anak Suka Makan Sayur

Sayuran

merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh manusia. Namun sayangnya tidak semua orang suka untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini, termasuk juga anak-anak. Ketertarikan anak-anak untuk makan sayur sangatlah kecil, dan bisa dibilang 10 banding 1. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan mereka saat makan, dimana anak-anak lebih memilih menyisihkan sayuran pada makanan mereka, dari pada memakannya.

Buat Info - Ketahui 5 Cara Tepat Agar Anak Suka Makan Sayur


Padahal, untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh dalam sehari kita diharuskan untuk makan sayur tiga sampai empat jenis sayur. Hal tersebut diupayakan agar kesehatan dan pertumbuhan anak tidak mengalami gangguan. Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat tidak suka makan sayur, seperti hipertensi, Obesitas, stroke, dan gagal ginjal atau kanker ginjal.

Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

Ketidak sukaan anak-anak untuk mengkonsumsi sayuran bukanlah tanpa sebab. Hal tersebut bisa dikarenakan faktor kebiasaan dan bisa juga karena sebuah kondisi yang dikenal dengan istilah food neophobia atau rasa takut terhadap makanan yang tidak mereka ketahui. Notabene, anak-anak lebih suka mengkonsumsi makanan yang mengandung manis dari pada rasa sayuran yang cenderung tidak berasa. Namun demikian, pada artikel kali ini, buatinfo.com akan berbagi tips 5 cara tepat agar anak suka makan sayur. Adapun 5 cara yang dimaksud diantaranya adalah sabagai berikut:

1. Libatkan anak dalam memilih sayur
Ajaklah anak anda untuk memilih dan membeli sayuran yang mereka sukai. Pasalnya, pada saat anak dilibatkan dalam memilih sayuran yang disukai. Mereka tidak akan mengalami keraguan atau perasaan tidak suka pada sayuran yang nantinya mereka konsumsi.

2. Sajikan dalam porsi kecil
Dengan kita menyajikan sayuran dalam porsi yang kecil kepada anak-anak. Hal tersebut cukup membantu dalam membiasakan mereka mengkonsumsi sayuran setiap harinya. Kecenderungannya, jika sesuatu yang tidak disukai terlihat banyak di hadapan mereka, maka anak-anak lebih memilih untuk menyisihkan dan tidak mengkonsumsi sayuran tersebut.

3. Kombinasikan dengan makanan lainnya
Cara yang ketiga agar anak suka makan sayur adalah dengan mengkombinasikan makanan mereka dengan bahan lainnya seperti lauk pauk yang mereka sukai. Cara tersebut cukup membantu dalam menarik minat anak-anak untuk suka makan sayur.

4. Buat inovasi penyajian
Pasalnya, anak-anak lebih tertarik mengkonsumsi makanan dengan bentuk karakter-karakter animasi yang lucu. Jadi jika anda ingin membantu anak anda untuk suka makan sayur, sebaiknya buatlah inovasi penyajian semenarik mungkin.

5. Berikan contoh
Cara yang terakhir ini sangat tepat untuk membantu anak anda untuk suka makan sayur. Notabene, perilaku yang muncul pada anak-anak merupkan hasil dari modeling yang mereka lakukan terhadap lingkungan sekitarnya. Artinya, jika orang tuanya selalu memberikan contoh makan sayuran setiap harinya, maka tidak menutup kemungkinan perilaku yang dicontohkan tersebut juga akan ditiru oleh anak-anak.

Dari kelima cara di atas, mungkin yang lebih dominan pengaruhnya agar anak suka makan sayur adalah nomer 1 dan 5. Dengan melibatkan anak dalam memilih sayuran yang mereka sukai, maka selain anak mendapatkan pengetahuan tentang manfaat dan jenis sayuran, mereka juga akan lebih antusias untuk menghabiskan sayuran yang mereka pilih sendiri. Selain dengan melibatkan mereka dalam memilih sayuran, memberikan contoh seperti pada ponint 5 juga dapat membantu merubah pandangan anak-anak terhadap sayuran, sehingga anak akan cenderung lebih antuasias untuk meniru perilaku yang dicontohkan.

Demikianlah informasi 5 cara tepat agar anak suka makan sayur yang dapat kami sajikan di situs buatinfo.com. semoga informasi ini dapat membantu kita semua untuk merubah pandangan anak-anak kita terhadap sayuran. Dan bisa membuat mereka lebih antusias lagi untuk mengkonsumsi sayuran yang notabene baik bagi kesehatan dan petumbuhan mereka.

0 komentar