Tips Menjawab 8 Pertanyaan Saat Interview Kerja Agar Bisa Diterima

Buat Info - Tips Menjawab 8 Pertanyaan Saat Interview Kerja Kerja Agar Bisa Diterima


Dalam sistem seleksi karyawan tentunya tidak terlepas dari yang namanya proses interview atau yang lebih dikenal dengan job interview. Proses ini bertujuan untuk menggali data atau informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tentang si pelamar. Yang selanjutnya hasil penggalian data tersebut dijadikan data tambahan untuk mengindetifikasi apakah si pelamar diterima atau tidak.


Pada dasarnya, manfaat dari proses interview ini tidak hanya dirasakan oleh perusahaan saja. Melainkan juga dirasakan oleh si pelamar. Mengingat secara definisi interview atau wawancara merupakan bentuk komunikasi lisan secara terstruktur guna mencapai tujuan yang diinginkan. Artinya, perusahaan memiliki tujuan untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Begitu pun dengan si pelamar juga memiliki tujuan untuk diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut.


8 Pertanyaan Interview dan Tips Menjawab

Lantas bagaimana caranya agar tujuan yang diinginkan dari proses interview itu bisa tercapai oleh si pelamar?. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu 8 pertanyaan umum yang sering keluar pada saat proses interview kerja, dan tips menjawab dengan baik agar bisa diterima. Adapun 8 pertanyaan interview dan tips menjawab dengan baik tersebut akan kita bahas di bawah ini:

1. Silahkan ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan pembuka ini sering diucapkan oleh HRD pada saat sesi interview dimulai. Hal tersebut dilakukan guna menggali informasi tentang diri si pelamar.

- Tips menjawab:

Cara menjawabnya pun cukup mudah, yaitu cukup ceritakan tentang diri Anda yang sebenarnya mulai dari nama, pendidikan, pelatihan yang pernah diikuti, dan pengalaman kerja jika Anda pernah bekerja sebelumnya.


2. Apa saja kelebihan dan kelemahan Anda?

Biasanya pertanyaan ini muncul setelah Anda menceritakan tentang diri Anda. Alasan kenapa HRD menggunakan pertanyaan seperti ini. Alasannya tidak lain adalah untuk mengetahui kapasitas diri Anda apakah sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.

- Tips menjawab:

Seperti yang tersebut di atas bahwa tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui kapasitas diri Anda, apakah cocok dengan posisi yang ditawarkan atau tidak. Untuk menjawabnya Anda cukup menyebutkan kelebihan diri Anda sebatas kualifikasi yang disebutkan di lowongan pekerjaan. Agar tidak terkesan menyombongkan diri.


Sedangkan untuk jawaban tentang kelemahan diri Anda, pilihlah jawaban yang sekiranya tidak berbahaya. Contoh seperti “kelemahan Saya adalah sering lupa waktu jika sudah fokus berkeja”. Jawaban tersebut menunjukkan bahwa di balik kelemahan Anda ada kelebihan yang notabene dibutuhka oleh perusahaan.


3. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan Kami?

Nah, pertanyaan yang satu ini adalah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan Anda terhadap perusahaan yang sedang Anda lamar. Notabene, orang yang memiliki ketertarikan cukup besar akan berdampak positif bagi perusahaan itu sendiri.

- Tips menjawab:

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, tentunya Anda membutuhkan informasi yang lengkap tentang perusahaan tersebut. Artinya Anda harus mencari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar. Bisa dari internet atau informasi lisan by lisan. Jika dirasa sudah cukup informasi yang Anda butuhkan, maka Anda akan mudah menjawab pertanyaan tersebut.


4. Apa alasan Anda bergabung dengan perusahaan ini?

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh HRD adalah alasan mengapa si pelamar memilih perusahaan tersebut.

- Tips menjawab:

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini Anda cukup menyampaikan kualifikasi diri dan pencapaian kerja Anda, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Artinya, posisi kerja yang disediakan oleh perusahaan tersebut sangat cocok untuk diri Anda.


5. Mengapa Kami harus memilih Anda?

Biasanya, pertanyaan yang satu ini cukup menjebak dan membingungkan si pelamar. Padahal saat pertanyaan ini ditanyakan oleh HRD, maka disitulah moment yang tepat untuk mempromosikan diri Anda.

- Tips menjawab:

Untuk menjawabnya Anda perlu menjelaskan keahlian yang Anda miliki dan perusahaan butuhkan. Serta ceritakan juga pengalaman terbaik Anda yang pernah Anda lakukan di tempat sebelumnya.


6. Kenapa Anda keluar dari perusahaan sebelumnya?

Tidak sedikit dari pelamar yang menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang bersifat subjektif yang menempatkan kesalahan bukan pada diri si pelamar, melainkan kepada perusahaan dan pimpinan sebelumnya. Seharusnya untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah seperti di bawah ini.

- Tips menjawab:

Sampaikan kepada HRD bahwa anda menyukai tantangan baru yang dapat meningkatkan kemampuan diri Anda.


7. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Jika Anda sudah menghadapi pertanyaan yang satu ini. Sebaiknya balik lagi ke point tiga di atas. Anda harus mengetahui sepenuhnya tentang perusahaan yang Anda lamar berikut dengan kemampuan finansial perusahaan tersebut. Jika Anda tidak mengetahui tentang kemampuan perusahaan tersebut, dan Anda menyebutkan angka di atas kemampuan perusahaan. Maka sudah dapat dipastikan lamaran Anda tidak akan diterima.

- Tips menjawab:

Berikan jawaban yang diplomatis yang sekiranya tidak memberatkan perusahaan namun cukup seperti yang Anda butuhkan. Jika Anda sudah mengetahui informasi gaji untuk posisi yang Anda lamar tersebut, maka sebutkan angkat sedikit di atas gaji yang biasa dibayarkan.


8. Apakah ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan?

Biasanya pertanyaan ini menjadi pertanyaan penutup yang sering HRD ajukan kepada pelamar kerja.

- Tips menjawab:

Jangan sekali-kali Anda menjawab “tidak ada”. Karena hal tersebut akan menunjukkan ketidak tertarikan Anda terhadap perusahaan yang Anda lamar. Jadi untuk menunjukkan keseriusan Anda, maka tanyakan beberapa pertanyaan seperti kepastian karir atau kapan Anda akan dipanggil kembali pasca sesi interview ini.


So, demikianlah informasi tentang tips menjawab 8 pertanyaan saat interview kerja. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang dan akan mengikuti sesi interview. Agar bisa diterima di tempat dan posisi yang diinginkan. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Tips Menjawab 8 Pertanyaan Saat Interview Kerja Agar Bisa Diterima"

Berlangganan via Email