Kesiapan Psikologis Dalam Menghadapi New Normal Life

Buat Info - Kesiapan Psikologis Dalam Menghadapi New Normal Life

Buatinfo.com - Merebaknya wabah virus covid 19, tentu memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap tatanan masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, dengan adanya pandemi covid 19 ini masyarakat diharuskan melakukan semua aktivitasnya di dalam rumah sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Area publik seperti mall, masjid, sekolah-sekolah, dan tempat ramai lainnya yang disinyalir beresiko menjadi tempat penyebaran virus, ditutup sampai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, penggunaan alat pelindung diri seperti masker pun juga disarankan oleh pemerintah dalam upaya memutus rantai penularan.

Segala bentuk protokol kesehatan, seperti yang tersebut di atas. Tentunya merupakan kebiasaan baru di tengah Masyarakat yang nantinya akan membentuk tatanan baru yang kita kenal dengan new normal life dalam kehidupan Manusia untuk selanjutnya.

Tahapan Psikologis Menghadapi New Normal

Kebiasaa-kebiasaan baru yang sudah dijalani dari sejak awal munculnya wabah pandemi covid 19, seperti penggunaan masker, menjaga kebersihan badan khususnya tangan, dan beraktivitas di rumah merupakan implementasi protokol kesehatan yang harus dijalani oleh semua orang.

Tentunya kebiasaan yang baru tersebut memunculkan beragam tanggapan dari semua lapisan masyarakat. Mengingat tidak mudah untuk meninggalkan kebiasaan lama dan menggantinya dengan yang baru.

Dalam upaya menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru dalam tatanan hidup Manusia. Terdapat 4 tahapan psikologis yang harus mereka lewati dalam menghadapi new normal life tersebut. Dimana diantaranya adalah pengenalan, penerimaan, adaptasi, implementasi.

1. Tahapan Pengenalan
Seperti yang tersebut di atas bahwa tidak mudah mengganti kebiasaan lama dengan kebiasaan yang baru. Jadi setiap orang akan berusaha untuk mengenal terlebih dahulu segala sesuatu tentang kebiasaan baru yang harus mereka jalani. Baik itu tujuannya atau pun feed backnya bagi kehidupan mereka. Namun perlu diwaspadai bahwa pada tahapan awal ini rentan sekali terjadinya kesalahan paradigma akibat dari kesalahan informasi yang diterima. Jadi pilihlah dan baca berita dari sumber yang terpercaya, agar tidak salah mempersepsikan segala sesuatunya.

2. Tahapan Penerimaan
Setelah tahapan pengenalan telah dilakukan, dan mereka tahu bahwa new normal life tersebut berdampak positif bagi kelangsungan hidup mereka. Maka akan terbentuk tahapan penerimaan sebagai respon terhadap tatanan baru yang harus mereka jalani tersebut. Jadi jika ada yang mengeluarkan respon penolakan terhadap protokol kesehatan new normal life, kecenderungannya mereka belum melewati tahapan psikologis pertama, yaitu pengenalan.

3. Tahapan Adaptasi
Tahapan Psikologis berikutnya dalam menghadapi new normal life adalah tahap adaptasi. Sama halnya dalam menghadapi lingkungan baru. Kebiasaan baru atau new normal life pun juga membutuhkan tahapan adaptasi. Notabene, orang yang tidak biasa melakukan kebiasaan baru seperti cuci tangan, selalu menggunakan masker, dan protokol kesehatan lainnya. Tentu akan merasa risih, ribet, dan lain sebagainya. Namun dengan proses adaptasi ini, nantinya akan membawa mereka pada kondisi terbiasa dengan kebiasaan atau tatanan hidup yang baru.

4. Tahapan Implemetasi
Tahapan yang terakhir dalam persiapan menghadapi new normal life adalah tahapan implemetasi. Jika ketiga tahapan di atas telah dijalankan, maka segala bentuk tatanan baru dalam kehidupan Manusia akan mulai diterapkan.

Perubahan demi perubahan tentunya akan terjadi dalam kehidupan Manusia. Begitu juga dengan tatanan lama akan terganti dengan tatanan baru yang kita sebut sebagai new normal life. Mungkin, kondisi saat ini mengharuskan kita untuk menghadapai new normal dengan segala bentuk protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penularan covid 19. Namun perubahan itu tidak hanya berhenti disitu saja, karena tentunya akan muncul new normal berikutnya dalam kehidupan manusia dan kembali memulai tahapan-tahapan psikologis seperti yang tersebut di atas.

Demikianlah informasi tentang kesiapan psikologis dalam menghadapi new normal life. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam menghadapi dan memulai tatanan baru dalam kehidupan kita. Jang lupa Share dan Commentnya, karena berbagi itu indah.

3 komentar untuk "Kesiapan Psikologis Dalam Menghadapi New Normal Life"

  1. Terima kasih kembali Mbak Tira..... semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Semoga dengan new normal ini masyarakat bisa menghadapi tingkatan2 sikologis tersebut

    BalasHapus

Posting Komentar