Tips Membangun Rasa Percaya Diri yang Mudah dan Bisa Dilakukan Sehari-hari

Buat Info - Tips Membangun Rasa Percaya Diri yang Mudah dan Bisa Dilakukan Sehari-hari


Rasa percaya diri

adalah keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dalam melakukan segala sesuatu. Yang mana hal tersebut tidak terlepas dari self-concept dalam menilai, menyimpulkan dan memproyeksikan diri sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa percaya diri tidak sama dengan mandiri. Jika percaya diri mengerjakan segala sesuatu sesuai kata hati, maka mandiri adalah mengerjakan segala sesuatu dengan tanpa bantuan orang lain.


Banyak beberapa manfaat yang dapat kita rasakan jika memiliki rasa percaya diri dalam menjalani hidup ini. Dimana diantara manfaat tersebut seperti terbentuknya sikap optimis, menjadi individu pemberani, dan mendapat kemudahan dalam mencapai kesuksesan.


Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri dalam menjalani hidup. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengalami kegagalan dan pesimis untuk kembali melangkah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi tips bagaimana membangun rasa percaya diri yang mudah dan bisa dilakukan sehari-hari.


10 Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa dibentuk oleh beberapa faktor. Bisa faktor lingkungan dan juga faktor dalam diri melalui perubahan perilaku dan mind set. Dan, pada kesempatan kali ini kita akan lebih fokus membahas faktor dalam diri dengan 10 cara mudah membangun rasa percaya diri.

 

1. Tegakan pundak dan ubah ekspresi wajah anda

Cara pertama untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan membiasakan menegakkan posisi pundak dan mengubah ekspresi wajah pada saat berjalan di area publik. Dengan menegakkan posisi pundak, kita akan terlihat lebih menarik dan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Trust me, and just do it..!

Buat Info - Buat Info - Tips Membangun Rasa Percaya Diri yang Mudah


2. Sugesti diri anda

Lakukan petunjuk psikologi diri yang positif, katakan pada diri anda "aku baik-baik saja" / “aku bisa melakukannya” / “aku bisa melewati ini semua”. Jangan terlalu iri pada orang lain, karena anda memiliki kesempurnaan sendiri (Sesuatu yang menarik). Jadi biasakan untuk mensugesti diri anda dengan keyakinan yang positif, karena dengan begitu anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan setiap masalah yang anda hadapi dan kembali tampil percaya diri.


3. Ubah penampilan luar anda

Cara yang ketiga untuk membangun rasa percaya diri anda adalah dengan merubah tampilan luar anda, seperti memakai baju baru, berdandan, dan sebagainya. Kenapa penampilan luar itu penting?, karena penampilan luar menjadi pintu awal seseorang menilai siapa dan seperti apa diri anda. Selain itu, dengan adanya perubahan pada tampilan luar. Tentu anda akan merasakan kenyamanan dalam beraktivitas karena rasa percaya diri anda tumbuh seiring dengan perubahan tersebut.


4. Ambil inisiatif untuk berbicara dengan orang lain

Jika selama ini anda menjadi orang yang pendiam dan jarang sekali mengobrol dengan orang lain. Maka, mulai dari sekarang rubahlah kebiasaan tersebut. Jadilah orang yang memiliki inisiatif untuk berbicara dengan orang lain. Baik dengan orang yang sudah kita kenal, atau pun dengan yang baru kita kenal. Cara ini akan memperbaiki public speaking anda dan membantu anda melihat dunia luas yang belum pernah anda lihat sebelumnya.


5. Bangun relasi dengan orang yang percaya diri.

Sesuai dengan pepatah lama “jika anda berteman dengan penjual minyak wangi, maka anda akan ikut wangi”. Begitu juga jika anda membangun relasi pertemanan dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Maka bukan tidak mungkin lagi rasa percaya diri anda juga akan ikut terbangun.

[Baca Juga: Cara Memilih Teman yang Baik Menurut Islam]

6. Terus belajar

Mengetahui banyak hal akan membuat anda siap untuk tampil kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu penting bagi anda yang ingin membangun rasa percaya diri agar terus belajar dan belajar sebagai upaya memperluas cara pandang anda terhadap dunia.


7. Ketahui kelebihan anda

Setelah anda melakukan cara 1 sampai 6 di atas. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetahui apa yang menjadi kelebihan dalam diri anda. Kecenderungannya, seseorang yang memiliki kelebihan pada diri sendiri akan menjadi lebih percaya diri dalam mengahadapi segala sesuatunya.


8. Buat tujuan kecil dan selesaikan satu-persatu

Kenapa anda butuh compas atau peta pada saat anda memasuki huta, tentu agar tidak tersesat di jalan bukan?. Begitu juga jika anda telah membuat tujuan kecil dalam hidup anda, dan menyelesaikannya satu persatu akan membantu anda percaya diri menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi tanpa harus tersesat dalam masalah tersebut.


9. Jadi diri anda sendiri

Seseorang yang memilih untuk menjadi diri sendiri akan lebih cepat menemukan kelebihan dalam dirinya. Seperti yang tersebut pada point 7 di atas. Seseorang yang mengetahui kelebihan dalam dirinya akan lebih percaya diri dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. So, jadilah diri anda, dan jangan pernah menjadi diri orang lain jika tidak ingin tersesat dalam keterbatasan anda. 


10. Berjanji pada diri anda

Langkah yang terakhir adalah berjanji pada diri anda bahwa anda akan melakukan 9 langkah di atas untuk tampil menjadi sosok dengan rasa percaya diri yang tinggi. Sehingga apa dan bagaimana pun masalah yang anda hadapi, akan dapat anda selesaikan dengan mudah.


Demikianlah informasi tentang tips membangun rasa percaya diri yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari. Sangat mudah bukan?, jadi lakukanlah 10 cara di atas agar anda menjadi sosok yang memiliki rasa percaya diri dalam menjalani hidup ini. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Tips Membangun Rasa Percaya Diri yang Mudah dan Bisa Dilakukan Sehari-hari"

Berlangganan via Email