Waspada Akun Palsu, Ini Cara Mudah Mengetahui Akun Palsu di Fecebook

Buat Info - Waspada Akun Palsu, Ini Cara Mudah Mengetahui Akun Palsu di Fecebook


Buatinfo.com - Facebook masih menjadi saluran digital efektif untuk mencari informasi dan keilmuan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Selain tentunya juga menjadi hiburan di sela-sela kerja, facebook masih digunakan oleh banyak kalangan mulai dari generasi baby boomers, generasi x sampai dengan generasi millenial untuk menghilangkan kegabutan yang hakiki dan berkomunikasi secara virtual di tengah pandemi seperti saat ini.


Ragam format media, berupa teks, foto atau video menjadikan facebook masih efektif sebagai halaman harian terbuka. Kebiasaan menulis dan bertutur yang dianut kaum baby boomers, xenial sampai millenial sulit untuk dipaksakan pada budaya visual tanpa teks bermakna mendalam seperti di Instagram atau movement tanpa konteks ala anak-anak generasi Z di TikTok.


Namun sayangnya, facebook masih banyak dipenuhi oleh akun palsu yang notabene dapat merugikan penggunanya baik secara finansial, sosial maupun psikis. Oleh karena itu diharapkan kepada semua orang agar lebih waspada terhadap akun palsu dan lakukan tindakan preventif dengan memahami bagaimana cara mudah mengetahui sebuah akun palsu yang meminta pertemanan di notifikasi facebook. Dan pada kesempatan kali ini, koneksi informasi akan berbagi informasi tentang cara mudah mengetahui akun palsu yang bertebaran di sosial media facebook.  Apa saja caranya? Akan kita bahas lengkap di bawah ini:

[Baca Juga: Kenali Macam-macam Gangguan Jiwa Ringan Akibat Media Sosial]

Ciri Akun Palsu di Facebook

Untuk bisa membedakan mana akun palsu dan mana akun asli, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa ciri akun palsu yang banyak bertebaran di media sosial facebook saat ini. Berikut ini adalah beberapa ciri akun palsu yang perlu kita ketahui.


1. Menggunakan akun gadis-gadis cantik

Kebanyakan dari mereka biasanya menggunakan foto profile gadi-gadis cantik berukuran square di linimasnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menarik minat korban untuk menerima permintaan pertemanan. Jadi jangan sembarang mengkonfirmasi permintaan pertemanan sekalipun itu dari akun dengan foto gadis cantik ya.


2. Jarang update status atau share link

Cara lain untuk mengetahui akun palsu adalah dengan melihat postingan terakhirnya. Biasanya, akun facebook palsu bersifat passive alias jarang melakukan aktivitas seperti update status atau share link kecuali beberapa postingan foto gadis cantik, dan itu pun hanya beberapa foto saja. Akun palsu cenderung lebih banyak mengamati aktivitas pengguna lain yang menjadi target mereka. Tentu beda dengan akun facebook asli yang setiap harinya selalu update status atau sekedar share link dll.


3. Perhatikan interaksinya

Jika foto-foto yang diposting hanya foto narsis sendirian tanpa ditemani oleh teman-temannya dan tidak ada interaksi dengan orang lain di linimasnya, sudah dapat dipastikan itu merupakan akun palsu yang fotonya hasil comot dari IG seseorang. 


4. Lihat riwayatnya

Kecenderungan lain dari akun palsu adalah menuliskan Riwayat hidup yang serba “wah’. Contoh seperti pengalaman atau sedang bekerja di perusahaan ternama, Riwayat pendidikan lulusan universitas ternama. Jika menemukan akun facebook yang seperti ini, sebaiknya lebih waspada dan tidak perlu menerima permintaan pertemanannya. 


5. Foto-fotonya terlihat stunning atau menakjubkan

Sekali lagi jangan tertipu dengan akun yang menggunakan foto gadis-gadis, apalagi foto yang terlihat stunning. Karena bisa jadi itu hanya cara mereka untuk menarik minat kita agar masuk dalam perangkapnya.


Dari pemaparan informasi tentang cara mengetahui akun palsu di facebook seperti yang tertulis di atas. Semoga dapat memberikan kita wawasan agar terhindar dari penyalahgunaan media sosial seperti facebook. Hindari pertemanan dengan akun-akun palsu seperti ciri di atas demi keamanan akun kita. Banyak orang-orang dengan reputasi bisnis, sosial dan pengaruh yang bagus di publik justru kurang memiliki tingkat kehati-hatian di sosial media facebook, akhirnya menjadi korban penipuan dan merusak  jaringan bisnis yang telah terbentuk lama hanya karena keteledorannya sendiri. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Waspada Akun Palsu, Ini Cara Mudah Mengetahui Akun Palsu di Fecebook"

Berlangganan via Email