Cara Membuat Abstrak Skripsi atau Karya Ilmiah dengan Mudah, Berikut Contohnya

Buat Info - Cara Membuat Abstrak Skripsi atau Karya Ilmiah dengan Mudah, Berikut Contohnya


Buatinfo.com - Menjadi seorang mahasiswa atau akademisi tentunya tidak jauh dari yang namanya tugas-tugas kulyah yang membutuhkan penyelesaian yang cepat, seperti tugas semester, tugas akhir atau skripsi. Dan, dari sekian tugas-tugas tersebut tentunya menuntut adanya struktur atau cara penulisan karya ilmiah yang baik dalam penulisannya. Dimana salah satu struktur penulisan karya ilmiah yang baik adalah dengan adanya abstrak atau ringkasan yang di dalamnya memuat informasi penting.


Definisi Abstrak

Secara literasi, abstrak merupakan ringkasan yang memuat informasi penting untuk merepresentasikan keseluruhan konsep dalam sebuah karyawa ilmiah. Umumnya, penulisan abstrak sendiri diletakkan pada awal tulisan sebelum lembar pembahasan, dan ditulis secara singkat, jelas, tepat, dan objektif.


Menurut Clarence W. Rolwey yang merupakan seorang Professor teknik mesin dan seorang peniliti dari Universitas Prenciton. Abstrak merupakan pola penyajian sebuah dokumen atau penulisan yang dibuat secara ringkas dan jelas dalam gaya yang sama dengan isi dokumen atau penulisannya.


Sedangkan menurut Frederick Wilfrid Lancaster, seorang ilmuan informasi dari Amerika. Mendefisikan abstrak sebagai gambaran ringkas dan jelas dari sebuah penulisan dengan menggunakan kalimat yang berbeda-beda, namun bukan kutipan asli dari si penulis.


Fungsi Abstrak

Fungsi dari abstrak sendiri adalah untuk memberikan gambaran singkat dan jelas kepada pembaca tentang isi dari penulisan karya ilmiah. Sehingga sebelum lanjut pada pembahasan inti, pembaca sudah sedikit memahami konsep atau landasan berfikir yang digunakan oleh si penulis.

Buat Info - Cara Membuat Abstrak Skripsi atau Karya Ilmiah dengan Mudah, Berikut Contohnya


Terdapat 3 fungsi utama abstrak dalam karya tulis ilmiah. Dimana diantaranya adalah:

1. Sebagai informasi singkat

Jika kita ingin membaca hasil penelitian atau skripsi, tentu pertama kali yang kita baca adalah abstrak dari karyawa ilmiah tersebut. Hal itu dikarenakan abstrak dalam karya ilmiah menjadi pintu informasi bagi pembaca untuk melihat konsep kesuluruhan dari tulisan ilmiah.


2. Sebagai gambaran umum

Seperti yang tersebut di atas bahwa abstrak merupakan representasi isi tulisan karya ilmiah. Mulai dari latar berlakang masalah, landasan teori, pembahasan, sampai dengan kesimpulan. Jadi abstrak disini menjadi gambaran umum karya ilmiah yang sifatnya sangat mudah untk dipahami oleh pembaca.


3. Sebagai bahan rujukan

Dalam membuat penelitian atau skripsi, seorang peneliti akan membutuhkan rujukan hasil penelitian sebelumnya. Dan yang pertama kali mereka lihat adalah abstrak dari karya ilmiah sebelumnya, karena sekali lagi, abstrak merupakan wadah yang berisikan informasi singkat, lengkap, dan akurat tentang isi keseluruhan karya tulis ilmiah. Sehingga dengan adanya contoh abstrak dari hasil penelitian sebelumnya, akan memudahkan mereka untuk melakukan penelitian lanjutan.


Cara Membuat Abstrak

Terdapat beberapa cara mudah dengan hasil yang sempurna dalam pembuatan abstrak. Sehingga tidak mempersulit pembaca untuk memahami isi keseluruhan karya tulis ilmiah yang kita buat. Dimana cara tersebut diantaranya adalah:


1. Memahami sistematika penulisan abstrak

Ini merupakan langkah awal sebelum kita memutuskan untuk membuat abstrak karya ilmiah yang kita tulis. Sistematika penulisan abstrak yang perlu kita ketahui meliputi latar belakang masalah, tujuan, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan.


2. Jumlah kata yang digunakan

Sesuai dengan definisi abstrak itu sendiri yaitu informasi singkat dan jelas, maka jumlah kata dalam penulisan abstrak umumnya hanya dibatasi sampai dengan 150 kata. Namun jumlah tersebut bukanlah jumlah yang wajib dipenuhi. Hanya saja jumlah tersebut umum digunakan oleh peneliti atau kaum akademis dalam membuat karya tulis ilmiah.


3. Jumlah paragraf

Di dalam pembuatan abstrak sendiri, umumnya dibagi ke dalam 3 (tiga) paragraf yang mana masing-masing paragraf berisi informasi-informasi penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Isi dari 3 paragraf tersebut diantaranya adalah:


- Paragraf pertama

Berisi tentang judul penelitian atau karya tulis ilmiah, rumusan masalah, latar balakang, dan tujuan dari penulisan karya ilmiah.


- Paragraf kedua

Berisi metode penelitian / karya tulis ilmiah, teknik pengambilan dan analisa data, dan landasan teori yang digunakan


- Paragraf ketiga

Berisi tentang hasil atau kesimpulan dari sebuah penelitian yang dilakukan, dan ditulis secara singkat, jelas, dan akurat.


4. Spasi antar baris

Cara mudah lainnya dalam membuat abstrak dengan hasil yang sempurna adalah dengan memperhatikan spasi antar baris. Umumnya, spasi yang digunakan dalam membuat abstrak adalah single spacing atau satu spasi. Single spacing ini berguna untuk membuat abstrak yang lengkap dan jelas dalam satu halaman.


5. Tambahkan kata kunci

Cara mudah terakhir dalam mebuat abstrak adalah dengan menambahkan kata kunci penting seperti judul dan kata kunci lain yang ada korelasinya dengan karya ilmiah yang ditulis. Namun perlu diketahui bahwa dalam menambahkan kata kunci di akhir abstrak, tambahkan tanda pisah koma (,) jika kata kunci lebih dari satu.


Contoh Membuat Abstrak Skripsi atau Karya Ilmiah


Judul skripsi: Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan PT. X


Penelitian ini berusaha menjawab permasalahan dalam rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimanakah kepuasan kerja karyawan PT. X ?, 2) Bagaimanakah produktivitas kerja karyawan PT. X ?, 3) Apakah terdapat pengaruh yang cukup siginifikan antara kepuasan kerja dengan produktivitas kerja karyawan PT. X ?.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data secara sampling dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dan interview. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. X sebanyak 50 orang. Analisa data yang digunakan adalah 1) Uji validitas dan reliabilitas, 2) Uji normalitas, 3) Uji hipotesis, dan 4) Kesimpulan. 


Dari hasil penelitian, bisa diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara kepuasan kerja dengan produktivitas kerja karyawan PT. X. Diketahui bahwa 1) Dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawan terbukti memberikan kontribusi dalam meninggkatkan produktivitas karyawan, 2) Memberikan hasil yang baik dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT. X, 3) Terdapat hubungan yang cukup signifikan antara kepuasaan kerja dengan produktivitas kerja karyawan PT. X.


Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Produktivitas Kerja


Nah, cukup mudah bukan untuk membuat abstrak karya tulis ilmiah?. Semoga informasi tentang cara mudah membuat abstrak skripsi atau karya ilmiah seperti yang tersebut di atas dapat memberikan manfaat serta pengetahuan bagi kita bersama, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang atau akan membuat tugas akhir atau skripsi. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Cara Membuat Abstrak Skripsi atau Karya Ilmiah dengan Mudah, Berikut Contohnya"

  1. makasih sharingnya , jadi inget saat kuliah dulu

    BalasHapus
  2. flashback kita ke jaman kulyah dulu mbak.... hehehe. semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email