Beberapa Faktor Lingkungan Yang Dapat Mempengaruhi Seleksi Karyawan

Buat Info - Beberapa Faktor Lingkungan Yang Dapat Mempengaruhi Seleksi Karyawan


BuatInfo.com - Proses seleksi sangat penting untuk dilakukan dalam upaya mendapatkan karyawan yang tepat dari beberapa kandidat untuk menempati posisi jabatan yang tersedia. Sehingga tidak sedikit dari beberapa perusahaan yang berupaya menemukan metode-metode seleksi yang efektif guna memperoleh karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang faktor penting dalam proses seleksi karyawan. Dimana faktor penting yang dimaksud diantaranya seperti kemampuan fisik, kepribadian, dan kemampuan intelektual. Yang mana kesemua faktor tersebut korelasinya dengan diri kandidat yang melamar. Namun perlu diketahui pula bahwa terdapat faktor lain di luar kandidat yang dapat mempengaruhi proses seleksi karyawan, yaitu faktor lingkungan.


Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Proses Seleksi Karyawan

Faktor lingkungan juga memiliki peran penting dalam keberhasilan proses seleksi karyawan, baik itu lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Adapun beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi proses seleksi karyawan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi SDM / sumber daya manusia

Suatu proses seleksi umumnya dipengaruhi oleh hampir setiap fungsi sumber daya manusia (SDM). Jadi penting bagi perusahaan untuk mendapatkan SDM yang handal sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun jika kompensasi yang ditawarkan oleh perusahaan kurang menarik dibandingkan dengan perusahaan kompetitor, maka untuk mendapatkan SDM dengan kualitas terbaik akan sulit. Dan jika proses seleksi hanya sebatas memasukkan karyawan dengan kualitas rendah dan tidak menguntungkan bagi perusahaan, maka perusahaan harus mengintensifkan upaya pelatihan yang notabene menambah cost perusahaan. Sehingga proses seleksi tidak berjalan dengan efektif.


2. Pertimbangan Hukum

Faktor lingkungan yang kedua adalah pertimbangan hukum. Produk hukum seperti undang-undang turut andil dalam mempengaruhi proses seleksi karyawan. Walaupun tujuan utama proses seleksi adalah untuk mendapatkan karyawan yang tepat, tapi bukan berarti mengenyampingkan aspek-aspek non-diskriminatif. Sehingga pada saat melakukan test non tulis (interview), pertanyaan yang dilontarkan kepada pelamar untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan, harus seputar pekerjaan. Dengan begitu, proses seleksi tidak akan keluar dari fungsi sesungguhnya.


3. Kecepatan pengambilan keputusan

Faktor yang satu ini, disadari atau tidak sering diabaikan oleh beberapa perusahaan pada saat melakukan proses seleksi. Alih-alih ingin mengetahui sejauh mana ketertarikan pelamar terhadap perusahaan, malah justru hanya akan menambah kerugian perusahaan. Dari hasil riset yang pernah dilakukan, diketahui bahwa perusahaan atau organisasi yang mengisi pekerjaan dengan tepat waktu cenderung memiliki pengembalian laba yang lebih tinggi bagi pemegang saham. Jadi jika pengambilan keputusan tidak dilakukan dengan cepat, maka kerugian akan dialami oleh perusahaan. Itu artinya, proses seleksi yang dilakukan tidak berjalan dengan efektif.


4. Kumpulan pelamar

Faktor lingkungan yang keempat yang dapat mempengaruhi proses seleksi adalah kumpulan pelamar atau yang biasa dikenal dengan istilah applicant pool. Yang dimaksud dengan applicant poll disini adalah jumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk suatu pekerjaan tertentu. Namun yang menjadi masalah di lapangan adalah jumlah pelamar yang memenuhi syarat tidak lebih banyak dari pelamar yang tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Sehingga hal yang demikian ini dapat menggagu keefektifan dari proses seleksi itu sendiri.


5. Jenis organisasi

Faktor lingkungan yang terakhir yang dapat mempengaruhi proses seleksi adalah jenis organisasi. Jenis organisasi yang mempekerjakan orang seperti swasta, pemerintahan, atau nirlaba juga dapat mempengaruhi proses seleksi. Pertimbangan atas diri pelamar secara utuh, termasuk tentang faktor kepribadian yang berhubungan dengan pekerjaan juga dilibatkan dalam proses penyeleksian sebagaimana yang pernah kita tulis pada artikel sebelumnya tentang faktor penting yang dapat mempengaruhi proses seleksi karyawan.


Demikianlah informasi tentang beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi proses seleksi karyawan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang faktor apa saja yang dapat mempengaruhi proses seleksi karyawan. Jangan lupa share dan comment karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Beberapa Faktor Lingkungan Yang Dapat Mempengaruhi Seleksi Karyawan"

Berlangganan via Email