Syarat-syarat yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar Pada Saat Melamar Kerja

Buat Info - Syarat-syarat yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar Pada Saat Melamar Kerja

Buatinfo.com - Memperoleh pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkan, tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Khususnya bagi mereka yang baru lulus dari jenjang pendidikan baik SMA atau pun Kuliah. Tapi sayangnya, jalan menuju sebuah pencapaian tidak semudah yang dibayangkan. Mengingat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan tidak sedikit dan tak seimbang dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Serta sistem seleksi karyawan di setiap perusahaan cukup ketat, mulai dari pemeriksaan berkas-berkas lamaran sampai dengan proses interview.

Melihat kondisi seperti yang tersebut di atas. Dimana ketersediaan lapangan kerja tidak cukup bisa menampung mereka yang sedang membutuhkan pekerjaan dan ketatnya sistem seleksi karyawan. Maka penting bagi pelamar untuk mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan dengan cara mengetahui syarat-syarat yang harus dimiliki pada saat melamar pekerjaan. Lantas apa saja syarat-syaratnya?. Pada kesempatan kali ini koneksi informasi akan berbagi informasi buat info tambahan bagi kita semua, khususnya mereka yang berstatus job seeker.

Syarat-syarat Melamar Kerja


1. Surat Lamaran Berikut CV Lengkap
Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan, baik itu melamar pekerjaan ke perusahaan milik negara atau pun swasta. Tentu syarat awal yang harus Anda persiapkan adalah surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa formal dan tidak banyak basa-basi. Selain itu, sertakan juga CV lenkap yang berisi informasi tentang diri Anda, seperti identitas lengkap sesuai dengan KTP, pengalaman (jika pernah bekerja), jenjang pendidikan yang sudah ditempuh, dan soft skill dan hard skill yang dimiliki.

2. Lampiran Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
Dalam upaya menyakinkan perusahaan yang dilamar bahwa Anda telah menempuh jenjang pendidikan seperti yang tertulis di CV yang Anda buat. Sebaiknya Anda melampirkan foto copy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir sebelumnya. Mengingat lampiran foto copy ijazah ini menjadi salah satu syarat kelengkapan untuk melamar kerja.

Selain lampiran foto copy ijazah, lampirkan juga transkip nilai yang sudah dilegalisir guna memberikan kesempatan kepada HRD untuk melihat kemampuan akademis Anda. Sehingga HRD punya acuan tempat kerja mana yang laiak untuk Anda tempati nantinya.

3. Lampiran Foto Copy Piagam dan Sertifikat Pelatihan
Sama halnya dengan foto copy ijazah. Untuk kelengkapan berkas lamaran, Anda juga perlu melampirkan foto copy piagan dan sertifikat pelatihan sebagaimana yang Anda tulis di CV Anda. Namun jika Anda belum memiliki piagam dan pengalaman pelatihan, maka Anda tidak perlu menulis informasi tersebut di CV Anda. Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk melampirkan berkas yang dimaksud sebagai penunjangnya.

4. Lampiran SKCK
Setiap perusahaan tentunya menginginkan kandidat yang tidak pernah memiliki keterlibatan dengan urusan kriminalitas. Sehingga penting bagi Anda untuk melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada surat lamaran yang Anda buat.

5. Lampiran Surat Keterangan Sehat
Sama halnya dengan SKCK. Perusahaan juga menginginkan calonnya karyawannya tidak memiliki Riwayat penyakit berbahaya yang dapat mengganggu aktivitas di tempat kerja. Sehingga beberapa perusahaan mengharuskan adanya surat keterangan sehat dari dokter sebagai syarat yang harus dimiliki oleh pelamar untuk melamar kerja.

6. Lampiran Foto Terbaru
Untuk menambah keakuratan data diri Anda, maka Anda perlu melampirkan foto diri yang terbaru. Pas foto harus disertakan dengan berbagai alternatif ukuran, tergantung permintaan. Namun umumnya perusahaan mensyaratkan pas foto ukuran  3×4 dan 4×6.

7. Lampiran Foto Copy Identitas
Syarat-syarat lain yang harus disiapkan oleh pelamar sebelum melamar kerja adalah foto copy identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan KK. Yang mana data tersebut dibutuhkan untuk menyakinkan perusahaan bahwa identitas pada surat lamaran yang Anda buat adalah betul, sesuai dengan data diri yang tercatat di instansi pemerintahan.


Demikianlah informasi tentang Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh pelamar sebelum melamar kerja. Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui syarat-syarat yang harus Anda lengkapi sebelum melamar pekerjaan. Agar pada seleksi awal Anda tidak mengalami kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang laiak. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Syarat-syarat yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar Pada Saat Melamar Kerja"

Posting Komentar