Asal Muasal dan Arti kata "Semongko" Dalam Kalimat "Tarik Sis, Semongko"

Buat Info - Asal Muasal dan Arti Kata "Semongko" Dalam Kalimat "Tarik sis, semongko"


Bagi pecinta dangdut koplo tentu tidak asing dengan kalimat "tarik sis, semongko". Kalimat yang satu ini sudah sering sekali kita dengar di setiap pagelaran musik dangdut, khususnya dangdut koplo. Pun di media sosial seperti Youtube, TikTok, dan media sosial lainnya, kalimat tersebut bisa kita dengarkan dan sudah cukup viral.


Kalimat “tarik sis, semongko” ini sering kali diucapkan oleh pembawa acara dalam pagelaran musik dangdut. Yang kemudian dilanjutkan dengan lirik lagu “kini tinggal aku sendiri hanya berteman dengan sepi…” yang dinyanyikan oleh si penyanyi atau biduan.


Namun dari viralnya kalimat tersebut, yang menjadi fokus perhatian saya adalah kata “semongko”. Apa sih yang dimaksud dengan semongko dalam kalimat tersebut?. Tentunya jika melihat dari konteks pagelaran musik dangdut, kata semongko yang dimaksud bukanlah arti sebenarnya, yaitu bukan buah semangka yang kaya akan kandungan airnya. Oleh karena itu, kali ini buatinfo.com mencoba mengulas asal muasal dan arti sebenarnya kata semongko dari kalimat tarik sis, semongko, yang cukup viral tersebut.


Arti Kata “Semongko

Semongko sendiri adalah penyebutan buah semangka dalam bahasa jawa. Semangka merupakan buah tropis yang memiliki kandungan antioksidan dan air yang cukup banyak. Namun, kata semongko dalam pegelaran musik dangdut bukanlah penyebutan dalam arti yang sebenarnya. Melihat dari substansinya, kata semongko digunakan sebagai penyemangat kepada biduan/penyanyi, personel orchestra, dan tidak terkecuali juga penonton yang hadir.


Semangka dalam bahasa gaul merupakan singkatan dari kalimat “semangat kak” atau “semangat kakak”. Bisa juga semongko merupakan singkatan dari kalimat “semangat sampai bongko”, yang berarti semangat sampai acara pegelaran dangdut selesai. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa kata semongko merupakan pelesatan dari kata semonggo yang bermakna mempersilahkan kepada biduan untuk mulai menyanyikan lagu.


Namun ada pula yang mengartikan lain dan cukup mencengangkan. Yaitu, kata semongko mengindikasikan bagian tubuh tertentu yang nota bene tidak asing lagi bagi pecinta dangdut koplo. Tapi apapun itu artinya, yang pasti pada saat pembawa acara menyebutkan kalimat “tarik sis, semongko” penonton yang hadir atau yang mendengarkan pasti akan terhibur.


Asal Muasal kata “Semongko

Sebagaimana yang tersebut di atas bahwa kata semongko ini tidak asing bagi pecinta dangdut koplo. Mengingat asal muasal munculnya kata semongko adalah dari pagelaran orkes dangdut koplo yang dibawakan oleh sebuah group musik AA Jaya dengan judul lagu Bunga (tarik sis). Yang mana lagu tersebut diciptakan oleh Thomas Arya dan dibawakan oleh penyanyi Anggun Pramudita.


Dan pada saat acara tersebut akan dimulai. Sang pembawa acara langsung mengeluarkan kalimat penyemangat dengan jargon ikonik “tarik sis, semongko” kepada sang biduan, semua pengiring lagu, dan kepada semua penonton yang hadir pada saat itu.


Jadi kata semongko ini menjadi populer setelah pagelaran orkes dangdut tersebut. Yang kemudian menjadi viral di media sosial seperti YouTube, TikTok, WhatsApp, Instgram, da media sosial lainnya.


Di TikTok sendiri, cukup banyak pengguna yang menggunakan back sound “tarik sis, semongko” ini dalam video mereka. Dan ada pula yang membuat meme game Among Us dengan lagu yang berbeda, namun di tengah-tengah lirik ditambahkan dengan kalimat “tarik sis, semongko”.


Itulah sekilas asal muasal dan arti dari kata “semongko” dalam kalimat “tarik sis, semongko” di pagelaran musik dangdut koplo yang saat ini viral di media sosial. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Asal Muasal dan Arti kata "Semongko" Dalam Kalimat "Tarik Sis, Semongko""

Berlangganan via Email