Tips Mengatasi Ke”GABUTAN” yang Hakiki di Tengah Pandemi Covid 19

Buat Info - Tips Megantasi Ke"Gabutan" yang Hakiki di Tengah Covid 19

Buatinfo.com - Pemberlakukan Pembatasan Social Skala Besar (PSBB) sudah banyak di terapkan di beberapa wilayah di Indonesia. Mulai dari DKI Jakarta sampai mengekor ke beberapa wilayah lainnya seperti Sumatra, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang juga sudah mulai mengajukan pemberlakuan PSBB demi memutus rantai penularan covid 19.


Pembatasan social skala besar (PSBB) tentu akan berdampak pada menurunnya aktifitas orang-orang di luar rumah. Sehingga mereka harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dari pada di luar. Kondisi yang demikian tentu dapat memicu rasa bosan atau bahasa anak muda sekarang “kegabutan yang hakiki” karena tidak adanya kegiatan dalam waktu yang lama. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan menyebabkan fikiran kosong dan mudah sekali dimasuki oleh fikiran-fikiran bersifat negatif yang notabene merusak diri sendiri.


Lantas, bagaimana agar kita tidak sampai mengalami kegabutan pada saat mengahadapi implementasi PSBB?. Pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan memberikan tips cara mengatasi kegabutan yang hakiki di tengah pandemi covid 19 dengan beberapa kegiatan positif.


Kegiatan Mengatasi KeGabutan yang Hakiki



1. Menulis

Bagi sebagian orang, menulis merupakan cara tepat untuk mengalihkan rasa bosan di tengah pandemi covid 19. Khususnya bagi mereka yang terjun dalam dunia blogging, berdiam diri di rumah merupakan kesempatan emas untuk menghabiskan waktunya untuk menulis artikel di blog mereka. Dengan begitu kegabutan tidak akan dirasakan karena sudah teralihkan ke kegiatan yang positif.


2. Membuat konten video

Biasanya kegiatan yang satu ini banyak dilakukan oleh para YouTuber dan beberapa artis Indonesia dalam mengatasi kegabutan hakiki. Tidak kehabisan akal, meskipun mereka harus stay at home, kreatifitas mereka dalam membuat konten video tidak kalah menarik dari sebelum diberlakukannya PSBB. Contoh misal seperti salah satu YouTuber dengan channel Youtubenya “Cerita Papa Una”. Meski menghadapi himbauan social distancing, beliau masih bisa membuat konten YouTube yang unik di dalam rumah. Alih-alih takut corona, beliau malah nginterview itu virus yang bikin semua orang panik. Tapi sayangnya channel tersebut seperti sekarang dalam kondisi suspended.


3. Membaca buku

Semua orang pasti menyadari bahwa aktifitas membaca memiliki dampak yang positif bagi kehidupan. Mengingat buku merupakan pintu awal pengetahuan. Jadi tidak heran jika ada sebagian dari mereka yang memilih membaca buku dalam menyiasati kegabutan pada saat kebijakan stay at home di berlakukan.


4. Ngobrol santai dengan keluarga

Pemberlakuan stay at home dan PSBB di tengah pandemi covid 19 ini membawa hikmah tersendiri bagi sebagian orang. Pada saat sebelum corona ini muncul, kita lebih sering menghabiskan waktu kita untuk bekerja di luar rumah. Sampai-sampai kebutuhan komunikasi dengan keluarga terlupakan. Namun, setelah kemunculan wabah corona dan pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB, waktu kita lebih banyak untuk keluarga dan kita bisa memperkuat ikatan emosional dengan keluarga melalui komunikasi. Selain bisa mempererat ikatan emosional dengan keluarga, kegiatan ngobrol santai ini juga bisa menghilangkan kegabutan dikala menikmati pembatasan sosial berskala besar.


5. Olahraga

Kegiatan yang terakhir ini memang harus dilakukan dalam kondisi seperti sekarang ini. Selain untuk mengatasi kegabutan, olahraga juga bisa membuat imunitas tubuh tetap terjaga. Sehingga tidak gampang sakit dan terserang virus corona. Olahraga bisa dilakukan dimana saja, baik di dalam rumah atau pun di luar seperti halaman rumah.


Jadi intinya, dengan mulai diberlakukannya PSBB di berbagai wilayah di Indonesia. Kita jangan sampai hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktifitas apapun. Karena yang demikian itu dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik kita sendiri. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif seperti 5 kegiatan yang tersebut di atas, agar fikiran kita tetap positif dan bisa melewati wabah pandemi covid 19 ini dengan tenang.


Demikianlah informasi tentang tips mengatasi kegabutan yang hakiki di tengah pandemi covid 19, yang dapat buatinfo.com berikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, agar kita tetap selalu dalam keadaan sehat. Stay at home and be positive.

2 komentar untuk "Tips Mengatasi Ke”GABUTAN” yang Hakiki di Tengah Pandemi Covid 19"

Posting Komentar

Berlangganan via Email