5 Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Buat Info - 5 Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Buatinfo.com - Memiliki tubuh ideal tentunya menjadi dambaan bagi semua orang, khususnya kaum hawa. Segala cara akan dilakukan demi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai dengan yang diinginkan. Makanya tidak heran jika kelebihan berat badan menjadi salah satu “beban” hidup bagi sebagian kaum hawa. Sehingga sebagian dari mereka berlomba-lomba menurunkan berat badan dengan melakukan program diet.

Namun sayangnya, dari beberapa program diet yang dijalankan tidak melulu berakhir dengan hasil yang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan ketidak pahaman mereka, khususnya pemula dalam melakukan program diet yang benar.


Disadari atau tidak, berfikir keras untuk menurunkan berat badan, justru sedikit banyak telah mensugesti diri anda untuk makan lebih banyak dari sebelumnya, dan memicu hal-hal yang bertentangan dengan program diet Anda. Percaya atau tidak, yang pasti hal tersebut terbukti dan menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan program diet yang dilakukan.

5 Kesalahan Diet


Selain faktor yang tersebut di atas, terdapat 5 kesalahan yang juga menjadi faktor kegagalan program diet yang dijalani. Dimana 5 kesalah diet tersebut akan kita bahas di bawah ini:

1. Menginginkan hasil instan

Sebagian besar pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan menjalani program diet, selalu menginginkan hasil yang instan tanpa menikmati prosesnya. Kecenderungannya, jika terlalu terburu-buru mengejar hasil, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan maka program diet dijalani akan berhenti di tengah jalan.

2. Melupakan sarapan

Kesalahan diet yang kedua yang sering dilakukan oleh pemula adalah melupakan sarapan. Alih-alih ingin mengurangi asupan makanan, sehingga mereka menolak untuk sarapan. Padahal, sarapan diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi jika kita sering melewati sarapan, justru itu akan memicu tubuh cepat Lelah dan mudah lapar. Jika sudah lapar, semua makanan akan mudah masuk dan program diet pun akan gagal.

3. Menghindari makanan mengandung karbohidrat

Banyak dari pemula yang berasumsi bahwa dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat akan menaikkan berat badan mereka. Sehingga mereka memilih untuk tidak makan nasi. Padahal dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, justru akan membuat perut lebih mudah lapar. Mengingat karbohidrat sendiri merupakan aspek penting dalam metabolisme tubuh manusia.

4. Mengkonsumsi kalori cair dan kurang air putih

Sering kita jumpai orang-orang yang menjalani program diet lebih banyak mengkonsumsi buah namun lupa untuk minum air putih. Padahal segelas air putih dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 90 kalori dalam tubuh. Dan ironisnya lagi, perilaku yang demikian tidak diimbangi dengan hitungan jumah kalori yang ada pada jus buah. Jus buah memang menyehatkan, namun jika jumlah kalorinya tidak dihitung, maka sama saja dengan mundur pelan-pelan dari program diet.

5. Hanya mengkonsumsi snack sehat

Kesalahan yang ke 5 yang sering dilakukan oleh pemula adalah hanya mengkonsumsi snack sehat yang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun tidak memikirkan mengenai kandungan kalori yang ada pada snack tersebut. Pasalnya, kadar gula yang ada pada snack sehat lumayan cukup tinggi. Sehingga jika tidak diimbangi dengan snack sehat lainnya seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, maka program diem yang dijalani akan gagal total alias zonk…

Kesimpulannya bahwa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula pada saat menjalani program diet adalah tidak menghitung jumlah asupan kalori yang ada pada makanan yang mereka konsumsi. Sehingga program diet yang dijalani tidak mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai yang diinginkan. Finally, program yang dijalani berhenti di tengah jalan.

Demikianlah informasi tentang 5 kesalahan diet yang sering dilakukan oleh pemula. Semoga apa yang menjadi informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang sedang atau akan menjalani program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Jangan lupa SHARE dan COMMENTNYA, karena berbagi itu indah.

4 komentar untuk "5 Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan Oleh Pemula"

  1. makasih sharingnya, kalau aku hanay mnegurangi porsi makan saja dan banyak makan buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali Mbak Tira... jangan lupa konsumsi juga makanan yang mengandung karbohidrat agar perut tidak mudah lapar.

      Hapus
  2. Bener banget, saya pernah diet dengan tidak sarapan tapi hasilnya malah jadi mudah sekali lapar di siang hari dan tidak konsen bekerja. Jadi sekarang sih mencoba mengurangi porsi makan, mengurangi makanan dan minuman gula, serta makan makanan yang banyak mengandung serat dan minum air mineral. Walau ngga menurun drastis tapi BB stabil hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini bisa belajar dari pengalaman.... sarapannya jangan sampai dilupakan lagi loh mbak, agar tubuh siap menjalani aktivitas sehari-hari dan tidak mudah lapar lagi. samagat terus dan semoga berhasil program dietnya...

      Hapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email