Ketahui Manfaat Dibalik Mitos Makan Buah Salak Bagi Kesehatan

Buah salak

merupakan salah satu buah endemik Indonesia yang notabene memiliki iklim tropis. Di beberapa provinsi seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, sudah banyak di temukan budidaya buah yang satu ini. Manfaatnya pun beragam bagi kesehatan pria dan wanita yang lagi hamil. Namun demikian, adapula mitos yang beredar di kalangan masyarakt terkait dampak dari makan buah salak itu sendiri.

Buat Info - Ketahui Manfaat Dibalik Mitos Makan Buah Salak Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Salak

Pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan membahas tentang manfaat dibalik mitos makan buah salak bagi kesehatan. Mitosnya, makan buah salak dapat membuat fases menjadi keras dan berdampak pada peradangan di sekitar anus yang beresiko munculnya penyakit ambeien. Namun kenyataannya, makan buah salak manfaatnya hampir sama dengan buah lainnya, yaitu jika dikonsumsi dapat melancarkan buang air besar. Dan masih banyak manfaat lainnya seperti diantaranya:

1. Menjaga kesehatan mata
Dalam buah salak terkandung senyawa yang disebut dengan betakaroten. Dimana kadar kandungannya lebih besar 5 kali dari buah manga dan semangka. Betakaroten sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Jadi tidak heran jika kita sering-sering makan buah salak, mata kita akan terjaga kesehatannya.

2. Meningkatkan daya ingat
Selain kandungan betakaroten yang ada pada buah salak. Kandungan lainnya seperti Potassium dan Pektin yang mampu meningkatkan kinerja otak manusia, juga terdapat pada buah salak. Selain meningkatkan kinerja otak, potassium dan pektin juga dipercaya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kapasitas memory otak. Jadi, jika anda ingin memiliki daya ingat yang kuat, maka mengkonsumsi buah salak bisa menjadi solusi terbaik.

3. Menjaga stamina
Mengkonsumsi salak setidaknya satu kali dalam dua hari, mampu meningkatkan stamina tubuh anda. Hal itu disebabkan karena dalam buah salak terkandung zat-zat bermanfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral semuanya ada dalam buah salak. Dengan mengkonsumsi salak, setidaknya anda sudah membantu tubuh anda dalam memulihkan kondisinya.

4. Mengendalikan kadar gula darah
Bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi. Buah yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi, karena di dalam buah salak juga terkandung zat pterostilbene yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kulitnya pun bisa dijadikan alternatif pembuatan teh karena mampu meningkatkan pembaharuan sel pancreas.

5. Membantu proses diet
Sebagai mana yang tersebut di atas bahwa kulit salak bisa dijadikan alternatif dalam membuat teh, karena selain untuk pembaharuan sel pankcreas, teh dari kulit salak juga mampu mengurangi lemak buruk dalam tubuh kita. Antioksidan dan serat yang ada pada buah salak juga dibutuhkan pada saat melakukan program diet. Selain itu, kadar kalsium dan karbohidrat pada buah salak juga dapat mensuplai energi yang dapat mengimbangi makanan kita.

6. Menjaga dan merawat jantung
Bagi anda pecandu rokok, kopi, dan gorengan yang beresiko terserang gangguan kardiovaskular. Makan buah salak sangat dianjurkan karena kandungan potassium pada buah salak juga dapat menjaga kesehatan jantung anda. Jadi mengkonsumsi buah salak setiap harinya akan membantu menjaga dan merawat kesehatan jantung anda.

7. Merawat kehamilan
Seperti yang tersebut di atas bahwa buah salak juga bermanfaat bagi wanita hamil. Dimana diantaranya seperti menjaga kadar asam lambung dan menurunkan resiko anemia. Kecenderungannya, wanita yang sedang hamil lebih rentang mengalami mual dan darah rendah. Dengan mengkonsumsi buah salak mampu menjaga ketidak seimbangan hormone dalam tubuh yang notabene merupakan penyebab utama terjadinya gangguan asam lambung.

Dari informasi ketujuh manfaat di atas, tentunya sudah cukup menepis tentang mitos makan buah salak yang banyak dan sudah lama beredar di kalangan masyarakat. Buah salak hampir sama dengan buah yang lainnya yaitu sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun demikian, tentunya tidak baik juga jika mengkonsumsi buah salak dalam jumlah yang banyak. Karena apa pun bentuknya, yang berlebihan itu tentunya tidak baik. Jadi konsumsilah sewajarnya saja.

Demikianlah informasi tentang manfaat dibalik mitos makan buah salak bagi kesehatan yang dapat buatinfo.com sampaikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, agar upaya untuk menjaga kesehatan bisa terlaksana dengan maksimal.

7 komentar

  1. sama-sama mbak, semoga bermanfaat. terima kasih selalu berkenan mampir ke blog buatinfo.com... :)

    ReplyDelete
  2. buah salak memang enak, tp klo langsung ambil dari pohonya hati2. buahnya masih berduri gatal.

    jangan lupa ya kunjungi juga
    https://looperday.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul.... duri halusnya juga lumayan bikin nyeri.... :D

      siap gan....

      Delete
  3. Replies
    1. buatkan tutorial ngupas salak juga kang di channel YT.... :D

      Delete