Tips Memulai Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar, Berikut Jenisnya

Buat Info - Tips Memulai Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar, Berikut Jenisnya


BuatInfo.com - Mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah membaca atau mendengar salah satu quotes Bob Sudino tentang bagaimana cara memulai usaha, yaitu “Jangan berprinsip harus ada uang untuk memulai usaha, tapi harus ada usaha untuk mendapatkan uang”. Tidak sedikit tentunya orang yang ingin memiliki usaha sendiri namun tidak berani memulainya karena adanya beberapa faktor yang menjadi penghambat, seperti kesulitan dalam memanage keuangan, ketidak siapan mental, kurangnya dukungan, dan terutama modal.


Pada dasarnya, ada banyak jalan dan cara untuk memulai usaha dengan modal kecil, dimana salah satunya adalah usaha rumahan. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda untuk menjalankan usaha yang Anda inginkan dengan modal kecil tapi untung besar. Dan untuk memudahkan dalam menjalankan usaha rumahan tersebut, buatinfo.com akan berbagi tips cara memulai usaha rumahan seperti di bawah ini.

[Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Sehat dan Menguntungkan]

Cara Memulai Usaha Rumahan

Terdapat beberapa langkah atau cara dalam memulai usaha rumahan yang harus Anda lakukan jika ingin sukses dengan untung yang besar. Adapun cara-cara tersebut diantaranya adalah:


1. Belajar manajemen keuangan

Meski usaha rumahan ini termasuk dalam kategori usaha kecil, namun Anda tetap perlu memahami manajemen keuangan agar Anda bisa mengontrol keluar masuknya uang dari usaha yang Anda miliki. Lakukanlah pencatatan setiap pergerakan uang dan pisahkan antara uang pribadi dengan usaha. Karena kunci kesuksesan dalam usaha adalah baiknya manajemen kauangan.


2. Optimis berhasil

Ketahuilah bahwa, power manusia terletak pada fikirannya. Jika Anda selalu memikirkan tentang kegagalan maka kecenderungan gagalnya pun akan sangat tinggi, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tetap optimis dalam menjalankan usaha apapun termasuk juga dengan usaha rumahan ini.


3. Cari dukungan dari orang terdekat

Cara yang satu ini penting sekali bagi pemula yang baru terjun dalam dunia usaha. Support atau dukungan dari orang terdekat itu sangat penting demi kesuksesan usaha yang dijalankan. Mengingat orang terdekat seperti keluarga dapat memberikan dukungan, baik materi atau pun non materi. Jadi usahakan sebelum memulai usaha, ada baiknya untuk mencari dukungan orang terdekat terlebih dahulu.


4. Menghitung kebutuhan modal

Lakukanlah penghitungan kebutuhan modal secara mendetail. Jangan sampai over budget cuma karena kurang teliti dalam menghitung kebutuhan usaha yang Anda rintis. Pembelian barang-barang yang belum perlu sebaiknya dihindari, cukup fungsikan barang-barang di sekitar rumah yang masih bisa dimanfaatkan. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir kebutuhan modal untuk usaha yang Anda jalankan.


5. Lakukan promosi yang tepat

Promosi menjadi cara untuk mengenalkan produk dari usaha yang Anda jalankan. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk melakukan promosi sesering mungkin pada waktu dan tempat yang tepat agar produk dari usaha Anda banyak dikenal oleh masyarakat umum. Dan salah satu cara promosi dengan minim budget adalah melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, atau platform gratisan lainnya yang banyak tersedia di internet.

[Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa]

Itulah beberapa tips dalam memulai usaha rumahan. Lakukan beberapa tips di atas untuk memudahkan usaha rumahan yang Anda jalankan. Namun jika masih bingung memilih usaha rumahan yang cocok dengan passion Anda. Dibawah ini terdapat beberapa jenis usaha rumahan yang mungkin bisa dipertimbangkan.


7 Jenis Usaha Rumahan

Setelah Anda tahu bagaimana cara memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Langkah selanjutnya adalah mencari beberapa ide usaha rumahan yang mungkin bisa Anda jalankan. Adapun beberapa jenis usaha rumahan yang masih bagus pangsa pasarnya dan bisa dikerjakan di rumah adalah:

1. Usaha Jahit Rumahan 

2. Usaha Bimbel Rumahan

3. Usaha Laundry Rumahan

4. Usaha Roti Rumahan

5. Usaha Frozen Food Rumahan

6. Usaha Sambal Rumahan

7. Usaha Konveksi Rumahan

[Baca Juga: Membangun Usaha Konveksi dengan Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT]

Demikianlah informasi tentang tips memulai usaha rumahan dengan modal kecil tapi untuk besar. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan mejadi penyamangat bagi kita semua untuk memulai usaha yang kita inginkan. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Tips Memulai Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar, Berikut Jenisnya"

Berlangganan via Email