Manfaat Tes Online dalam Proses Seleksi Karyawan

Buat Info - Manfaat Tes Online dalam Proses Seleksi Karyawan


Buatinfo.com - Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya pada artikel lain tentang Perbedaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan. Bisa kita pahami bahwa rekrutmen dan seleksi merupakan serangkaian kegiatan dalam manajemen SDM dalam upaya mendapatkan karyawan sesuai yang dibutuhkan. Secara teknis, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu seperti, adanya kebutuhan penambahan manpower dan atau ketersediaan posisi yang kosong.


Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi harus melalui perencanaan yang baik serta memiliki tujuan yang jelas untuk menghasilkan Sistem Seleksi yang Efektif. Perencanaan yang baik bisa dimulai dari penentuan kualifikasi calon karyawan, pembuatan draft lowongan, media publikasi yang digunakan, dan metode seleksi yang akan diterapkan.


Sesuai dengan urutan pada proses kegiatan manajemen SDM. Setelah dilakukan rekrutmen, maka tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah seleksi. Umumnya, proses seleksi ini dimulai dari seleksi administrasi, psikotes, interview, dan keputusan diterima atau tidak. Sehingga tidak heran jika ada anggapan bahwa proses seleksi ini memakan banyak waktu karena metode yang digunakan masih konvensional dengan psikotes secara manual menggunakan lembaran kertas.


4 Manfaat Tes Online

Sejalan dengan perkembangan zaman. Teknologi memberikan banyak peluang bagi praktisi HR untuk mengembangkan metode proses seleksi guna memudahkan mereka dalam upaya efesiensi waktu. Dimana salah satu metode yang bisa menggunakan adalah seleksi secara online atau tes online.


Dalam prakteknya, terdapat dua jenis aplikasi atau platform yang bisa digunakan dalam proses seleksi online atau tes online ini. Baik itu yang gratis atau pun berbayar. Namun dari kedua jenis tersebut tidak mengurangi beberapa manfaat dari tes online itu sendiri. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah:

[Baca Juga: Manfaat Sistem Seleksi Karyawan yang Wajib Diketahui]

1. Lebih menghemat waktu

Seperti yang tersebut di atas bahwa proses seleksi karyawan secara konvensional/manual menghabiskan banyak waktu. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi tulis, seleksi non tulis, hingga sampai pada keputusan diterima atau tidaknya. Namun dengan menggunakan metode seleksi karyawan secara online bisa meminimalisir waktu yang digunakan sehingga lebih efektif dan efesien.


2. Lebih menghemat biaya

Manfaat yang kedua dari tes online pada proses seleksi karyawan adalah dapat memangkas pengeluaran. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam prakteknya, proses seleksi karyawan membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus menyiapkan lembar jawaban, lembar soal, dan membayar team penilai jika dibutuhkan. Namun dengan menggunakan sistem seleksi karyawan secara online bisa menghemat biaya-biaya tersebut.


3. Hasil otomatis

Manfaat ketiga dari tes online pada proses seleksi karyawan adalah mendapatkan hasil secara otomatis. Sehingga tidak perlu lagi menganalisa data atau menginterpretasi hasil tes secara manual karena sudah diproses oleh sistem aplikasi. Dengan begitu, keputusan diterima atau tidak pun tidak lagi menunggu terlalu lama.


4. Mengurangi tatap muka secara langsung

Di tengah pandemi covid 19 ini, kita disarankan untuk menjalankan protokol kesehatan yang mana salah satunya adalah dengan menjaga jarak. Nah dengan metode tes online atau seleksi online ini, kita sudah bisa turut serta menjalankan anjuran protokol kesehatan tersebut, karena dengan melakukan test online kita sudah mengurangi tatap muka secara langsung.


Hal-hal yang perlu dipersiapkan dari tes online dalam proses seleksi karyawan ini adalah beberapa aspek yang akan dinilai dari kandidat atau pelamar kerja. Dimana aspek-aspek tersebut terkorelasi dengan soal-soal yang akan digunakan. Sehingga akan memudahkan anda untuk menentukan kategori kelulusan kandidat atau pelamar kerja.


Demikianlah informasi tentang manfaat tes online dalam proses seleksi karyawan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi praktisi HR yang notabene sering melakukan proses seleksi karyawan untuk mendapatkan kandidat yang diinginkan. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Tes Online dalam Proses Seleksi Karyawan"

Berlangganan via Email