Ketahui Ciri-Ciri Orang yang Bermental Kuat dan Cara Melatih Mental Juara

Buat Info - Ketahui Ciri-Ciri Orang yang Bermental Kuat dan Cara MelatihnyaJuara


Pada dasarnya Setiap orang terlahir dengan keadaan yang bersih. Namun seiring dengan berjalannya waktu, setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bermental lemah dan ada pula yang bermental kuat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh pembetukan lingkungan serta beberapa pengalaman hidup yang pernah dilewati.


Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menyadari apakah dia termasuk orang dengan karakteristik mental kuat atau malah sebaliknya. Nah, pada kesempatan kali ini koneksi informasi akan berbagi informasi tentang cici-ciri orang yang bermental kuat, buat tambahan informasi bagi kita semua untuk bisa mengetahui karakteristik diri kita masing-masing. Selain itu, pada artikel kali ini juga akan dibahas tentang cara melatih mental juara.


Karakteristik Orang Bermental Kuat

1. Mereka tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang mereka.

Kecenderungannya, orang dengan mental kuat akan melakukan apa saja yang mereka yakini tanpa harus menghiraukan anggapan dan perkataan orang lain. Mereka akan berusaha membuat tembok penghalang untuk hal-hal yang dianggapnya tidak penting dan dapat menghambat langkah mereka. Mereka akan terus melakukan apa yang mereka anggap perlu meski seisi dunia menentangnya.


2. Mereka menertawakan diri mereka sendiri. 

Ciri lain dari orang bermental kuat yang cukup mencolok adalah mereka tidak selalu berdiri di titik keseriusan. Artinya, mereka cenderung santai dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi dan tidak merasa tersinggung oleh apa pun. Bahkan cenderung lebih banyak menertawakan diri sendiri untuk membiasakan dirinya dengan perasaan anti tersinggung.


3. Mereka membela apa yang mereka yakini.

Meskipun mereka banyak bercanda dan terlihat lebih santai. Namun jika ada oran lain yang melewati batas kewajaran, maka orang-orang yang kuat secara mental akan tetap maju. Mereka tidak mentolerir apapun yang berupa serangan secara terang-terangan terhadap apa yang mereka yakini, dan mereka akan mempertahankan apa yang mereka yakini.


4. Mereka memiliki batasan tertentu yang tidak boleh dilewati orang lain.

Seperti yang tersebut pada point 3. Orang yang bermental kuat memiliki hal-hal tertentu yang sama sekali tidak mereka izinkan untuk dilewati oleh orang lain. Mereka cukup peduli pada diri mereka sendiri sehingga mereka akan menjatuhkan siapa pun dan apa pun yang mencoba melawati batasan tersebut, bahkan sekalipun itu adalah teman baik mereka.


5. Mereka melakukan apa yang mereka katakan.

Ciri yang kelima orang dengan mental kuat adalah tidak mudah mengatakan sesuatu. Karena segala hal yang mereka katakan adalah apa yang akan mereka lakukan. Jadi mereka itu bukan tipe orang yang hanya besar omong saja, dan tidak membuat janji palsu. Itu artinya, jika orang-orang ini memiliki Resolusi Tahun Baru, Anda bisa sangat yakin mereka pasti akan mewujudkannya, apa pun yang akan terjadi.


6. Mereka tidak khawatir tentang kesalahan.

Jika mereka melakukan kesalahan maka memang demikianlah adanya. Orang-orang yang bermental kuat tahu akan hal ini, dan mereka cukup kuat untuk menerima kesalahan itu tanpa menjatuhkan bola. Namun sebaliknya mereka akan bekerja lebih keras untuk menghindari membuat kesalahan yang sama, dan menjadikan kesalahan tersebut sebagai jembatan untuk melangkah lebih maju lagi.


7. Mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka dan konsekuensinya.

Jika itu adalah kesalahan mereka, tidak peduli seberapa buruk konsekuensi yang akan diterima, mereka akan tetap bertanggung jawab atas tindakan mereka. Orang yang bermental kuat tidak bisa dihentikan dengan hanya konsekuensi yang harus mereka tanggung. Jika sesuatu yang negatif terjadi, Anda bisa yakin bahwa mereka akan bertanggung jawab untuk itu dan segera memperbaikinya.


8. Mereka berpikiran terbuka terhadap ide dari orang lain.

Sepanjang hal itu tidak berseberangan dengan apa yang mereka yakini, mereka dengan senang hati akan menerima apa yang orang lain yakini. Namun bukan berarti mereka akan mengubah keyakinan mereka, tetapi mereka tidak arogan untuk mengatakan bahwa mereka tahu yang terbaik. Orang yang bermental kuat akan baik-baik saja walaupun tidak menjadi yang terbaik, atau yang paling tahu tentang suatu masalah. Orang-orang seperti ini biasanya mengajukan banyak pertanyaan dan keinginan untuk belajar lebih banyak sehingga mereka dapat menjadi lebih kuat didalam hal keyakinan yang mereka yakini.

[Baca Juga: Cara Tepat Untuk Bangkit dari Kegagalan]

Cara Melatih Mental Juara

Dari pemaparan tentang ciri-ciri orang bermental kuat di atas. Tentu kita bisa menarik keseimpulan bagaimana caranya melatih mental kita agar menjadi mental juara. Dimana diataranya adalah sebagai berikut:


1. Jangan pusing dengan apa yang orang lain pikirkan dan katakana tentang diri kita, terutama pikiran-pikiran dan perkataan negatif orang lain tentang diri kita

2. Buat hidup kita sesantai mungkin dalam menyikapi segala sesuatu. Kurangi volume keseriusan untuk hal-hal yang tidak penting atau sepele.

3. Asah terus kemampuan diri untuk mewujudkan apa yang kita yakini.

4. Cukup katakan apa yang bisa kita lakukan, tidak melebih-lebihkan dengan hal-hal yang tidak bisa kita kerjakan.

5. Siap diri untuk menerima konsekuensi dari segala tindakan, dan jadikan kesalahan sebagai pengalaman yang berarti.

6. Ambil tanggung jawab penuh atas semua tindakan yang kita lakukan.

7. Tampung semua ide orang lain sebagai refrensi untuk menjadi lebih kuat.


Demikianlah informasi tentang ciri-ciri orang bermental kuat dan cara melatih mental juara. Orang yang kuat secara mental biasanya memimpin atau mengambil tindakan. Kebanyakan orang yang bermental kuat tidak suka mengikuti seseorang atau duduk pasif saat sesuatu terjadi. Mereka akan keluar dan akan menguji diri mereka sendiri. Sama seperti pedang yang harus dipukul ratusan kali, mereka telah mengembangkan mental mereka yang kuat dengan menguji batas mereka berulang-ulang kali dengan segala bentuk kesalahan dan konsekuensinya. Dan mereka bahkan pergi ke garis depan sehingga mereka dapat menguji diri mereka lebih jauh lagi.


So, Adakah di antara kita memiliki ciri-ciri orang bermental kuat seperti yang tersebut di atas?. Seperti apapun diri kita, just be yourself.! Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

4 komentar untuk "Ketahui Ciri-Ciri Orang yang Bermental Kuat dan Cara Melatih Mental Juara"

Posting Komentar