Tips Aman Melamar Kerja Lewat Email Bagi Pemula Agar Bisa Lolos Seleksi

Buat Info - Tips Melamar Kerja Lewat Email Bagi Pemula

Buatinfo.com - Melihat kondisi seperti sekarang ini, tentu mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan. Selain karena kerasnya persaingan, merebaknya wabah pandemi covid 19 juga ikut andil dalam sulitnya mencari dan melamar pekerjaan akhir-akhir ini.


Dengan diberlakukannya social distance sebagai syarat protokol kesehatan mempersempit gerak para pencari kerja, khususnya bagi mereka yang masih pemula. Pasalnya mereka tidak bisa datang langsung ke perusahaan-perusahaan tempat dimana mereka akan melamar pekerjaan.


Namun untuk menyiasati kesulitan yang tersebut di atas. Koneksi Informasi akan berbagi tips melamar kerja lewat email, buat info tambahan bagi pemula yang sedang mencari pekerjaan tanpa harus datang langsung ke tempat dimana dia akan melamar pekerjaan yang diinginkan.


Cara Melamar Kerja Melalui Email

Cara yang mudah untuk melamar pekerjaan di tengah kondisi pandemi seperti saat ini adalah dengan memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh internet, yaitu dengan melamar kerja melalui email. Namun demikian ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat Anda memutuskan untuk melamar kerja melalui email. Yang mana hal tersebut akan kita bahas secara lengkap di bawah ini:


1. Mencatat email perusahaan 

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan melalui email. Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat email perusahaan yang akan dituju. Selain itu, pastikan juga informasi lowongan kerja tersebut sesuai dengan kualifikasi diri Anda atau tidak. Jadi penting bagi Anda untuk terlebih dahulu membaca baik-baik informasi lowongan kerja yang Anda peroleh. Kemudian catatlah alamat email yang tertera di informasi lowongan kerja tersebut.


2. Pastikan Anda memiliki Akun Gmail/Yahoo

Hal penting kedua yang harus Anda perhatikan adalah akun email Anda pribadi. Jadi pastikan Anda memiliki akun email baik itu gmail atau pun yahoo tidak masalah. Yang pasti Anda harus memiliki akun email terlebih dahulu untuk bisa mengirimkan berkas lamaran Anda.


3. Pahami cara mengirimkan berkas lamaran via email

Nah, hal penting yang ketiga ini khusus bagi pemula yang sebelumnya belum pernah mengirimkan file lamaran via email. Jadi harus terlebih dahulu memahami cara mengirimkan berkas lamaran via email agar tidak vailed pengiriman atau salah alamat yang dapat menyebabkan Anda tidak lolos proses seleksi awal. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

[Baca Juga: Perhatikan Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Lolos Dari Proses Seleksi]

- Buka akun gmail/yahoo Anda

- Klik New Mail / Compose Mail / tanda +TULIS di atas kiri layar laptop Anda

- Pada kolom To: / Penerima, tulislah dengan benar alamat email perusahaan yang sebelumnya sudah Anda catat. Kemudian pada kolom subject tuliskan keterangan seperti     “Surat Lamaran Kerja” atau nama lowongan yang dilamar seperti HRD, Marketing, IT, dan lain sebagainya.

- Tuliskan redaksi lamaran di bodi email sabagaimana Anda menulis surat lamaran. Singkat saja tapi padat, agar HRD bisa mendapatkan sepintas informasi tentang diri     Anda.

- Setelah selesai, maka klik Attachment atau Lampirkan File untuk upload CV dan berkas pendukung lainnya seperti Pas foto, KTP, Sertifikat pelatihan (jika   ada), Ijazah/transkip nilai, dan kelengkapan lainnya yang sebelumnya sudah discan dalam bentuk PDF File.

- Jika sudah, maka Anda tinggal klik tombol kirim atau bisa juga dengan cara tekan control + enter pada keyboard laptop Anda.

- Dan yang terakhir, teruslah berdo’a dan berusaha. Agar apa yang Anda inginkan bisa tercapai dengan mudah.

[Baca Juga: Syarat-Syarat yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar Pada Saat Melamar Kerja]

Demikian ulasan tentang tips aman melamar kerja melalui email bagi pemula agar bisa lolos seleksi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Tips Aman Melamar Kerja Lewat Email Bagi Pemula Agar Bisa Lolos Seleksi"

Posting Komentar

Berlangganan via Email