5 Usaha yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid 19

Buat Info - 5 Usaha yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid 19


Buatinfo.com - Penyebaran corona virus disease 19 atau biasa dikenal dengan covid 19 yang terjadi saat ini, cukup berdampak signifikan terhadap dunia usaha di dalam negeri. Terutama pada sektor korporasi, keuangan, dan UMKM. Pasalnya, dengan semakin banyaknya penyebaran covid 19 di Indonesia, mengharuskan pemerintah untuk mengambil langkah dengan memberlakukan kebijakan social distancing. Sehingga mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah dan tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dasarnya.

5 Jenis Usaha di Tengah Pandemi Covid 19

Namun, dibalik kekacauan yang diakibatkan covid 19, masih terdapat pula 5 sektor usaha yang mampu bertahan di tengah pandemic covid 19. Dimana dari 5 usaha tersebut diantaranya adalah:


1. Usaha Farmasi atau Alkes
Pada kondisi seperti saat ini, kebutuhan vitamin dan alat kesehatan seperti masker, thermo gun, hand sanitizer, cairan disinfektan, dan alat pelindung diri lainnya sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid 19. Maka tidak diragukan lagi jika jenis usaha yang satu ini masih bisa bertahan bahkan cenderung meningkat pendapatannya di tengah pandemi covid 19.

2. Usaha Pembuatan Jamu
Usaha yang satu ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan usaha farmasi dan alat kesehatan. Pasalnya, banyak penemuan yang menyebutkan bahwa beberapa bahan herbal seperti temu-temuan yang notabene merupakan bahan dasar dari pembuatan jamu, bisa juga digunakan sebagai penangkal virus corona covid 19, karena bahan-bahan tersebut disinyalir mampu meningkatkan sistem imun. Jadi tidak heran jika usaha ramuan tradisional ini bisa bertahan dan produknya banyak dicari pada kondisi seperti saat ini.

3. Usaha Telekomunikasi
Anjuran pemerintah untuk stay at home dan bekerja di rumah, sedikit banyak berimbas pada meningkatnya kebutuhan pulsa dan data internet untuk menunjang aktivitas seseorang secara online. Seperti yang banyak terlihat di beberapa perkantoran dan kampus-kampus di Indonesia sudah menjalankan aktivitasnya secara online, seperti meeting via online, dan kulyah online. Maka sudah dapat dipastikan jika usaha telekomunikasi ini merupakan 1 dari 5 usaha yang mampu bertahan di tengah gempuran pandemi covid 19.

4. Usaha Online Based Business
Bisnis berbasis online cakupannya cukup luas. Mengingat usaha yang satu ini merupakan kegiatan bisnis baik dalam bentuk penawaran jasa atau penjualan produk yang berbasis online seperti membuka jasa penerjemah, jasa web development, menjadi blogger seperti buatinfo.com, YouTuber, Trading Forex, dan bisnis fashion via online.
Akan tetapi ada beberapa bisnis berbasis online yang justru sedikit mengalami goncangan akibat pandemi covid 19, seperti jasa transportasi. Karena dengan diberlakukannya social distancing, maka jasa transportasi via online tidak disarankan mengankut orang demi keselamatan bersama.

5. Usaha Makanan Beku atau Tahan Lama
Kebutuhan pemenuhan hidup dasar seperti makanan tentu sangat dibutuhkan pada saat diberlakukannya social / physical distancing. Mengingat semua orang diminta untuk menahan diri tidak keluar rumah selama pandemi covid 19 ini berlangsung. Sehingga orang-orang akan lebih benyak menbutuhkan makanan beku atau tahan lama untuk persediaan di rumah masing-masing. Jadi tidak salah jika sektor usaha yang satu ini juga bisa bertahan di tengah serangan wabah corona.

Demikianlah informasi mengenai 5 usaha yang mampu bertahan di tengah pandemi covid 19 yang buatinfo.com dapat sampaikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sehingga mampu melihat peluang usaha yang dapat kita jalani di tengah merebaknya virus covid 19.

Tidak ada komentar untuk "5 Usaha yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid 19"

Berlangganan via Email