10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Buat Info - 10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa yang Menguntungkan


Buatinfo.com - Menjadi seorang mahasiswa tentunya tidak sama dengan waktu masih duduk di bangku SMA. Baik itu dari cara berfikir maupun berperilaku. Tuntutan untuk berfikir dewasa, kreatif, dan berwawasan menjadikan mahasiswa sebagai pribadi yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dimana salah satu dari tantangan masa depan adalah persaingan dunia bisnis.


Untuk menghadapi segala bentuk persaingan dalam dunia bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan ide kreatif dalam berbinis. Karena dengan begitu, bisnis yang dibangun akan berpeluang menguntungkan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan sedikit berbagi tentang ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan oleh mahasiswa dengan untung yang besar.


Daftar Ide Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Pada dasarnya banyak sekali ide bisnis kreatif menguntungkan yang bisa dijalankan oleh mahasiswa di sela-sela jadwal kuliah yang padat. Dan tentunya dengan modal kecil tanpa menguras isi dompet. Dimana ide bisnis kreatif tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu ide bisnis modal kecil dan ide bisnis modal besar.

[Baca Juga: Membangun Usaha Konveksi Menggunakan Strategi Pemasaran Online dan Offline, Serta Analisis SWOT]

Ide Bisnis Modal Kecil

1. Online shop

Online shop atau dikenal juga dengan istilah olshop merupakan aktivitas jual beli secara virtual. Umumnya aktivitas tersebut di lakukan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Bisnis yang satu ini cukup besar peluangnya karena perilaku konsumtif masyarakat Indonesia masih terbilang sangat tinggi. Selain itu, menjalankan bisnis ini cukup mudah sekali. Hanya dengan sedikit usaha dan modal kecil kalian sudah bisa menjalankan bisnis online shop yang cukup menguntungkan.

1. Jasa tulis artikel

Kebutuhan masyarakat akan informasi menjadi pemicu munculnya website atau situs-situs yang menyajikan beragam informasi yang dibutuhkan. Namun tidak jarang pemilik website kehabisan ide dalam membuat konten untuk website mereka. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang membutuhkan jasa orang lain. Nah, tentu ini bisa menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa untuk membuka jasa tulis artikel. Cukup dengan hanya menguasai teknik SEO dalam penulisan artike online, kalian sudah bisa menjalankan bisnis ini.

2. Manjadi publisher atau penayang iklan

Ide bisnis yang satu ini masih ada korelasinya dengan ide bisnis jasa tulis artikel seperti yang tersebut di atas. Untuk menjadi publisher atau penayang iklan tentunya cukup mudah, hanya dengan membuat akun blog atau channel youtube, mahasiswa sudah bisa mengajukan diri untuk menjadi publisher atau penayang iklan yang penghasilannya cukup menggiurkan.

3. Les private

Buat mahasiswa yang memiliki jiwa pengajar. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Caranya pun tidak ribet dan tanpa biaya yang mahal. Bagi mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis ini cukup dengan membuat selebaran sebagai sarana promosi, kendaraan sebagai alat transportasi, dan pemahaman materi sesuai kurikulum.

4. Jasa penerjemah

Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam menggunakan beberapa bahasa, seperti bahasa inggris,  jepang, china, dan korea sangat tetap untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Karena di era globalisasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan informasi antar negara sangatlah tinggi. Sehingga bisa menjadi peluang bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing.

5. Servis barang elektronik

Bagi kalian yang memiliki kemampuan dalam reparasi barang elektronik seperti komputer atau laptop, dan HP. Bisnis yang satu ini sangat tepat untuk dijalankan karena tidak membutuhkan ruang yang luas. Bisa di tempat kos atau datang langsung ke rumah konsumen. Untuk Promosinya sendiri kalian bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, Instagram, atau media seosial lainnya. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan promosi antar personal yaitu dengan meminta bantuan teman untuk mempromosikan ke publik.


Ide Bisnis Modal Besar

Selain ide bisnis dengan modal kecil. Ada juga ide bisnis kreatif dengan modal yang cukup besar namun masih bisa dijalankan oleh mahasiswa dengan cara patungan dengan teman. Dimana ide bisnis tersebut diantaranya adalah:

1. Waralaba produk makanan atau minuman

Semakin menjamurnya bisnis waralaba di Indonesia semakin memperluas juga kesempatan mahasiswa untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Waralaba sendiri merupakan Kerjasama antara pemilik produk dengan pihak kedua yang diberikan ijin untuk menjual produk tersebut. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini sekitar 4 – 6 Juta saja. Namun perlu diketahui juga bahwa perlu kejelian untuk memilih produk yang sesuai dengan target pasar.

2. Warung kopi

Banyaknya penikmat kopi terutama dari kalangan mahasiswa, bisa menjadi ide kreatif untuk membuka usaha warung kopi. Apalagi tempatnya strategis dan dekat dengan kampus. Saat ini, warung kopi bisa menjadi ide bisnis kreatif yang cukup menjanjikan, mengingat prosentase penikmat kopi nasional mengalami peningkatan hingga mencapai 2,49%. Itu artinya, ide bisnis kreatif warung kopi ini memiliki prospek yang cukup signifikan untuk ke depannya.

3. Juice buah

Salah satu ide bisnis kreatif minuman lainnya adalah juice buah. Minuman sehat ini masih banyak diminati di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang memperhatikan kesehatan. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membuka warung juice buah di kos atau menyewa lahan dengan cara patungan dengan teman. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, cukup dengan membeli alat blender dan gelas minuman, kalian sudah bisa menjalankan salah satu ide bisnis kreatif ini.

[Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Sehat dan Menguntungkan]

4. Toko pakaian

Pentingnya pemenuhan kebutuhan primer seperti pakaian, juga bisa menjadi peluang usaha bagi mahasiswa untuk membuka toko pakaian. Hanya saja perlu kejelian dalam memilih jenis pakaian apa yang akan dijual, sesuai dengan segmen pasar. Mungkin jenis pakaian yang bisa dijadikan pertimbangan untuk produk jualan seperti pakaian impor, muslim/Muslimah, dan jersey. Dari beberapa jenis tersebut masih banyak diminati oleh masyarakat sampai dengan saat ini.

5. Toko HP atau Counter

Ide bisnis kreatif terakhir yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah toko HP atau counter. Kebutuhan komunikasi via seluler cukup tingggi dikalangan masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa. Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi mahasiswa untuk membuka toko HP atau counter. Untuk jenis produk yang wajib ada seperti HP (baik baru atau bekas), aksesoris HP, pulsa, dan kartu paket perdana.


Nah itulah beberapa ide bisnis kreatif baik dengan modal kecil atau pun besar yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sehingga dapat membuka pandangan kita untuk memulai usaha yang kita idam-idamkan. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa yang Menguntungkan"

Berlangganan via Email