Ketahui 5 Jenis Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Dalam Seleksi Karyawan

Buat Info - Ketahui 5 Jenis Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Dalam Seleksi Karyawan


BuatInfo.com - Mengikuti proses seleksi karyawan tentunya tidak cukup dengan melewati satu tahapan seleksi saja. Mengingat terdapat beberapa tahapan atau jenis yang harus dilalui dalam proses seleksi karyawan. Dimana diantaranya sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang jenis-jenis seleksi karyawan.


Pada tahapan pertama calon karyawan akan dihadapkan pada seleksi administrasi sebelum lanjut ke seleksi tertulis. Pada tahapan pertama tersebut, akan dilakukan seleksi administrasi berupa berkas-berkas sebagai syarat lengkap yang harus dipenuhi oleh calon karyawan. Jika dinyatakan lolos, maka akan dilanjutkan pada tahapan berikutnya, yaitu seleksi tertulis.

[Baca Juga: Jenis-Jenis Seleksi Karyawan yang Wajib Diketahui]

Dalam seleksi tertulis, calon karyawan akan diminta untuk mengerjakan serangkaian alat tes Psikologi (Psikotes) guna mengetahui sejauh mana tingkat intelegensi, etos kerja, dan kepribadian calon karywan itu sendiri. Umumnya, terdapat 5 tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses seleksi karyawan. Dimana 5 tes psikologi tersebut akan kita bahas selengkapnya di bawah ini.


Jenis-Jenis Tes Psikologi yang Umum Digunakan Pada Seleksi Karyawan

Seperti yang tersebut di atas bahwa terdapat 5 alat tes psikologi yang umum digunakan oleh perusahaan / HRD guna mendapatkan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan. Diantaranya adalah:


1. Tes Kecerdasan (Intelligence Test)

Tes yang satu ini digunakan dalam proses seleksi karyawan adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan calon karyawan dalam berfikir logis dan menyeluruh. Dengan mengetahui potensi tersebut, perusahaan dapat memprediksi sejauh mana kemampuan calon karyawan dalam menerima tuntutan kerja sesuai dengan posisi yang tersedia.

2. Tes Kepribadian (Personality Test)

Tes Kepribadian juga menjadi salah satu dari 5 tes yang biasa digunakan dalam proses seleksi. Dilakukannya tes kepribadian bertujuan untuk mengatahui tingkat kecerdasan emosional, ketahanan mental, loyalitas, dan beberapa aspek lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Tes Bakat dan Minat (Aptitude and Interest Tes)

Tes bakat dan minat ini juga umum digunakan oleh perusahaan untuk megetahui kemampuan-kemampuan potensial dan ketertarikan calon karyawan terhadap suatu pekerjaan. Tes bakat dan minat ini memiliki peran yang cukup signifikan dalam membantu memberikan gambaran tentang bakat dan kemampuan calon karyawan. Sehingga perusahaan / HRD bisa menginterpretasikan apakah calon karyawan ini cocok atau tidak di posisi yang tersedia.

4. Tes Prestasi (Achievement Test)

Tes prestasi ini juga umum digunakan dalam proses seleksi karena cukup membantu untuk mengukur kemampuan calon karyawan dalam memahami tugas-tugas atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

5. Tes Kesehatan

Tes yang terakhir yang biasa digunakan dalam proses seleksi adalah tes kesehatan. Adapun tujuan dari dilakukannya tes ini adalah untuk mengetahui kesiapan dari segi kesehatan calon karyawan untuk bekerja.

[Baca Juga: Sistem Seleksi yang Efektif]

Nah, itulah informansi tentang 5 tes psikologi yang biasa digunakan dalam seleksi karyawan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi sedang atau akan menjalani tes psikologi dalam proses seleksi karyawan. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui 5 Jenis Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Dalam Seleksi Karyawan"

Berlangganan via Email