Tanda Awal Mengetahui Kehamilan

Buat Info - Tanda Awal Mengetahui Kehamilan


BuatInfo.com - Bagi pasangan suami istri (pasutri) yang baru menikah, tentu sangat mengharapkan segera mendapatkan momongan / anak. Tanda awal kehamilan sang istri sangat di tunggu-tunggu. Biasanya tanda kehamilan 1 minggu diawali dengan terlambatnya datang bulan atau haid. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tanda awal kehamilan saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian dari kehamilan itu sendiri.


Secara definisi, khamilan merupakan hasil dari terjadinya pembuahan pada rahim. Hasil dari pembuahan akan menjadi embrio. Wanita yang membawa embrio atau fetus didalam tubuhnya disebut kehamilan atau mengandung.

[Baca Juga: Cara Mengetahui Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita]

Berikut adalah ciri-ciri atau tanda awal saat kehamilan:


1. Ciri orang hamil Sering kepingin buang air kecil

ciri atau tanda kehamilan di minggu pertama seorang wanita akan sering buang air kecil. Itu disebabkan karena tekanan rahim terhadap kandung kencing. Hal ini membuat seorang wanita yang sedang merasakan tanda kehamilan dini akan sering pengen buang air kecil.


2. Ciri orang hamil akan terlambat datang bulan, atau telat haid / Menstruasi 

Wanita yang terlambat datang bulan akan kemungkinan di indikasikan sedang mengalami kehamilan. Sistim persalinan dapat anda hitung dengan akurat menggunakan metode kapan terakhir kali anda menstruasi. Tetapi pada beberapa faktor lain bisa disebabkan haid anda tidak teratur.


3. Ciri orang hamil akan merasakan Ngidam 

Tanda kehamilan pasti seorang wanita pasti akan merasakan ngidam. Ngidam adalah suatu perilaku dalam berkeinginan untuk makan makanan tertentu pada masa wanita sedang hamil. Pada mitos masayarakat jawa pilihan rasa saat ngidam berpengaruh menentukan jenis kelamin pada bayi. 


4. Ciri orang hamil Sering Mual dan rasa ingin muntah

Pada tanda awal kehamilan biasanya akan mengalami rasa mual ingin muntah atau disebut juga Morning sickenss. Hal ini dikarenakan terjadi pergantian hormon anda. Rasa yang dialami adalah pusing kemudian mual dan diakhiri dengan muntah bening.


5. Ciri orang hamil akan mengalami perubahan fisik atau bentuk tubuh

Saat wanita sedang mengalami kehamilan pasti akan mengalami perubahan fisik atau bentuk tubuh seperti semakin membesarnya dada wanita, serta terjadi perubahan warna puting menjadi gelap dan akan terasa gatal. 


Tanda kehamilan kesehatan lainnya bisa anda gunakan melalui tes keakuratan kehamilan sebagai berikut. 


1. Periksa kehamilan menggunakan USG atau ultrasonografi

Anda dapat memeriksakan ke dokter kandungan bila merasa kurang yakin bahwa benar-benar hamil. Menggunakan ulstrasonografi akan sangat akurat kepastiannya apakah benar-benar hamil atau tidak.


2. Periksa tanda kehamilan dengan alat tes kehamilan / tes urin

Anda dapat melakukan test urin anda untuk memastikan akan kebenaran kehamilan. Alat tes kehamilan bisa anda beli di apotik. Alat ini akan mengukur Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Waktu paling tepat dalam menggunakan alat tes kehamilan adalah 7 hari setelah terlambat datang bulan  atau haid, anda akan mendapatkan hasil positif atau negatif. Keakuratan alat tes urin kehamilan ini sangat akurat.


3. Periksa tanda kehamilan dengan tes darah

Pemeriksaan kehamilan dengan tes darah bisa anda lakukan untuk mengetahui kadar Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam darah. Hasil tes kehamilan dapat mengukur sejumlah kecil pada hCG dalam darah sehingga dapat mendeteksi lebih cepat tanda-tanda kehamilan seseorang, hanya memerlukan 6 hingga 8 hari setelah proses pembuahan dan 100% akurat.


Berikut itu adalah ciri atau tanda kehamilan seorang wanita. Bila salah satu dari sekian tanda-tanda kehamilan tersebut terjadi pada Ibu, selamat Ibu akan segera mendapatkan momongan yang ditunggu-tung. Baca pula artikel "Tips Agar Cepat Hamil untuk Anda" yang sudah saya rangkum pada artikel berikutnya. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Tanda Awal Mengetahui Kehamilan"

  1. ya itu kalau orang mengalami dan merasakan ya. waktu hamil pertama, aku mah gak nunggu punya anak, jd kelewat, tahu2 seetlah bulan ke 3 menikah baru sadar kalau gak mens, baru periksa , positif. anak kedua lansgung tahu hamil, hbs bau wangi2 saja langsung pingin muntah padahal biasanya gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe itu lah kenapa pengalaman menjadi guru terbaik. semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat dan tambahan informasi bagi mereka yang belum merasakan punya anak atau hamil pertama, Mbak. Jadi dengan mengetahui informasi di atas, tidak kaget pas ada perubahan psikis dan fisik pada saat hamil.

      Hapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email