Potret Hari Kemerdekaan Indonesia di Tengah Pandemik Covid 19

Buatinfo - Potret Hari Kemerdekaan Indonesia di Tengah Pandemi Covid 19

Buatinfo.com - Perayaan hari kemerdekaan yang setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus, merupakan kilas balik potret perjuangan para pahlawan terdahulu. Semangat juang, duka dan haru para pahlawan perjuangan dapat kita rasakan pula di perayaan hari kemerdekaan tersebut. Tidak terkecuali, dari yang muda sampai dengan yang tua semua serantak merayakan hari kemerdekaan yang diadakan setiap satu sekali itu. Dari atribut hiasan merah putih sampai dengan kemeriahan lomba-lolmba menjadi penghias hari kemerdekaan Indonesia.


Akan tetapi kemeriahan seperti yang tersebut di atas, tidak bisa lagi kita rasakan dikarenakan adanya krisis pandemi Covid 19 di berbagai Negara termasuk Indonesia. Sesuai dengan protokol kesehatan dimana semua orang dianjurkan untuk menggunakan masker dan melakukan social distancing guna memutus rantai penularan virus. Sehingga untuk tahun ini, kita akan merasakan hilangnya moment kemeriahan lomba-lomba yang setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang semangat juang para pahlawan terdahulu.


Namun demikian, meskipun kemeriahan lomba Agustusan tidak bisa kita rasakan di tahun ini. Tapi kilas balik semangat perjuangan para pahlawan bisa kita munculkan melalui kegiatan bersih-bersih lingkungan, pemasangan bendera merah putih, dan melaksanakan anjuran protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.


Kegiatan-kegiatan seperti di atas sudah saya implementasikan di kompleks perumahan saya pribadi. Dimana setiap warga kami bagi menjadi beberapa kelompok yang berisi maksimal 3 orang dengan tugasnya masing-masing. Ada yang bagian pengecatan jalan, ada bagian pemasangan bendera, pemasangan gapuro dan lampu hias, dan beberapa tugas lainnya. Namun tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker sebagai langkah awal dalam mencegah peneluran covid 19.

[Baca Juga: Semangat Kemerdekaan Dari Rakyat]

Pada dasarnya banyak sekali kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari kemerdekaan di tahun ini. Selain yang tersebut di atas, kita juga bisa mengajarkan anak-anak kita yang notabene merupakan generasi penerus, tentang sejarah semangat juang para pahlawan Indonesia dalam menggapai kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan cara visual dengan nonton bareng film-film perjuangan seperti, Film Soekarno: Indonesia Merdeka, Film Jenderal Soedirman, Film Kartini, Film Darah Garuda, Film Hati Merdeka, Film Darah Garuda, dan Film Merah Putih. Selain itu, kita juga bisa menggunakan metode deskripsi dengan cara menceritakan bagaimana perjuangan pahlawan terdahulu dalam merebut kembali bumi pertiwi dari tangan penjajah.

2 komentar untuk "Potret Hari Kemerdekaan Indonesia di Tengah Pandemik Covid 19"

  1. mungkin dicarai kegiatan yang bisa ada protokol kesehatannya ya, tapi apa masarakat semuanya nurut

    BalasHapus
  2. depend on Coordinator..... memberikan contoh memang mudah, tapi untuk menjadi contoh sedikit sulit. Jika seorang koordinator bisa menjadi contoh, tidak menutup kemungkinan masyarakat akan terbangun kesadarannya. Mungkin rekomen lomba bisa dengan esai tentang Hari kemerdekaan, nama2 pahlawan, dan lain sebagainya. dengan begitu tidak harus banyak mengumpulkan masa, cukup panitia datang ke rumah2 untuk membagikan kertas esai.

    dan pembagian hadiah bisa diberikan pada malam Agustusan (malam tirakatan/tasyakuran), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker dan jaga jarak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email