Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Lipstik Palsu Bagi Penampilan dan Kesehatan

Buat Info - Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Lipstik Palsu Bagi Penampilan dan Kesehatan

Buatinfo.com - Dalam upaya menjaga penampilan agar tetap terlihat cantik dan menarik. Banyak sebagian besar perempuan menggunakan alat-alat kosmetik sebagai sarana penunjang penampilan mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan lipstik.

Bagi sebagian besar perempuan, lipstik menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki dan bisa dibawa kemanapun. Lipstik biasanya digunakan sebelum, pada saat, dan setelah melakukan aktivitas. Makanya tidak heran jika lipstik menjadi barang wajib kaum perempuan yang harus dibawa kemana-kemana karena harus dipakai berulang kali setiap hari.

Namun apakah sudah diketahui bahwa terdapat dampak buruk pada penggunaan lipstik, jika lipstik yang digunakan merupakan lipstik palsu? Diketahui bahwa lipstik palsu banyak mengandung timbal dan merkuri. Dimana kedua bahan tersebut notabene mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh manusia dan tidak boleh dimasukkan ke dalam kosmetik sebagaimana ketentuan BPOM. Karea jika digunakan terus menerus dalam jumlah yang banyak, kedua kandungan tersebut akan memicu terjadinya gangguan pada fungsi organ, dan fatalnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Selain kedua bahan yang tersebut di atas. Terdapat pula toksisitas bahan lain yang diketahui juga terkandung pada lipstik palsu, seperti Kadmium, Triklosan, Retynil palmitate dan Ftalat yang notabene merupakan bahan berbahaya dan memiliki dampak buruk bagi penampilan dan kesehatan Anda.

Jadi akan sangat penting untuk mengetahui cara membedakan lipstik asli dan palsu, agar dapat menyelamatkan penampilan dan kesehatan Anda dari bahan-bahan berbahaya yang terkandung pada lipstik palsu. Lantas apa saja dampak buruk dari lipstik palsu? Pada kesempatan kali akan kita bahas bersama, buat tambahan informasi bagi kita semua khususnya kaum perempuan.

Dampak Buruk Akibat Penggunaan Lipstik Palsu


Terdapat beberapa dampak buruk yang bisa timbul akibat dari penggunaan bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam lipstik palsu, baik dari segi penampilan maupun kesehatan. Dimana diantaranya adalah:

1. Bibir menghitam
Dampak buruk pertama akibat dari penggunaan lipstik palsu adalah bibir menjadi hitam. Hal tersebut dikarenakan adanya endapan pigmen dalam jangka waktu yang lama. Sehingga membuat bibir berubah warna menjadi hitam.

2. Alergi
Untuk kasus yang satu ini mungkin sering terjadi dan dialami oleh hampir beberapa perempuan pada saat menggunakan lipstik. Biasanya, alergi tersebut disebabkan oleh ketidak siapan sistem kekebalan tubuh dalam menerima bahan-bahan kimia yang terkandung pada lipstik palsu.

3. Gangguan reproduksi
Diketahui bahwa pada lipstik palsu terkandung juga bahan berbahaya yang dapat mengganggu reproduksi wanita. Dimana bahan tersebut adalah retinyl palmitate yang merupakan bahan berbahaya dan tidak disarankan dipakai oleh ibu hamil.

4. Kanker dan gagal ginjal
Timbal diketahui merupakan timah hitam dalam bentuk logam berat yang bersifat toksit. Jika bahan berbahaya ini digunakan terus menerus dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu kerusakan fungsi organ seperti ginjal, tulang, dan bisa juga memicu penyakit kanker.

5. Penyakit Parkinson
Selain timbal yang terkandung pada lipstik palsu, terdapat pula bahan berbahaya lain seperti mercuri. Sama dengan timbal, merkuri jika digunakan dalam jumlah yang banyak akan memicu kerusakan kulit dan gangguan saraf seperti Parkinson.

So, itulah beberapa dampak buruk yang bisa timbul akibat dari penggunaan lipstik palsu yang perlu kita ketahui. Agar penampilan dan kesehatan kita tetap terjaga, mulai sekarang pinter-pinterlah dalam memilih alat kosmetik untuk menunjang penampilan Anda setiap harinya. Jangan sampai tertipu dengan harga yang murah, karena kualitas barang tentunya tergantung dari harga yang harus kita keluarkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Lipstik Palsu Bagi Penampilan dan Kesehatan"

  1. Waduh, para wanita perlu hati-hati ini. Tentu juga para suami, yang barangkali membelikan lipstik untuk istrinya.

    BalasHapus
  2. Betul sekali mas,,, sebaiknya berhati-hati dalam memilih kosmetik. lebih baik ngeluarin uang dari pada penampilan dan kesehatan jadi taruhannya. terima kasih sudah mampir

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email