Cara Belajar Efektif yang Penting Untuk Diketahui

Buat Info - Cara Belajar Efektif


BuatInfo.com - Belajar bisa diartikan sebagai tindakan untuk mencapai sebuah perubahan tertentu. Misal, belajar bahasa inggris, perubahannya adalah bisa berbahasa inggris secara aktif. Namun sayangnya tidak semua aktifitas belajar berjalan dengan efektif. Hal tersebut tentu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa faktor internal maupun ekternal.


Dan pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan berbagi informasi tentang cara belajar efektif yang penting untuk kita ketahui bersama. Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan. Ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan belajar efektif.


Definisi Belajar Efektif

Belajar efektif adalah suatu proses pembelajaran dengan pola yang telah ditentukan dan mengakibatkan adanya suatu perubahan secara permanent. Baik itu perubahan perilaku, pemahaman, kecerdasan, dan kualitas mutu yang lebih baik dari sebelumnya. Seseorang bisa dikatakan telah belajar jika sudah dapat menunjukkan perubahan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

[Baca Juga: Pembelajaran Mandiri Lewat Pelukan Ayah]

Cara Belajar Efektif

Pada dasarnya terdapat banyak metode dalam belajar efektif. Dimana diantara seperti Pomodoro yang diciptakan oleh Francesco Cirillo, dan Feynman Technik yang diciptakan oleh ahli fisika kelahiran New York. Dari kedua metode tersebut cukup ampuh untuk diterapkan pada proses belajar mengajar. Tapi, disini kita tidak membahas kedua metode di atas. Melainkan akan lebih banyak mengulas tentang cara belajar efektif yang jauh lebih penting untuk diketahui, seperti:


1. Fundamental

Fundamental / sesuatu yang mendasar / hal pokok ini cukup krusial sekali peranannya dalam bagaimana kita belajar. Sebagian besar dari kita tentunya sering melewatkan hal ini pada saat belajar. Bahkan parahnya bukan hanya melewatkan tapi juga tidak paham tentang apa yang dimaksud dengan fundamental dalam belajar.


Pernah mendengar istilah learning how to learn?. Mari kita buat analoginya. Apa yang biasa dilakukan oleh penebang pohon sebelum melakukan aktifitas menebangnya?. Yaps betul, mengasah. Jadi sebagian dari waktu mereka dialokasikan untuk mengasah kapak yang akan mereka pergunakan. Begitu juga dengan kita, sebelum memutuskan untuk belajar kita perlu mengalokasikan waktu kita untuk belajar bagaimana cara belajar yang tepat. Sehingga pada saat kita belajar, aktifitas belajar kita akan jauh lebih efektif dan efisien dari pada yang lain.


Tujuan dari learning how to learn adalah untuk menguatkan pondasi belajar kita. Sehingga pada saat kita ingin melanjutkan pada langkah berikutnya, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam proses belajar. Itulah pentingnya memahami fundamental pada proses belajar. Apakah hanya dengan fundamental saja proses belajar bisa efektif?. Jawabannya tentu tidak, masih ada beberapa cara lain seperti di bawah ini.


2. Cari tahu alasan belajar

Segala sesuatu yang kita lakukan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan proses belajar, terdapat beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk belajar. Seperti misalnya:

- Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah

- Untuk berbagi informasi atau ilmu kepada orang lain

- Untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang rumit

- Sebagai solusi menyelesaikan masalah

- Dan beberapa alasan lainnya.


3. Pahami kunci materinya

Jika kita ingin proses belajar kita efektif, maka terlebih dahulu pahami kunci mareri yang kita pelajari. Carilah inti dari materi tersebut, jangan langsung mempelajari semua materi tanpa kita ketahui apa yang sedang kita pelajari. Cari juga fundamental key materi tersebut sebagai kunci untuk memahami semua materi yang dipelajari.


4. Buatlah mind map

Cara yang keempat untuk belajar efektif adalah dengan membuat mind map atau peta pikiran terlebih dahulu. Mengingat mind map merupakan satu-satunya cara yang sesuai dengan alur kerja otak kita. Mind map yang kita buat akan melatih otak kita dalam mengkategorisasi informasi yang kita dapat secara tepat dan benar.


5. Integrasikan semua bidang ilmu

Dalam belajar efektif sebaiknya kita jangan pernah memisahkan semua bidang ilmu karena semua bidang ilmu terintegrasi satu sama lainnya yang tumbuh dari satu bidang ilmu yaitu filsafat. Jadi belajarlah secara integrasi untuk memudahkan kita memahami ilmu secara keseluruhan. Pelajari korelasi setiap bidang ilmu agar proses belajar berjalan dengan efektif.


6. Tingkatkan rasa penasaran

Tingkatkan rasa penasaran terhadap materi belajar kita. Jangan segan-segan untuk terus bertanya dalam upaya mendapatkan jawaban atas ketidak pahaman kita. Karena hanya dengan curiosity atau rasa penasaran ini, kita tidak akan pernah berhenti untuk terus belajar dan belajar sampai apa yang menjadi tujuan kita tercapai.


7. Luangkan waktu untuk istirahat

Cara belajar efektif yang terakhir adalah meluangkan waktu untuk istirahat. Kerja otak dan fisik manusia memiliki keterbatasan, sehingga membutuhkan waktu untuk istirahat. Tidur yang cukup dan tepat waktu dapat memakismalkan kerja otak kita. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidur setelah belajar dapat meningkatkan memori dan kerja otak dalam memproses informasi dengan baik.

[Baca Juga: Membangun Pendidikan Berbasis Karakter]

Well, itulah beberapa cara belajar efektif yang perlu kita ketahui dan penting utnuk diterapkan dalam proses belajar kita. Agar apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai dengan sangat mudah. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Teruslah belajar untuk mewujudkan apa yang menjadi impian kita di masa yang akan datang. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Belajar Efektif yang Penting Untuk Diketahui"

Berlangganan via Email