Cara Membedakan Penyakit ISPA, Influenza, dan Covid 19

Buat Info - Cara Membendakan ISPA, Influenza, dan Covid 19


Covid 19

merupakan satu dari sekian jenis virus Corona yang saat ini banyak menyerang beberapa Negara di belahan dunia, salah satunya Indonesia. Penyebaran virus Covid 19 terbilang sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis virus lainnya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kasus yang terjadi di Wuhan Cina, dan Negara lainnya seperti Itali. Yang mana jumlah pasien akibat virus ini bisa mencapai ratusan lebih dalam jangka waktu satu hari.

Virus Covid 19 disinyalir dapat menyerang saluran pernafasan manusia dengan beberapa tanda-tanda yang hampir sama dengan penyakit ISPA dan Influenza. Lantas bangaimana cara membedakan gejala atau tanda-tanda dari ketiga penyakit tersebut?. Untuk kesempatan kali ini, buatinfo.com akan memberikan informasi terkait cara membedakan penyakit ISPA, Influenza, dan Covid 19. Karena tentunya, dengan banyaknya kasus yang terjadi saat ini, banyak pula menimbulkan paranoid di kalangan masyarakat yang sedang mengalami atau melihat orang lain batuk pilek (Bapil).

Perbedaan ISPA, Influenza, dan Covid 19

Dan untuk mengetahui perbedaan penyakit ISPA, influenza, dan Covid 19 adalah dengan mengetahui terlebih dahulu gejala-gajala yang biasanya muncul akibat dari ketiga penyakit tersebut. Dimana gejala-gejala yang dimaksud adalah sebagai beriku:

ISPA
ISPA atau dikenal dengan infeksi saluran pernapasan atas merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus umum yang sering menyerang pernafasan manusia, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya virus ini cenderung lebih banyak menyerang manusia pada saat musim hujan tiba. Dan beberapa gejala flu biasa seperti:

- Hidung tersumbat
- Batuk
- Bersin-bersin
- Tenggorokan tidak nyaman gatal/sakit, dan

Adapun yang beresiko terserang virus ini adalah:
- Anak-anak
- Orang dewasa
- Wanita hamil, dan
- Orang dengan penyakit kronis

Penyembuhannya adalah dengan perbanyak minum air putih (hangat), dan istirahat yang cukup untuk membantu imun tubuh melawan infeksi akibat virus.

Influenza
Influenza sendiri hampir sama dengan ISPA yang disebabkan oleh virus RNA dan bersifat menular. Namun gejala yang nampak dan dirasakan oleh pasien penderita influenza lebih banyak dibandinkan dengan penyakit ISPA. Adapun gejala dari influenza sendiri diantaranya:

- Demam
- Batuk
- Hidung meler dan tersumbat
- Muntah-muntah
- Diare
- Badan terasa lemas / otot nyeri

Dan yang beriseko terserang virus ini diantaranya:
- Anank-anak
- Orang dewasa
- Wanita hamil
- Orang dengan penyakit kronis

Proses penyembuhan untuk penyakit influenza ialah dengan banyak minum air putih (hangat), istirahat yang cukup dan mengkonsumsi obat anti peradangan yang banyak dijual di apotek-apotek.

Covid 19
Virus terbaru yang akhir-akhir ini banyak menyerang manusia di berbagai negara adalah covid 19 yang merupakan salah satu dari sekitan jenis virus corona. Penyebaran virus ini hampir sama dengan penyakit-penyakit yang tersebut di atas, dan sama-sama menyerang pernafasan manusia. Namun covid 19 lebih cepat menyebar dan menular serta bisa berakibat fatal karena vaksin untuk penyakit ini belum ditemukan. Adapun gejala-gajal yang muncul dari Covid 19 adalah:

- Demam lebih dari 38 drajat Celsius
- Batuk-batuk
- Dahak kental
- Nafas tidak normal/cepat
- Anggota tubuh lemas
- Diare
- Nyeri sendi, dan
- Sesak nafas

Yang berisiko terjankit virus covid 19 ini diantaranya:
- Orang lanjut usia
- Orang dengan penyakit kronis, seperti liver, diabet, jantung, dll
- Balita di bawah usia 1 tahun

Mengingat covid 19 belum ditemukan vaksin penyembuhannya. Maka, untuk Proses penyembuhan penyakit ini lebih disarankan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah (Stay at home), lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sering-sering cuci tangan atau bisa dengan menggunakan hand sanitizer, berolahraga,  istirahat yang cukup, konsumsi vitamin, dan berfikir positif.

Namun demikian, ada beberapa hasil penelitian terhadap rempah-rempah yang dilakukan sejalan dengan adanya pandemic covid 19 ini, yaitu diketahui bahwa mpon-mpon atau temu-temuan seperti temulawak, jahe, dan kunir dapat menangkal virus covid 19 sebagai ikhtiar penyembuhan. Oleh karena itu, demi ikhtiar penyembuhan dan pencegahan tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi temu-temuan seperti yang tersebut di atas.

Demikian informasi mengenai cara membedakan penyakit ISPA, Influenza, dan Covid 19. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan bagi kita semua, agar tumbuh kesadaran diri untuk tetap tenang dalam mengahadapi wabah pandemic covid 19, dan stay at home demi keselamatan kita semua.

6 komentar untuk "Cara Membedakan Penyakit ISPA, Influenza, dan Covid 19"

  1. makasih infonya gan, bermanfaat banget buat ngebedainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali gan.... semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama2 mbak Tira... semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat. terima kasih karena sudah mampir ke blog buatinfo

      Hapus
  3. Terbaik, saatnya back to nature, konsumsi rempah-rempah warisan leluhur. Indonesia kaya akan tanaman obat dan rempah-rempah. Itulah kenapa dulu Belanda, Portugis dan Jepang menjajah IndonesiašŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupsss betul..... hablum minal alam. Gali potensi alam kita karena disitu yang membedakan kita dengan Negara lain. Keep calm, cukup konsumsi rempah2 di sikitar untuk ikhtiar mencari sehat.

      Hapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email