Sisi Positif Sikap Bodo Amat Bagi Kesehatan Mental

Buat Info - Sisi Positif Sikap Bodo Amat Bagi Kesehatan Mental
Buatinfo.com


Sikap bodo amat

bagi sebagian orang dinilai sebagai sikap yang kurang ramah bahkan cenderung anti sosial. Pasalnya, orang yang memiliki sikap bodo amat merupakan sosok yang cuek dan acuh tak acuh dalam menghadapi siapapun dan masalah apapun, termasuk juga dengan penilaian orang lain tentang dirinya. Artinya, mereka tidak terlalu ambil pusing dengan penilaian yang disematkan oleh orang lain kepada dirinya. Baik itu penilain baik atau pun buruk.


Padahal, jika kita mengetahui substansi sebenarnya dari sikap bodo amat. Justru kita akan menemukan beberapa sisi positif dari sikap yang bagi sebagian orang tersebut, masih dinilai kurang baik. Karena pada dasarnya sikap bodo amat tidak sama dengan sikap tidak peduli / cuek / acuh tak acuh yang nota bene merupakan indikator perilaku anti sosial.


Sikap bodo amat sendiri merupakan skill yang jarang dimiliki oleh banyak orang dan ada Tips Sikap Bodo Amat yang perlu dipelajari. Mengingat sikap yang satu ini merupakan kemampuan mengontrol emosi positif dalam kondisi dan situasi negatif. Serta kemampuan dalam memilih dan memilah perkara apa yang pantut untuk mereka fikirkan dan abaikan. Makanya tidak jarang orang yang memiliki sikap bodo amat, cenderung sehat secara mental.

[Baca Juga: 3 Seni Untuk Bersikap Bodo Amat]

Manfaat Sikap Bodo Amat Bagi Kesehatan Mental

Alasan kenapa sikap bodo amat bagus bagi kesehatan mental seseorang. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa manfaat yang bisa kita rasakan pada saat kita memilih untuk bersikap bodo amat. Dimana manfaat tersebut diantaranya adalah:


1. Lebih Menikmati hidup

Seperti yang tersebut di atas bahwa sikap bodo amat tidak sama dengan beberapa sikap anti sosial seprti cuek atau acuh tak acuh. Jadi akan menjadi salah jika kita menyimpulkan bahwa orang yang berani bersikap bodo amat tidak akan merasakan nikmatnya hidup karena tidak disukai oleh banyak orang. Justru, mereka yang memiliki sikap bodo amat cenderung akan lebih menikmati hidup karena mereka mampu menempatkan masalah pada tempat yang tepat.


2. Selalu menjadi diri sendiri

Kebayang bukan bagaimana susahnya menjadi orang lain. Apalagi menjadi orang lain untuk seseorang yang kita cintai, tentu akan sangat menyiksa sekali. Memang tidak ada salahnya menjadi orang lain untuk orang yang kita cintai. Namun jika hal tersebut di luar batas kemampuan kita, maka endingnya akan membuat kita menjadi sosok yang tidak bisa menerima kekurangan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing


Setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika kita berani menjadi sosok yang bodo amat, maka menerima kekurangan diri sendiri akan menjadikan kekurangan sebagai sebuah kelebihan.


3. Mampu mengelola stress

Orang yang tidak tahu caranya bersikap bodo amat cenderung mudah tersinggung dan memicu stress berlebih. Selain itu juga akan membuat hati kita penuh dengan kebencian yang pada akhirnya tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Beda halnya dengan mereka yang memiliki sikap bodo amat cenderung lebih mampu mengelola stress karena mereka tahu mana yang perlu ditanggapi dan mana yang tidak.


4. Hidup lebih terarah

Seperti yang tersebut di atas bahwa sikap bodo amat merupakan skill atau kemampuan dalam memilah dan memilih perkara apa yang perlu difikirkan dan diabaikan. Jadi dengan berani untuk bersikap bodo amat, maka kita telah menuntut hidup kita sendiri untuk lebih terarah. Kemampuan untuk memfilter hal-hal yang bersifat negatif akan memudahkan kita untuk terus melangkah mencapai sebuah kesuksesan.


5. Menjadi sosok yang dewasa

Manfaat terakhir dan merupakan ending dari sebuah proses menjalani hidup adalah menjadi sosok yang lebih dewasa. Artinya, mampu menyikapi setiap permasalahan yang dihadapi dengan lebih tenang. Dengan begitu, kesehatan mental kita akan lebih terjaga karena mampu merubah yang negatif menjadi positif.


So, itu lah sisi positif dari sikap bodo amat yang dapat kita rasakan jika kita berani untuk menjadi sosok yang bodo amat dalam menghadapi setiap permasalahan dalam hidup ini. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat agar kesehatan mental tetap terjaga dan hidup lebih bahagia. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Sisi Positif Sikap Bodo Amat Bagi Kesehatan Mental"

Berlangganan via Email