Ketahui Fakta Unik Tentang Penulisan CV Tulis Tangan

Buat Info - Ketahui Fakta Unik Tentang Penulisan CV Tulis Tangan


Curriculum Vitae atau CV

memiliki dampak yang cukup besar dalam proses seleksi karyawan. Mengingat curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan istilah CV merupakan salah satu syarat umum yang harus dimiliki oleh pelamar kerja pada saat melamar pekerjaan yang diinginkan.

[Baca Juga: Syarat-syarat yang Harus Dimiliki Pelamar Pada Saat Melamar Kerja]

Saking pentingnya, banyak asumsi yang muncul dari sebagian besar pelamar tentang cara penulisan CV yang baik dan benar. Ada yang mengatakan bahwa penulisan CV dengan tulis tangan lebih simpel dan hemat, dapat menunjukkan kepribadian, terlihat memiliki usaha yang keras, dan lebih mudah dibuat kapan saja.


Dari beberapa anggapan yang tersebut di atas. Kali ini koneksi informasi akan berbagi informasi tentang fakta unik di balik penulisan CV tulis tangan, buat tambahan info bagi kita semua khususnya para pelamar kerja yang saat ini sedang mencari pekerjaan yang diinginkan.


Fakta CV Tulis Tangan

Seperti yang tersebut di atas, dimana tidak sedikit dari pelamar yang beranggapan bahwa penulisan CV dengan tulis tangan lebih menarik minat HRD untuk membacanya. Apakah betul demikian? Mari kita kupas bersama beberapa anggapan tersebut berikut fakta uniknya.


1. Lebih simpel dan hemat

Memang pada dasarnya CV yang ditulis dengan tangan terlihat lebih simpel dan hemat karena tanpa harus pergi ke warnet dan tempat jasa print yang notabene membutuhkan biaya. Namun faktanya, CV yang ditulis dengan menggunakan tangan memiliki kecenderungan data yang tidak lengkap dan menyebabkan HRD tidak mendapatkan informasi tentang si pelamar yang sebenarnya. Selain itu, jika terdapat kesalahan dalam penulisan maka tidak bisa direvisi. Sehingga terkesan buang-buang kertas (biaya).


2. Menunjukkan kepribadian

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa CV yang ditulis dengan menggunakan tangan dapat menunjukkan kepribadian si pelamar. Tulisan yang rapi dan lengkap diasumsikan sebagai representasi pribadi yang baik dan teliti. Namun faktanya, tulisan yang rapi tidak sepenuhnya menggambarkan bahwa si penulis merupakan orang yang baik, karena penilaian tulisan tidak hanya dari faktor kerapihan saja, melainkan juga setiap goresan pada tulisan memiliki arti sendiri-sendiri. Seperti misal ketebalan tulisan, garis-garis pada tulisan, dan penekanan pada setiap tulisan. Jika kerapihan dianggap dapat merepresentasikan pribadi yang baik dan teliti, maka pelamar yang membuat CV dengan cara diketik tentunya lebih baik dan teliti karena CV yang diketik lebih rapi dibandingkan dengan yang ditulis tangan.


3. Terlihat memiliki usaha yang keras

Sebagian besar pelamar meyakini bahwa menulis CV dengan tangan akan menjadi point plus bagi mereka karena terlihat memiliki usaha yang cukup keras dalam melamar pekerjaan yang diinginkan. Namun faktanya, baik menulis CV dengan tangan atau pun ketik sama-sama memiliki usaha yang cukup keras. Bahkan menulis CV dengan ketik cenderung membutuhkan usaha yang lebih besar karena harus memiliki modal yang cukup besar dan skill yang memadai.


4. Mudah dibuat kapan saja

Betul memang membuat CV dengan tulis tangan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menggunakan bantuan komputer dan jasa print. Jadi jika sewaktu-waktu ada informasi lowongan kerja bisa langsung membuat CV. Namun faktanya, dibalik kemudahan tersebut perlu diketahui bahwa penulisan CV dengan terburu-buru beresiko banyak kesalahan dan tidak bisa direvisi.


Demikianlah informasi fakta unik tentang penulisan CV dengan tulis tangan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang membutuhkan pekerjaan. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Ketahui Fakta Unik Tentang Penulisan CV Tulis Tangan"

  1. tapi jaman sekarang file cv bisa disimpan di hp, beserta foto, dan syaart2 lainnya ya, kalau mau dikirim bisa dimana saja dan kapan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Tira. Untuk zaman sekarang lebih efektif CV tulis ketik karena soft copynya bisa kita simpen, mudah direvisi dan kapan saja bisa kita kirimkan.

      Hapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email