Tidak Ingin Menyesal di Usia Tua?, Lakukan 11 Kegiatan ini di Usia Muda

Usia tua

merupakan masa yang penuh dengan kemunduran, baik dari segi fisik atau pun kesehatan. Mengingat di usia tua, seseorang memiliki kemampuan regeneratif yang bisa dibilang terbatas dan gampang sekali terserang penyakit.

Buat Info - Tidak Ingin Menyesal di Usia Tua?, Lakukan 11 Kegiatan ini di Usia Muda


Namun demikian, terdapat 11 kegiatan yang dapat dilakukan di usia muda untuk meminimalisir resiko kemunduran fisik dan kesehatan setelah menginjak usia tua. Jangan sampai anda menyesal di usia tua hanya karena mengabaikan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di usia muda tersebut. Adapun 11 kegiatan yang di maksud adalah sebagai berikut:

1. BANGUN DI PAGI HARI
Bangunlah jam 5 pagi atau sebelum matahari terbit, dan usahakan untuk membiasakan diri tidur di jam 22:30. Dengan melakukan ini, secara tidak langsung anda sudah bisa mengatur waktu dengan efisien selama seharian. Selain itu anda juga akan memiliki waktu untuk mempersiapkan diri untuk memulai aktifitas sehari-hari.

2. BERDOA
Berdoa bisa menjadi motivator diri sendiri untuk mencapai tujuan. Dengan terus membiasakan diri untuk berdoa, setidaknya anda sudah melakukan sugesti pada diri anda, bahwa tujuan anda akan dan harus tercapai. Selain berdo’a untuk diri sendiri, anda juga bisa mendoakan keluarga, rekan kerja, atau teman, agar dalam memulai sesuatunya menjadi positif.

3. OLAHRAGA
Seiring dengan bertambahnya usia, keinginan untuk olah raga akan berkurang. Jadi, mumpung anda masih muda, sebaiknya olahragalah selama 15 menit secara teratur. Olahraga bisa dilakukan di mana saja sesuai dengan keinginan anda, jadi tidak harus pergi ke tempat gym. Namun hal yang perlu diperhatikan pada saat akan memulai olahraga adalah harus melakukan peregangan otot-otot terlebih dahulu untuk menghidari cedera otot.

4. MEDITASI
Bermeditasilah selama 20 sampai 30 menit setiap hari. Jika aktifitas meditasi dilakukan secara teratur, ini akan bisa meningkatkan fokus. Manfaat yang bisa diperoleh melalui meditasi ini adalah dapat meningkatkan kesehatan pikiran, sehingga mengurangi resiko depresi akibat kegelisahan, dan anda juga bisa mengahadapi hal-hal yang berat dikemudian hari.

5. BERHENTI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA
Sosial media menjadi salah satu penyumbang anka prosentase resiko depresi di kalangan masyarakat, sebagaimana yang pernah ditulis oleh buatinfo.com pada artikel “Waspada Bahaya Media Sosial Sebagai Pemicu Depresi”. Jika anda benar-benar ingin mencapai sesuatu yang besar, berhentilah menggunakan sosial media. Sosial media dirancang secara khusus seingga bisa menarik minat banyak orang untuk menggunakannya. Namun, penyalahgunaan yang sering dilakukan pada saat menggunakan sosial media hanyalah membuat generasi kita semakin depresi dan menghambat kita mencapai tujuan.

6. BELAJAR
Minimal belajarlah selama 4 jam setiap hari yang berkaitan dengan bidang anda. Jika anda tidak bisa belajar 4 jam, kurangi lebih sedikit menjadi 2 jam. Jika masih tidak bisa, kurangi jadi 1 jam. Namun, jangan pernah belajar kurang dari 1 jam. Sebaiknya anda melakukan ini jika tidak ingin menyesal di kemudian hari dan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. JANGAN MENGGUNAKAN KEKERASAN
Jangan melakukan kekerasan kepada siapapun dengan alasan apapun. Pelajarilah hal ini sampai batas tertentu. Latihan ini akan membuat anda menjadi pribadi yang baru, yang lebih tenang dalam menyikapi segala sesuatunya.

8. SARAN
Jadilah pribadi yang selalu menerima saran dan jangan sekali-kali melakukan perdebatan dengan orang-orang yang memberikan saran kepada anda. Lakukanlah hal-hal yang benar dan memiliki dampak positif baik bagi anda dan lingkungan sekitar anda.

9. HORMAT
Pepatah lama yang mengatakan jika anda menanam kebaikan, maka anda juga akan menuai kebaikan pula. Itu pun juga berlaku pada bagaimana anda bersikap kepada orang lain. Jika anda memberi hormat, maka anda juga akan dihormati. Oleh karena itu, mulailah menghormati orang lain mulai dari menghormati orang tua, lansia,  bawahan, atasan, dan semua orang.

10. DENGARKAN
Ketika anda mendengarkan seseorang, jangan menilai mereka dari statusnya. Jika mereka mengatakan sesuatu, dengarkanlah mereka. Itu mungkin saja sesuatu yang berharga bagi anda. Namun jika dirasa perkataannya bukanlah hal yang penting, maka cukup dengarkan saja.

11. JANGAN MEROKOK DAN MINUM ALKOHOL
Kebiasaan merokok ataupun minum alkohol tentu akan memiliki dampak buruk, bukan hanya bagi kesehatan fisik anda, melainkan juga kesehatan mental anda. apapun situasinya, usahakan untuk tidak membiasakan diri dengan mengkonsumsi rokok atau pun alkohol.

Demikianlah beberapa tips kegiatan yang perlu dilakukan di usia muda, agar anda tidak menyesal kelak di usia tua. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat

6 komentar

  1. Mantap mas bermanfaat sekali infonya. Terima kasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali sudah mampir ke buatinfo.com. semoga informasi-informasi yang kami tulis dapat bermanfaat bagi semuanya.... :)

      Delete
  2. makasih tipsnay, menjaga pola makan juga kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali mbak,,,, betul sekali, selain menjaga gaya hidup, pola makan pun juga penting untuk dijaga..... :)

      Delete
  3. Olahraga, nggak pernah sama sama sekali sekarang😂, karena kalau sudah terlanjur lelah habis kerja, bawaannya mau langsung makan trus tidur aja😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibiasakan mulai dari sekarang mbak, agar kelak diusia tua badan tetap fit dan kesehatan tetap terjaga.... semangat terus mbak :)

      Delete