Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Menurut Islam

Buat Info - Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Menurut Islam

Menjaga keharmonisan keluarga

dalam bahtera rumah tangga memang bukan suatu perkara yang mudah. Karena dalam setiap perjalanannya tentu akan ada batu rintangan yang harus dilewati, sehingga akan sangat diperlukan yang namanya kesabaran dan kesetian dari masing-masing pasangan.

Keharmonisan keluarga dalam rumah tangga bisa dilihat dari sejauhmana dua insan yang hidup dalam satu bingkai rumah tangga mampu melewati semua ujian, sampai mencapai taraf kesempurnaan rumah tangga. Dan taraf kesempurnaan rumah tangga ini dalam Islam dikenal dengan keluarga yang Sakinah, mawaddah, warahmah.


Lantas, bagaimana caranya agar dua insan yang terikat dalam suatu pernikahan bisa mencapai taraf kesempurnaan rumah tangga dan menjadi keluarga yang harmonis?. Rosulullah SAW, telah mengajarkan kepada kita semua, bagaimana cara bertindak dan bersikap dalam menjaga keharmonisan rumah tangga, yaitu dengan selalu meluangkan waktu untuk keluarga dan menuntun keluarga ke jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.


Dan pada kesempatan kali ini, koneksi informasi sebagai wadah beragam informasi akan memberikan tips cara mempertahankan keharmonisan keluarga menurut Islam, yang nantinya bisa kita terapkan ke dalam kehidupan rumah tangga kita semua. Apa saja tipsnya?, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Selalu melibatkan Allah SWT dalam segala hal yang kita lakukan di dunia, tentu akan menuai keberkahan dan kebaikan bagi kita semua. Termasuk juga dengan hubungan keluarga. Jika kita menjalin suatu hubungan rumah tangga atas dasar mencari keridhoan Allah SWT, maka keluarga kita senantiasa akan menjadi keluarga yang Sakinah, mawaddah, warohmah.

2. Saling terbuka satu sama lain

Keterbukaan satu sama lain dalam sebuah hubungan rumah tangga akan menguatkan kepercayaan satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak akan ada lagi yang namanya curiga mencurigai yang pada akhirnya berujung pada pertengkaran. Rumah tangga yang dibangun denga berlandaskan kepercayaan, tentu akan mampu mempertahankan keharmonisa dalam keluarga.

3. Saling memafkan satu sama lain

Tips ketiga dalam upaya mempertahankan keharmonisa kaluarga adalah dengan membangun budaya maaf memaafkan dalam rumah tangga. Memang tidak mudah untuk membiasakan diri dan pasangan kita untuk melakukan kebiasaan maaf memaafkan, mengingat secara substansi manusia bukan hanya berisikan akal saja, melainkan juga nafsu. Jadi kuncinya untuk membiasakan budaya maaf memaafkan dalam rumah tangga, kita harus bisa menahan nafsu (emosi) kita demi terciptanya keluarga yang harmonis.

4. Mencari penyelesaian masalah bersama

Ini yang sering dilupakan oleh sebagian pasangan, baik yang baru menikah ataupun yang sudah lama menjalin hubungan rumah tangga. Terkadang, dengan alasan tidak ingin merepotkan atau membebani pasangan kita dengan masalah yang sedang dihadapi. Kita cenderung memendam masalah kita sendiri. Justru yang demikian ini memiliki dampak negatif terhadap keharmonisan rumah tangga. Seperti yang tersebut pada point di atas bahwa keterbukaan satu sama lain itu sangat dibutuhkan dalam mempertahankan keharmonisan keluarga. Jadi mulai sekarang, sebaiknya kita terbuka dengan pasangan dan lakukan diskusi pendek dengan pasangan untuk mencari penyelesaian bersama.


Jadi pada dasarnya mempertahankan keharmonisan rumah tangga tidaklah susah. Yang susah itu hanya jalan fikiran kita dalam melihat dan menilai segala sesuatunya. Mulai sekarang, ada baiknya jika kita merubah cara melihat dan menilai segala sesuatunya dengan baik, dan apalagi jika kita mampu menerapkan 4 point di atas dalam menjalani bahtera rumah tangga, maka bukan tidak mungkin lagi keharmonisan keluarga akan tetap terjaga seutuhnya.

Demikianlah informasi mengenai tips mempertahankan keharmonisan rumah tangga menurut Islam. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah mawaddah wa rohmah sebagaimana rumah tangga Baginda Nabi Muhammad SAW. Jangan lupa share dan commentnya karena berbagi itu indah.

4 komentar untuk "Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Menurut Islam"

Posting Komentar

Berlangganan via Email